Selasa, 02 November 2010

Karya Ilmiah

Menulis Karya Ilmiah

Karya ilmiah dapat dibatasi sebagai karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah. Yang dimaksud prinsip ilmiah adalah berdasarkan data dan fakta (observasi, eksperimen, kajian pustaka) KBBI, 2008: 629. Ilmiah itu sifat yang bersesuaian dengan ilmu, karena itu karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat sesuai dengan prinsip keilmuan, yakni logis, sistematis dan metodis. Yang dimaksud logis yakni sesuai dengan kaidah berpikir. Contoh sederhana untuk hal di atas adalah " Dalam pemikiran dan pembahasan sehari-hari sebagai berikut, jika kita berpikir atas dasar observasi atau penginderaan kata obat nyamuk berhubungan lurus dengan realitas "penyembuh penyakit" dan juga berpikir mengenai kata  nyamuk berhubungan l;urus dengan realitas " serangga kecil bersayap yang memiliki sepasang sungut sebagai alat penghisap darah", maka pemikiran dan pembahasan katagori logis menjadi bergeser menjadi alogis (tidak terjadi kelurusan hubungan antar kata di dalamnya. Apa sebabnya ? Dengan tuturan obat nyamuk  berarti tersurat pemikiran tentang (1) pembahasan "penyembu penyakit serangga kecil  bersayap yang memiliki sepasang sungut sebagai alat penghisap darah. Sedang maksud yang sesungguhnya diharapkan adalah (2) "pembasmi  srangga kecil bersayap yang memiliki sepasang sungut sebagai alat penghisap darah". Karena itu tuturan (2) lebih logis daripada tuturan (1).

Tuturan (1) obat nyamuk
            (2) pembasmi nyamuk

Dalam konteks yang lebih besar penulisan karya ilmiah kelurusan hubungan antara bagian-bagian karya itu tak boleh diabaikan. Artinya, karya ilmiah yang lazim tersusun atas bagian-bagian (judul, latar belakang, rumusan masalah, dst.) memiliki hubungan logis antar bagian tersebut. Hubungan logis antar bagian sering disebut hubungan linear yang berarti " gambaran berbentuk garis lurus ". Pengertian itu menyuratkan sesuatu bahwa berpikir dengan berbahasa logis tidak dapat diacuhkan dalam penulisan karya ilmiah, termasuk dalam perumusan latar belakang.

Latar belakang karya ilmiah merupakan bagian pendahuluan, dengan demikian penulisannya setelah perumusan judul. Namun kenyataannya judul dapat berubah selama atau setyelah proses penulisan selesai, tampak akan terasa sulit memulai menuliskan latar belakang jika rumusan judul (meskipun masih tentatif) belum dimiliki. Di bagian ini penulis dapat meletakkan dasar-dasar pemikiran ataupun alasan penulisan sesuai dengan judul yang sudah dirumuskan. Dalam rangka merumuskan kelogisan pemikiran dan pembahasan mau tidak mau penulisan latar belakang harus disesuaikan dengan bagian di depannya yang mendahuluianya, yaitu judul.

Kaidah berpikir logis akan mengarahkan perumusan judul yang sesuai dengan topik. Jika prinsip berpikir logis itu diabaikan maka dapat terjadi perumusan judulnya membelok  dari topiknya. Misalnya, sebuah karya ilmiah yang topiknya ditetapkan  "peran pelajar". Sesuai dengan kaidah berpikir logis manakah alternatif tiga rumusan judul berikut ini yang tidak menyimpang dari topik di atas?
A. Pembangunan Lingkungan Hidup dengan Peningkatan Peran Pelajar
B. Peningkatan Peran Pelajar dengan Pembangunan Lingkungan
C. Pandangan Guru tentang Peran Pelajar di Era Reformasi

Rumusan judul pada obsen A tidak lagi berbicara tentang "peran pelajar" tetapi telah bergeser ke "pembangunan lingkungan", sedang pada obsen C sudah bergeser ke " pandangan guru". Dengan demikian dapat dipastikan bahwa obsen B adalah rumusan judul karya ilmiah yang bersesuai dengan topik "peran pelajar".
                                                                 disunting dari Modul CE Guru SMA 2010

85 komentar:

  1. Ardiani Arum Puspito Ratri / XI IPS 1 / 04

    Tajuk Rencana
    Fakta:
     Gunung Merapi meletus
     Terjadi pada bulan Oktober tahun 2010
     Menewaskan juru kuncinya Mbah Maridjan
     Wedus gembel mencapai radius 12 km
     Memporakporandakan desa Cangkringan

    Opini:
     Meletus karena Mbah Maridjan terlambat mengantarkan sesaji
     Masyarakat merasa sangat kehilangan sosok Mbah Maridjan
     Bencana menyebabkan para penduduk merugi besar
     Banyak masyarakat yang belum di efakuasi
     Banyak bunker yang tidak berfungsi

    Meletusnya salah satu gunung aktif di jawa ini terjadi pada bulan Oktober pada tahun 2010. Gunung Merapi ini memuntahkan segala isi perutnya ke muka bumi. Diperkirakan ini merupakan letusan yang cukup besar. Letusan pada Gunung Merapi kali ini tidak di sangka sampai memporakporandakan desa Cangkringan. Dan terdengar kabar burung bahwa ini terjadi di karenakan sang juru kunci Mbah Maridjan terlambat mengantarkan sesajinya. Sehingga sang penunggu murka.

    Tidak di sangka letusan Gunung Merapi kali ini menewaskan sang juru kunci yaitu Mbah Maridjan. Pada saat itu sang juru kunci telah di paksa oleh keluarganya untuk turun dan menjauh dari gunung yang sedang murka tersebut. Tetapi karena Mbah Maridjan mempunyai tanggung jawab sebagai juru kunci, beliau tidak mau meninggalkan desa Kinahrejo meskipun sebagian besar penduduk desa tersebut telah di evakuasi. Mbah Maridjan meninggal dengan posisi bersujud. Tidak hanya keluarga, masyarakat pun merasa kehilangan sosok seperti Mbah Maridjan.

    Pada letusan gunung merapi kali ini kejadian yang tidak di sangka selain menewaskan sang juru kunci adalah Wedus Gembel atau awan panasnya pun mencapai pada radius 12 km dari puncak Gunung Merapi. Salah satu desa yang terkena dampak cukup parah dari wedus gembel yaitu desa Cangkringan. Desa ini merupukan desa yang padat penduduk. Sebagian besar dari penduduknya kehilangan tempat tinggal dan mata pencahariannya. Selain kehilangan harta benda, mereka juga kehilangan keluar dan sanak saudaranya. Banyak korban pada letusan Merapi kali ini karena di perkirakan banyaknya penduduk sekitar lereng yang belum di evakuasi. Banyaknya bungker yang tidak berfungsi juga bisa menjadi salah satu penyebab banyak jatuhnya korban pada letusan Gunung Merapi kali ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pekerjaan anda tepat waktu dan memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  2. lavenia nadya irianti / xi ips 1 / 12
    Tajuk Rencana
    Fakta :
    1. Gempa dan tsunami
    2. Bangunan yang runtuh
    3. Masjid masih berdiri kokoh
    4. korban jiwa
    5. Kehilangan tempat tinggal dan harga benda
    Opini :
    1. Kehilangan anggota keluarga
    2. Kerugian yang ditinggalkan
    3. Korban meninggal yang belum ditemukan

    Gempa dan tsunami telah menggoncangkan Aceh. Gempa dan tsunami yang telah meraut korban dan juga harga benda serta tempat tinggal dan hanya menyisahkan bangunan Masjid yang terlihat dengan jelas masih kokoh. Masih belum diketahui benar berapa kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam ini. Tak terhitung seberapa banyak bangunan yang runtuh akibat gempa dan tsunami yang terjadi secara tiba-tiba ini. Tinjauan tentang korban jiwa juga masih belum jelas. Banyak korban jiwa yang belum ditemukan.

    BalasHapus
  3. Glady Oralyanto Nur Rizki / XI IPS 1/ 11

    Tajuk Rencana
    Fakta :
    1. Hutan terbakar
    2. Asap tebal dimana-mana
    3. Api menyala sangat tinggi
    4. Langit menjadi gelap
    5. Pohon layu dan terbakar sebagian
    6. Masih ada pohon hidup
    Opini :
    1. Hutan akan gundul
    2. Terjadi hilangnya ekosistem alam
    3. Akan muncul berbagai macam penyakit
    4. Diperikirakan disebabkan oleh musim kemarau
    5. Para pecinta alam prihatin


    Telah terjadi kejadian bencana alam hutan terbakar di wilayah Kalimantan, Indonesia. Kejadian ini diperkirakan disebabkan oleh musim kemarau yang panas sehingga memicu terjadi kebakaran hutan. Sebab akibat memang belum ditentukan pasti karena belum diinvestigasi secara meniliti oleh petugas, karena petugas masih fokus untuk membuat api yang membakar hutan ini padam. Hutan sudah terbakar sebagian dan asap tebal dimana-mana yang mengancam kehidupan manusia dan makhluk hidup di sekitar hutan. Semua pihak sudah berkerah untuk menyelesaikan masalah ini, dan semoga bencana ini dapat segera selesai untuk menghindari hutan gundul dan hilangnya ekosistem alam.

    Selain dari beberapa kejadian yang dipastikan akan muncul dari bencana diatas, diperkirakan bakal muncul adanya beberapa penyakit yang menyerang manusia dan hewan serta tumbuh-tumbuhan akibat asap kebakaran hutan yang tebal dan dimana-mana dan api menyala sangat tinggi. Penyakit dari akibat bencana kebakaran hutan memang menyerang dalam sistem pernafasan. Masyarakat berharap semua pihak yang dikerahkan oleh pemerintah daerah dan pusat segera mengatasi bencana tersebut agar kerugian tidak berimbas semakin banyak lagi.

    Disini masih ada beberapa pohon yang masih hidup dan dekat dengan api yang menjala sangat tinggi, ini membuat para pecinta alam prihatin karena pohon-pohon akan mati dan hilangnya daerah resapan air apabila musim hujan sudah datang. Para pecinta alam menyebutkan apabila hilangnya daerah resapan air akan menimbulkan juga bencana yang menyerang pemukiman masyarakat sekitar. Selain itu telah disebutkan tadi diatas selain bencana, makhluk hidup juga akan kehilangan ekosistem, dengan demikian para pecinta alam mengajak semua pihak untuk menyelesaikan masalah ini dan belajar agar besok tidak terjadi kejadian ini yang kedua kalinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  4. Agista Ayu Tansyahnia / XI IPS 1 / 01

    Tajuk Rencana

    Fakta:
    - Banjir bandang
    - Pohon-pohon runtuh
    - Rumah tergenang air
    - Barang-barang mengapung
    - Tanaman rusak
    Opini:
    - Korban meninggal
    - Harta benda landas
    - Tembok runtuh
    - Listrik mati
    - Tak ada bantuan

    Telah terjadi banjir bandang pada pagi hari yang mengakibatkan pohon-pohon runtuh. Para rumah warga sekitar tergenang air hujan dari tanah sampai atap rumah. Barang-barang warga pun mengapung berserakan di sekitaran. Tanaman para warga pun rusak karena tidak bisa menahan serapan air hujan yang amat banyak.

    Menurut para wartawan belum diketahui korban yang meninggal dari kejadian tersebut. Penduduk warga sekitar pun tak mengerti kemana harta benda mereka. Diperkirakan oleh warga bahwa tembok rumah mereka runtuh karena tergenang air yang terlalu lama, tetapi itu belum pasti karena rumah mereka tidak terlihat.

    Penduduk warga tersebut juga mengira kalau listrik di daerah rumah mereka mati semua. Sampai saat ini belum diketahui pemerintah sudah bertindak atau tidak. Sudah diberi bantuan atau belum, karena kata penduduk mereka belum mendapat bantuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANDA MASIH BELUM BERHASIL DALAM TUGAS INI, karena pencapaian syarat teks memang telah anda wujudkan menjadi 3 paragraf, namun syarat paragraf normal anda belum mematuhi. Jadi anda dinyatakan BELUM LULUS, SILAKAN MENCOBA LAGI, dengan cara mengembangkan kalimat-kalimat dalam paragraf sesuai fakta dan opini yang anda bangun serta perhatikan pilihan kata dan penulisan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

      Hapus
  5. Flavia Konstantia K.U.D. / XI IPS-1 / 10

    Tajuk Rencana

    Fakta:
    1. Tornado besar
    2. Asap hitam karena kebakaran
    3. Rumah terbakar
    4. Hancur lebur
    5. Langit kelabu

    Opini:
    1. Polusi udara karena asap
    2. Penduduk mengungsi ke tempat pengungsian
    3. Banyak pihak yang merasa dirugikan

    Bencana alam tornado berdurasi 10 jam 48 menit terjadi di negara bagian Illinois, Amerika Serikat pada 17 November 2013 lalu. Tornado kali ini menelan enam korban jiwa, dan menyebabkan salah satu rumah penduduk hancur dan terbakar. Diduga, penyebab terbakarnya rumah penduduk karena angin tornado menumbangkan tiang listrik di sekitar rumah tersebut, sehingga menyebabkan korslet dan terbakar. Api menyebar luas hingga dapat membakar satu rumah. Tampak petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api setelah tornado usai memporak porandakan nyaris satu negara bagian.

    Daerah – daerah yang terkena dampak tornado adalah Missouri, Michigan, Indiana, Kentucky, Ohio, and Tennessee. Diperkirakan penyebab terjadinya adalah kenaikan suhu dan pengaruh perubahan iklim karena pemanasan global. Kerugian yang diderita mencapai US$16.000.000.000 atau sekitar 194.880.000.000.000 rupiah. Banyak pihak yang merasa dirugikan, terutama penduduk di daerah-daerah yang terkena tornado. Juga pemerintah yang mulai membangun kembali fasilitas-fasilitas serta sarana dan prasarana di Illinois yang sudah rusak, kemungkinan penduduk Illinois mengungsi di tempat pengungsian.

    Asap hitam mengepul di langit kelabu Illinois, diduga karena kebakaran rumah-rumah penduduk. Api yang cepat menyebar membuat rumah-rumah nyaris rata dengan tanah, hangus menjadi abu. Kemungkinan asap hitam ini akan semakin banyak dan dapat mencemari udara di sekitar Illinois. Penduduk dihimbau agar menggunakan masker bila terpaksa keluar dari tempat pengungsian. Bencana tornado kali ini banyak menimbulkan kerusakan dimana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  6. Defie Sagita Widiyatna Kusumah / XI IPS 1 / 06

    Tajuk Rencana

    Fakta:
     Langit Gelap
     Benda-benda terbawa angin
     Rumah-rumah dan pepohonan terangkat
     Tornado berputar
     Tidak tampak warga yang berlarian

    Opini:
     Warga resah
     Harta benda hilang
     Angggota keluarga banyak yang terpisah
     Petani kehilangan lahan pekerjaannya
     Perumahan warga tersapu angin
     Korban bencana tertimbun reruntuhan rumah dan pohon
     Kerugian mencapai jutaan rupiah
     Tim SAR kesusahan mencari warga yang hilang
     Banyak warga yang tertiup jauh dari saerahnya
     Warga belum mendapatkan bantuan dari pemerintah

    Angin Tornado terjadi beberapa hari yang lalu. Peristiwa alam ini sangat meresahkan warga. Khususnya para petani banyak yang kehilangan mata pencahariannya. Karena salah satu dampak dari angin tornado ini yaitu terangkatnya tanaman-tanaman dari lahan pertanian. Keresahan warga ditambah lagi karena rumah-rumah warga ikut tertiup angin. Lahan perumahan pun tak tersisa satupun rumah yang berdiri kokoh.

    Hari itu langit tampak sangat mencekam. Awan hitam muncul dan kemudian disusul oleh angin tornado yang kencang. Tidak tampak warga yang berlarian. Peristiwa ini berawal dari hujan deras yang membuat warga masuk ke rumah untuk berlindung. Tanpa diduga, tornado datang dan mengambil hak berharga warga. Tidak hanya harta benda yang hilang namun juga nyawa yang terambil.

    Kedatangan tim SAR cukup membantu kewalahan warga yang mencari anggota keluarganya. Beberapa warga didapati tertimbun dibawah runtuhan atap dan dinding rumah. Beberapa warga juga banyak yang tertiup jauh dari halaman rumahnya. Kerugian yang dicapai kira-kira menggapai angka jutaan rupiah. Kerusakan rumah dan hilangnya lahan pertanian ini belum mendapat bantuan dari pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  7. Agista Ayu Tansyahnia / XI IPS 1 / 01

    Tajuk Rencana

    Fakta:
    - Banjir bandang
    - Pohon-pohon runtuh
    - Rumah tergenang air
    - Barang-barang mengapung
    - Tanaman rusak

    Opini:
    - Korban meninggal
    - Harta benda landas
    - Tembok runtuh
    - Listrik mati
    - Tak ada bantuan
    - Bedol desa

    Telah terjadi banjir bandang pada pagi hari yang mengakibatkan pohon-pohon daerah dusun sumberjo runtuh. Para rumah warga sekitar terlihat dikelilingi oleh genangan air hujan. Air hujan tersebut menggenangi rumah warga dari tanah sampai atap rumah. Barang-barang warga pun mengapung berserakan di sekitaran air.. Tanaman para warga pun rusak karena tidak bisa menahan serapan air hujan yang amat banyak.

    Menurut para wartawan belum diketahui berapa banyak korban yang meninggal dari kejadian tersebut. Penduduk warga sekitar pun tak mengerti kemana harta benda mereka berada sekarang, mungkin telah ludes atau hanya terhanut oleh air yang berwarna coklat itu.. Diperkirakan oleh warga bahwa tembok rumah mereka runtuh karena tergenang air yang terlalu lama, tetapi itu belum pasti karena rumah mereka tidak terlihat.

    Di dusun sumberjo tersebut diperkirakan seluruh listrik di daerah rumah mereka padam semua. Sehingga sampai saat ini masih simpang siur kabar dari pihak pemerintah daerah yang sudah bertindak atau belum. Tak diketahui juga kalau mereka sudah diberi bantuan atau belum karena kata penduduk daerah dusun sumberjo mereka belum mendapat bantuan. Dikabarkan juga kalau penduduk dusun sumberjo akan melakukan bedol desa karena keadaan kampung mereka yang sudah tidak memadai lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  8. Wahyuningtyas / XI IPS 2 / 24

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. 26 Desember 2004.
    2. Tsunami di Aceh.
    3. Rumah rata dengan tanah.
    4. 8,5 SR
    5. Bangunan hancur.
    6. Infrastruktur hancur.
    7. Terjadi akibat retakan/patahan lempeng.
    8. Gerakan Peduli Aceh.

    Opini :
    1. Jatuhnya ribuan korban jiwa.
    2. Suasana sangat mencekam.
    3. Pemerintah lambat menangani.
    4. Salah satu bencana terdahsyat.
    5. Mendung.

    Indonesia kembali diguncang bencana. Suasana mendung menyelimuti kota Aceh. 26 Desember 2004, gelombang tsunami menghantam Aceh dengan kekuatan 8,5 Skala Richter. Gelombang tersebut menyebabkan hancurnya infrastruktur-infrastruktur negara. Aceh menjadi kota mati yang mencekam. Hampir seluruh wilayah Aceh terendam air dan mayat orang-orang yang tidak bisa melarikan diri terlihat berserakan dan mengambang di air. Sungguh, peandangan yang mengenaskan.

    Gelombang tsunami yang melanda Aceh terjadi akibat gunung meletus ataupun pergerakan lempeng di dasar laut secara signifikan. Letusan dan pergerakan tersebut menyebabkan air menjulang tinggi ke daratan dan menghantam pemukiman penduduk. Hancurnya bangunan, rumah yang rata dengan tanah, jatuhnya korban jiwa, kerugian material yang tak terpungkiri besarnya merupakan dampak betapa dahsyatnya gelombang tsunami yang melanda Aceh. Aceh yang dahulu merupakan kota yang kaya akan sumber daya alam dan pemandangan yang indah, kini seakan-akan musnah terendam air.

    Saat ini sudah banyak korban sudah berusaha mengungsi ke tempat yang lebih aman. Disana mereka menunggu pemerintah untuk datang memberikan bantuan. Mereka membutuhkan bahan makanan, pakaian, obat-obatan, selimut, bantal, dan lain sebagainya. Air bersih pun menjadi barang langka, tak dapat dipungkiri lambat laun para pengungsi bisa jatuh sakit. Tidak hanya pemerintah yang perlu berperan, tetapi seluruh masyarakat Indonesia pun saling bahu-membahu membantu saudara kita di Aceh. Kini “Gerakan Peduli Aceh” pun sedang digalakkan seluruh masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  9. Annisa Radista W.11 Januari 2014 01.40

    Annisa Radista W. ( XI IPS 1 / 03 )

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. Pantauan udara
    2. Gunung besar
    3. Gunung berasap
    4. Asap mengepul
    5. Asap kecil


    Opini :
    1. Tanda gunung aktif
    2. Waspada letusan
    3. Pemerintah mulai melakukan tindakan


    Dapat dilihat dari pantauan udara kemarin ( Senin, 6 Februari 2013 ) , gunung yang berada di pulau Jawa, tepatnya gunung Semeru, mulai mengeluarkan tanda – tanda gunung aktif. Pantauan udara ini dilakukan pagi hari, pukul 05.00 . Tanda – tanda ini dapat dilihat dari keluarnya asap yang mengepul dipuncak Gunung Semeru. Asap yang mengepul merupakan tanda awal sebuah gunung mulai aktif. Untungnya asap yang mengepul masih kecil sehingga berada dalam taraf awal, belum berbahaya.

    Tanda – tanda ini mulai meresahkan warga sekitar Semeru di Desa Sukoharjo. Warga berbondong – bondong menyiapkan diri jika sewaktu – waktu gunung Semeru mulai ke taraf berbahaya. Dihitung dari jam 11.00 waktu setempat, 3 keluarga memutuskan untuk mengungsi sementara. Warga yang mengungsi itu memilih membawa barang – barang yang bisa diselamatkan. Pardi misalnya. Dia, istri, dan 2 anaknya memutuskan untuk ke Surabaya. “ Jaga – jaga aja barangkali meletus tiba – tiba kan bahaya.” , ujar Pardi.

    Pemerintah juga mulai memberi pengawasan lebih dengan mengadakan pencarian sukarelawan yang berniat membantu. Para sukarelawan akan mulai dibawa ke Desa Sukoharjo minggu depan, 8 Februari 2013. Terhitung 30 pria dan 10 wanita sudah terdaftar sebagai sukarelawan. Para sukarelawan nanti akan membantu mengajak warga Desa Sukoharjo mengungsi kedaerah yang aman. Pendaftaran sukarelawan diadakan hingga 3 hari kedepan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  10. Tajuk Rencana


    Gunung berapi
    Zat material
    Zat panas.
    Gunung tinggi
    Berada di seluruh dunia


    Mempunyai dampak yang negatif
    Mempunyai dampak yang positif
    Waktu terjadinya gunung meletus



    Gunung berapi merupakan suatu peristiwa alam dari sebuah gunung aktif yang menjulang tinggi. Ia tidak hanya berada di wilayah dataran Indonesia, melainkan berada di seluruh belahan dunia. Pada saat meletus, gunung tersebut mengeluarkan zat-zat material yang sangat panas. Zat tersebut bisa berupa zat padat seperti batu-batuan dan kerikil, bisa berupa zat cair seperti cairan lahar panas serta bisa berupa zat gas seperti uap panas. Tingkat kekuatan yang dihasilkan oleh gunung berapi pada saat mengeluarkan zat materialnya tentu berbeda-beda, tergantung pada bentuk gunung tersebut. Sehingga, besar atau tidaknya dampak gunung berapi tersebut terhadap masyarakat dapat bergantung dari tingkat kekuatan yang dihasilkannya.

    Peristiwa alam seperti inilah tentunya mempunyai dampak bagi masyarakat di sekitarnya. Tidak hanya dampak yang positif, ia juga mempunyai dampak yang negatif. Dampak positifnya pun tidak dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat setempat dalam waktu itu juga, mereka harus menunggu beberapa hari sampai mereka bisa merasakannya. Dampak positifnya ialah seperti zat-zat yang dikeluarkan oleh gunung berapi tersebut dapat membuat tanah di wilayah itu semakin subur. Serta bahan material yang dikeluarkan gunung berapi dapat dibuat sebagai bahan bangunan.

    Dampak negatif dari peristiwa alam seperti ini adalah antara lain adanya gempa bumi. Gempa bumi biasanya terjadi sebelum gunung meletus ini berlangsung. Banyak hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan yang mati. Rusaknya tempat tinggal masyarakat karena tekanan yang sangat kuat dari gempa bumi. Serta yang menyedihkan adalah banyaknya korban jiwa yang meninggal dan luka parah akibat peristiwa alam ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  11. Elsa Indira Larasati / XI-IPS2-8

    BalasHapus
  12. Muhammad Zamzam S 11 IPS1/1411 Januari 2014 02.53


    Aceh Menangis
    Fakta
    • Bangunan hancur lebur
    • Digambar itu ada seorang wanita menangis
    • Hanya bangunan masjid yang tidak hancur
    • Masih ada sisa genangan air
    • Pohon pohon sekitar masjid tidak tumbang
    Opini
    • Menelan banyak korban jiwa setelah tsunami dan gempa melanda
    • Wanita tersebut menangis karena kehilangan salah satu anggota keluarganya
    • Tsunami tersebut melanda aceh pada tanggal 26 Desember 2006


    Tsunami melanda aceh pada tanggal 26 Desember 2006 . Digambar itu ada seorang wanita menangis dikarenakan kehilangan salah satu anggota keluarganya belum ditemukan. Hanya bangunan masjid yang tersisa dan masih ada sisa genangan air bekas tsunami melanda, Aceh pada saat itu berduka , banyak kerugian yang dialami oleh aceh karena bencana tersebut.
    gelombang raksasa bak monster dari lautan menerjang daratan dan menenggelamkan kota Meulaboh dengan ketinggian gelombang diperkirakan penulis mencapai ± 12 s.d 20 meter (sebagai pembanding adalah tenggelamnya bangunan 2 lantai dan pohon kelapa). Setelah itu seluruhnya menjadi lautan, manusia dan sampah (reruntuhan rumah kayu, berbagai macam perabot rumah tangga dan benda-benda lainnya) yang terapung dilautan menjadi satu dan manusia menjadi tidak berdaya, jerit tangis berbaur dengan kepanikan yang luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  13. Nikmatul Chasanah / XI IPS 2 - 17
    Tajuk Rencana
    Fakta :
    1.Masjid yang masih berdiri kokoh
    2.Bangunan runtuh
    3.Seorang wanita yang meratapi kejadian itu
    4.Siang hari
    5.Korban jiwa
    Opini :
    1.Tsunami aceh banyak menelan korban jiwa
    2.Korban selamat tidak mendapat bantuan dari pemerintah
    3.Banyak gedung dan rumah-rumah runtuh
    4.Banyak kerugian yang dialami oleh para korban
    5.Merusak fasilitas yang disediakan









    Tsunami Aceh
    Sekitar pukul 09.00 Tsunami yang terjadi Aceh pada tanggal 26 desember 2004 berkekuatan 9,5 SR terjadi begitu dahsyatnya. Kejadian itu menelan korban jiwa sebanyak 8.000 jiwa meninggal dunia yang baru ditemukan, 4000 jiwa luka-luka, dan diperkirakan banyak korban yang belum ditemukan. Siang harinya korban selamat banyak yang mencari keluarganya yang meninggal dunia atau bahkan belum ditemukan. Timsar terus mencari korban jiwa yang belum ditemukan hingga beberapa hari. Korban yang berhasil ditemukan diungsikan petugas di suatu pos persinggahan.
    Tsunami aceh tidak hanya menelan korban jiwa yang berjumlah banyak. Banyak gedung, bangunan, dan harta benda yang lenyap dalam peristiwa itu. Hal itu menyebabkan banyak korban yang selamat sulit untuk mendapatkan makanan dan minuman. Fasilitas umum yang disediakan pemerintah juga rusak semua karna peristiwa alam itu. Sehingga banyak kerugian yang dialamai oleh para korban.Tampak digambar, semua bangunan runtuh kecuali sebuah bangunan yang masih berdiri kokoh yaitu sebuah masjid. Kita tidak tau mengapa sebuah masjid itu bisa berdiri kokoh padahal kita ketahui peristiwa tsunami aceh itu merupakan bencana alam yang begitu dahsyatnya.
    Setelah peristiwa itu terjadi, pemerintah memberikan bantuan kepada korban yang selamat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para korban. Peristiwa itu mengundang banyak simpati dari semua masyarakat di seluruh Indonesia. Meskipun peristiwa tsunami itu sudah lama terjadi sampai sekarang banyak korban yang masih trauma dengan peristiwa itu. Bencana itu terjadi bukan karena ulah manusia, melainkan merupakan takdir Tuhan yang Maha Kuasa. Sebaiknya kita sebagai umat manusia harus banyak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan banyak meningkatkan ibadah kita, agar Tuhan tidak murka kepada kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda belum lulus karena penulisan teks anda tidak memenuhi persyaratan penulisan artikel ini, khususnya karena anda salah dalam menampilkan paragrafnya. HARAP DICOBA LAGI !Selamat untuk mencoba, jangan patah semangat.

      Hapus
  14. Wahyu Herdianto
    XI IPS 2 / 23

    Fakta
    - Tsunami hebat setinggi 20meter menenggelamkan kota Atlantis pada tahun 602
    - Tsunami berasal dari gempa tektonik di dasar Samudera Pasifik
    - Kota Atlantis menghilang dan masih belum ditemukan kepastiannya
    - Beberapa peneliti terus melakukan riset
    - Penyelam pertama bernama George Bensen
    - George menemukan tumpukan batu berbentuk bangunan di sekitar samudera Pasifik
    - Ditemukan ribuan logam, emas, dan perak kuno
    - Dilakukan pelelangan terhadap barang-barang temuan
    Opini
    - Beberapa peneiliti menganggap barang temuan hanyalah barang dari kapal perompak yang jatuh, bukan kota Atlantis
    - Barang-barang yang dilelang diperkirakan mencapai $100.000
    - Pemerintah menganggap bahwa berita kota Atlantis yang hilang adalah kebohongan semata

    Kota Atlantis, kota yang besar dan dipenuhi bangunan-bangunan megah, dinyatakan hilang selamanya setelah kejadian tsunami hebat setinggi 20meter menenggelamkan kota tersebut ribuan tahun lalu. Diketahui tsunami yang terjadi pada tahun 602 itu berasal dari gempa tektonik di dasar Samudera Pasifik, gelombang air dengan cepat menerjang ke arah kota Atlantis yang berada tidak jauh dari Samudera Pasifik.

    Kota Atlantis masih menghilang dan belum ditemukan keberadaannya secara pasti. Riset masih terus dilakukan oleh beberapa peneliti dari seluruh dunia. Penyelam pertama, George Bensen, menyelami Samudera Atlantis untuk mencaritahu keberadaan kota yang hilang ini. Hasil perjalanan ini adalah ditemukannya tumpukan-tumpukan batu yang berbentuk seperti bangunan. Tidak hanya bangunan, ribuan logam,emas, dan perak kuno juga ditemukannya.

    Berita temuan hasil dari penyelaman ini akhirnya diberitakan ke seluruh tim penelitian kota Atlantis. Sebagian membantah bahwa barang tersebut adalah barang-barang peninggalan kota Atlantis, mereka menganggapnya itu hanyalah barang yang ikut tenggelam bersama kapal perompak beberapa tahun lalu. Pemerintah memutuskan melelang barang-barang tersebut setelah menyatakan bahwa berita kota Atlantis yang hilang adalah kebohongan semata dan hanya mitos karena tidak ada bukti kuat. Pelelangan diperkirakan mencapai hasil sekitar $100.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan anda memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi, wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

      Hapus
  15. Nur Zamilatul Izzah ( XI IPS 1 – 16 )
    Tajuk rencana
    Fakta :
    1. Kerusakan barang - barang perumahan dan perkantoran terendam air lebih 1,5 meter.
    2. Tidak kurang 20 orang tewas akibat banjir yang melanda ibukota.
    3. Dikatakan sebagai siklus lima tahunan namun kenyataannya lebih besar dibanding tahun 2002.
    4. Tak kurang 70 persen wilayah Jakarta terkena.
    5. Jakarta merupakan kota terbesar sekaligus terpadat dengan jumlah penduduk tak kurang dari 10 juta jiwa.
    6. kawasan Puncak Bogor yang semakin dibabat sehingga tak lagi banyak memiliki lahan hijau adalah penyebab utama.
    7. Triliun Rupiah kerugian yang diderita
    Opini :
    1. Bagi rakyat kecil penderitaan tak cukup dirasakan satu dua hari atau satu dua bulan saja.
    2. Dari udara terlihat jelas betapa sesak dan padatnya kota itu sehingga nyaris tak menyisakan daerah hijau untuk resapan air.
    3. Sangat disayangkan kesadaran seperti itu hanya muncul sesaat pada saat terjadi bencana seperti sekarang.
    4. Seharusnya kita bercermin dari setiap bencana termasuk banjir yang menenggelamkan Jakarta karena mengingat nilai kerugiannya yang begitu besar.
    5. terhentinya semua aktivitas masyarakat sekitar.
    Ketika Jakarta lumpuh dalam beberapa hari akibat banjir, pernahkah kita bayangkan berapa triliun rupiah kerugian yang diderita. Kerusakan barang-barang di perumahan dan perkantoran yang terendam air lebih 1,5 meter, termasuk ribuan mobil dan sepeda motor. Kerusakan jaringan infrastruktur seperti telekomunikasi, listrik dan masih banyak lagi. Terhentinya aktivitas bisnis lebih sulit lagi diperkirakan berapa besar nilai kerugiannya. Sementara transportasi darat dan udara pun terganggu jadwalnya bahkan banyak yang dibatalkan. Perdagangan saham sepi sehingga indeksnya melemah.
    Namun yang lebih penting adalah nyawa manusia. Tidak kurang 20 orang tewas akibat bencana banjir yang melanda ibukota. Kalau tak segera diadakan upaya penyelamatan dan penyaluran bantuan bagi para pengungsi maupun warga masyarakat yang rumahnya kebanjiran, maka korban tewas bisa lebih banyak lagi. Kali ini banjir itu memang luar biasa. Banjir tak boleh dibiarkan menjadi ritual tahunan yang dari tahun ke tahun bukan berkurang melainkan malah bertambah parah. Kawasan yang terendam air makin meluas karena sekarang diperkirakan tak kurang 70 persen wilayah Jakarta terkena. Dari foto-foto yang diambil dari udara terlihat betapa parah situasinya. Padahal Jakarta adalah barometer Indonesia. Jakarta adalah pusat segala aktivitas terutama bisnis dan keuangan. Jakarta merupakan kota terbesar sekaligus terpadat dengan jumlah penduduk tak kurang dari 10 juta jiwa
    Tiap bencana pada dasarnya memiliki hikmah yang sama meskipun secara teknis penjelasannya bisa berbeda. Akibat ulah manusia juga bencana itu datang dari waktu ke waktu dan semakin parah. Lahan kota dihabiskan bangunan beton yang menjulang tinggi atau pun kompleks perumahan. Dari udara terlihat jelas betapa sesak dan padatnya kota itu sehingga nyaris tak menyisakan daerah hijau untuk resapan air. Ditambah lagi dengan semakin sempitnya sungai karena dikepung bangunan liar di sekelilingnya. Sangat disayangkan kesadaran seperti itu hanya muncul sesaat pada saat terjadi bencana seperti sekarang. Setelah itu orang akan kembali kepada kehidupan normal dan melupakan bencana itu. Kita seringkali tak mampu mengambil hikmah sehingga pengatasannya pun kurang serius.
    Padahal nilai kerugian yang triliunan rupiah sangatlah berarti. Bagi rakyat kecil penderitaan tak cukup dirasakan satu dua hari atau satu dua bulan saja. Ketika barang-barang yang menjadi harta kekayaan hilang diterjang banjir maka mereka perlu waktu untuk memperolehnya kembali. Dan ketika kita bicara dalam konteks makro maka nilai kerugian yang luar biasa itu juga amat signifikan. Lalu mengapa tak mudah mengambil pelajaran. Seharusnya kita bercermin dari setiap bencana termasuk banjir yang menenggelamkan Jakarta karena mengingat nilai kerugiannya yang begitu besar. Lalu pertanyaannya, langkah apa yang akan dilakukan nanti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda belum lulus karena penulisan teks anda tidak memenuhi persyaratan penulisan artikel ini, khususnya karena anda salah dalam menampilkan paragrafnya. HARAP DICOBA LAGI !Selamat untuk mencoba, jangan patah semangat.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Almira Rahma Puspitasari XI SOS 2 / 03

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. Terjadi banjir
    2. Rumah warga terendam
    3. Warga mengungsi
    4. Perahu sebagai transportasi
    5. Hewan ternak berlindung
    6. Aktifitas warga terhenti
    7. Tinggi banjir mencapai pinggang orang dewasa
    8. Siklus air terganggu

    Opini :
    1. Warga kekurangan sumber air bersih untuk mandi, memasak, dan mencuci
    2. Belum ada bantuan dari pemerintah
    3. Akan terjadi beberapa penyakit yang biasa muncul saat banjir
    4. Warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan menyelamatkan harta bendanya
    5. Banjir disebabkan karena membuang sampah sembarangan
    6. Banyak pihak yang dirugikan karena banjir

    Hujan deras yang mengguyur Desa Malang semalam telah menyebabkan banjir yang merendam rumah warga. Banjir ini menyebabkan warga kekurangan sumber air bersih untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak, mencuci, dan mandi. Beberapa warga telah mengungsi ke desa tetangga yang tidak terendam banjir karena lokasinya lebih tinggi, sedangkan masih terlihat beberapa warga yang sedang menyelamatkan harta benda yang berada di rumah. Banjir yang terjadi di Desa Malang bukanlah hal yang mengejutkan karena setiap musim hujan daerah ini menjadi daerah langganan banjir.

    Ketinggian banjir yang mencapai pinggang orang dewasa ini membuat aktifitas warga berhenti , bahkan para wanita dan anak anak terpaksa harus menggunakan perahu kayu untuk dapat berpindah tempat. Hewan ternak yang dimiliki warga seperti ayam belum sempat diselamatkan sehingga ayam-ayam itu hanya bisa berlindung di bagian kandang yang paling tinggi. Belum terlihat ada bantuan yang diberikan oleh pemerintah, tetapi bantuan seadanya telah diberikan oleh warga sekitar seperti selimut, obat-obatan, bahan makanan, dan pakaian hangat.

    Banjir ini tentu menjadi pengalaman berharga bagi kita, Banjir disebabkan karena warga yang membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar. Kurangnya tanah resapan membuat banjir susah untuk surut, dan jarangnya pohon yang akarnya berfungsi untuk menahan air tentu membuat banjir menjadi lebih tahan lama. Bencana yang menganggu siklus air ini sudah pasti merugikan banyak pihak terutama warga sekitar. Sudah seharusnya setiap orang memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitar agar tidak lagi terjadi banjir setiap huja turun.

    BalasHapus
  19. BELLIANA SALVIA IPS1 - 05
    Tajuk Rencana
    FAKTA :
    •Gambar diambil setelah gunung berapi meletus
    •Petugas meninjau ulang desa yang terkena lahar panas gunung berapi.
    •Terlihat rumah warga yang tertutup oleh debu vulkanik akibat dari meletusnya gunung berapi.
    •Pepohonan semuanya rusak dan mati.
    •Masih ada rumah warga tidak rusak seluruhnya.
    •Petugas memakai pelindung yang berupa masker.

    OPINI :
    •Warga mengalami kerugian yang besar karna rumah dan kebunnya rusak
    •Petugas sepertinya adalah para relawan
    •Ada banyak korban meninggal
    •Belum ada warga yang kembali

    Muntahan lahar panas gunung berapi yang baru saja terjadi menimbulkan duka yang mendalam bagi para korbannya. Tidak hanya itu, korban juga mengalami banyak kerugian. Kerugian material menjadi yang utama. Banyak rumah warga yang rusak dan perkebunan yang mati akibat dari lahar panas tersebut. Belum lagi jika ada anggota keluarga yang meninggal.

    Kemarin, para relawan baru saja meninjau ulang desa setelah gunung berapi meletus. Para relawan masih mencari korban yang hilang. Ditakutkan jika masih ada korban yang belum terevakuasi. Banyak debu vulkanik tebal yang menutupi desa. Terlihat para relawan itu memakai masker untuk menghindari terhirupnya debu vulkanik. Debu vulkanik yang tebal tersebut menutupi seluruh jalanan dan rumah-rumah.

    Bencana meletusnya gunung api ini memporakporandakan desa-desa yang dekat dengan gunung berapi. Seluruh korban selamat sekarang masih berada di pengungsian dan belum ada yang kembali. Ada beberapa rumah warga yang tidak rusak parah, tetapi pepohonan tan tumbuhan mati seluruhnya.

    BalasHapus
  20. Salma Putri
    XI IPS 2 / 22

    Tajuk Rencana
    Fakta
    - Badai tornado pada 16 Januari 2003 di Amerika Selatan
    - Kecepatan angin mencapai 100km/jam
    - 15 keluarga selamat dalam insiden ini dengan bersembunyi di dalam ruang bawah tanah
    - Kerusakan paling parah disepanjang jalan Brigham sampai jalan Hokoyu
    - Pusaran angin tornado terbentuk setelah terjadi badai hujan angin di seluruh wilayah Amerika Selatan
    - Ketua badan riset mengatakan, “badai tornado ini adalah yang terparah”.
    - Sejumlah 1.500 kotak bantuan berupa makanan dikirimkan ke daerah pengungsian
    - Perawatan korban luka-luka dilakukan di tenda-tenda, dikarenakan rumah sakit hancur
    Opini
    - Ratusan ribu penduduk meninggal dan hilang
    - Kerugian diperkirakan mencapai jutaan dollar Amerika
    - Disarankan penduduk membuat ruang bawah tanah

    Amerika Selatan, Negara yang selalu sibuk ini menjadi rata dengan tanah setelah badai tornado menerpa daerah tersebut pada 16 Januari 2003. Kecepatan angin mencapai hingga 100km/jam. Badai ini terbentuk setelah selama berhari-hari Amerika Selatan mengalami badai hujan angina. Kerusakan paling parah terjadi disepanjang jalan Brigham sampai jalan Hokoyu.

    Ribuan penduduk meninggal dan beberapa dikabarkan hilang dalam insiden ini, hanya 15 keluarga yang selamat dari badai dengan berlindung di dalam ruang bawah tanah. Ketua badan riset, Heinz Radolf, mengatakan bahwa memang Amerika sudah menjadi langganan oleh badai tornado, namun kali ini adalah yang paling parah. Kerugian ditafsir mencapai jutaan dollar Amerika.

    Sebanyak 1.500 kotak bantuan berupa makanan dikirim ke daerah-daerah pengungsian warga sementara. Rumah sakit yang ikut hancur tersapu badai mengakibatkan korban luka harus dirawat didalam tenda pengungsian dan pinggir jalan. Dikarenakan bencana badai tornado yang sudah sering melanda Negara ini, pemerintah menyarankan seluruh warga untuk membuat ruang bawah tanah demi keselamatan.

    BalasHapus
  21. Naning Oktaviani / XI IPS 2 - 16

    TAJUK RENCANA

    Fakta :
    1. Ada tiang bendera
    2. Barang barang berserakan
    3. Bangunan roboh
    4. Ada masjid yang berdiri kokoh
    5. Ada pohon

    Opini :
    1. Bencana alam tersebut menelan banyak korban
    2. Bantuan dari pemerintah lambat
    3. Menghambat kegiatan warga
    4. Warga yang masih selamat mengungsi di masjid
    5. Banyak orang meninggal

    Bencana alam Tsunami Aceh terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Bencana alam ini menelan banyak korban. Serta merusak banyak fasilitas umum. Hampir semua bangunan di daerah itu porak poranda ditelan tsunami tersebut. Kegiatan ekonomi, sosial, serta budaya warga di daerah tersebut terhambat karena bencana ini. Hanya sedikit warga yang dapat selamat dari bencana tersebut, mereka yang selamat kebanyakan kehilangan anggota keluarga mereka.

    Meskipun bencana ini merusak hampir seluruh daerah di Aceh, ada satu bangunan yang masih berdiri kokoh dan megah. Bangunan tersebut adalah Masjid Raya Baiturrahman. Ini merupakan keajaiban dari Allah swt., karena dapat kita lihat dari gambar di atas di sekeliling masjid tersebut semua bangunan telah rata disapu tsunami tetapi masjid tersebut masih dapat berdiri tegak. Di depan masjid tersebut juga terdepat tiang bendera dan bendera merah putih yang masih berkibar. Bangunan masjid ini juga dijadikan tempat pengungsian bagi warga yang masih selamat dari bencana tsunami ini.

    Korban yang masih selamat membutuhkan bantuan seperti makanan, obat – obatan, dan pakaian. Tetapi sangat disayangkan, distribusi bantuan dari pemerintah untuk para pengungsi masih lambat. Sehingga, banyak pengungsi yang terancam kelaparan. Mereka juga terserang berbagai penyakit seperti diare dan gangguan saluran pernapasan. Hal ini disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana yang memadai di tempat pengungsian. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah memberi perhatian lebih kepada para pengungsi.


    BalasHapus
  22. Luthfan Haidi
    XI SOS 2/13


    TAJUK RENCANA
    Fakta:
    1. Tsunami di Miyako, Jepang
    2. 11 Maret 2011
    3. Terjadi akibat gempa 9.0 Skala Richter
    4. Rumah penduduk hancur
    5. Gedung sekolah dan perkantoran hancur
    6. Pelayaran diberhentikan sementara
    7. Terjadi di pagi hari pada pukul 7.45
    8. Air masih menggenang jalan tol

    Opini:
    1. Tim SAR masih melakukan pencarian korban
    2. Tinggi gelombang sekitar 30 meter
    3. Puluhan mobil saling menghantam
    4. Kapal menghantam jembatan layang
    5. Penduduk dan pengemudi kendaraan bermotor berhamburan
    6. Pendirian posko bencana segera dilakukan Pemerintah
    7. Seluruh jaringan listrik, gas dan air mati
    8. Kelaparan terjadi

    Tsunami melanda Miyako, Jepang pada tanggal 11 Maret 2011. Tsunami ini terjadi beberapa menit setelah gempa hebat berkekuatan 9.0 skala richter mengguncang Miyako pada pukul 7.45 waktu setempat. Puluhan mobil yang berada di sekitar pantai tersapu saling menghantam dan terguling. Sebuah kapal terseret jauh dan langsung menghantam sebuah jembatan layang. Akibat tsunami tersebut, pelayaran dari pelabuhan Miyako diberhentikan sementara. Seperti pada gambar, air laut masih menggenang jalan tol dan membuat banyak mobil hanyut terseret arus.
    Menurut saksi mata, saat terjadi gempa penduduk kota dan pengemudi kendaraan bermotor berhamburan keluar rumah dan kendaraan untuk menyelamatkan diri. Rumah penduduk, gedung sekolah serta gedung perkantoran hancur lebur dan seluruh jaringan listrik, gas, dan air mati pasca tsunami dengan ketinggian ombak sekitar 30 meter.
    Pemerintah langsung bertindak cepat dengan mendirikan posko bencana. Tim SAR terus dikerahkan untuk pencarian korban dan melakukan evakuasi. Setelah bencana terjadi, kota Miyako kehilangan bahan pangan yang cukup banyak, sehingga korban yang selamat mengalami kelaparan selama hampir 2 minggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini salah pak iwan, silahkan koreksi yang dibawah

      Hapus
  23. Luthfan Haidi
    XI SOS 2/13


    TAJUK RENCANA
    Fakta:
    1. Tsunami di Miyako, Jepang
    2. 11 Maret 2011
    3. Terjadi akibat gempa 9.0 Skala Richter
    4. Rumah penduduk hancur
    5. Gedung sekolah dan perkantoran hancur
    6. Pelayaran diberhentikan sementara
    7. Terjadi di pagi hari pada pukul 7.45
    8. Air masih menggenang jalan tol

    Opini:
    1. Tim SAR masih melakukan pencarian korban
    2. Tinggi gelombang sekitar 30 meter
    3. Puluhan mobil saling menghantam
    4. Kapal menghantam jembatan layang
    5. Penduduk dan pengemudi kendaraan bermotor berhamburan
    6. Pendirian posko bencana segera dilakukan Pemerintah
    7. Seluruh jaringan listrik, gas dan air mati
    8. Kelaparan terjadi

    Tsunami melanda Miyako, Jepang pada tanggal 11 Maret 2011. Tsunami ini terjadi beberapa menit setelah gempa hebat berkekuatan 9.0 skala richter mengguncang Miyako pada pukul 7.45 waktu setempat. Puluhan mobil yang berada di sekitar pantai tersapu saling menghantam dan terguling. Sebuah kapal terseret jauh dan langsung menghantam sebuah jembatan layang. Akibat tsunami tersebut, pelayaran dari pelabuhan Miyako diberhentikan sementara. Seperti pada gambar, air laut masih menggenang jalan tol dan membuat banyak mobil hanyut terseret arus.

    Menurut saksi mata, saat terjadi gempa penduduk kota dan pengemudi kendaraan bermotor berhamburan keluar rumah dan kendaraan untuk menyelamatkan diri. Rumah penduduk, gedung sekolah serta gedung perkantoran hancur lebur dan seluruh jaringan listrik, gas, dan air mati pasca tsunami dengan ketinggian ombak sekitar 30 meter.

    Pemerintah langsung bertindak cepat dengan mendirikan posko bencana. Tim SAR terus dikerahkan untuk pencarian korban dan melakukan evakuasi. Setelah bencana terjadi, kota Miyako kehilangan bahan pangan yang cukup banyak, sehingga korban yang selamat mengalami kelaparan selama hampir 2 minggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANDA TIDAK LULUS, Pengembangan paragraf kurang sehingga tak memenuhi syarat paragraf normal. SILHKAN MENCOBA KEMBALI, dengan membenahi pekerjaan yang sudah ada!

      Hapus
  24. Nikmatul Chasanah
    XI IPS 2 / 17

    Tajuk Rencana
    Fakta
    - Tsunami di Aceh 26 Desember 2004
    - 8.122 korban jiwa
    - Terjadi pada pukul 08.00
    - Gelombang air mencapai ketinggian 10meter
    - Terjadi gempa di dasar laut sebesar 9,5 skalarichter
    - Sebuah masjid berdiri kokoh
    - Tidak ada bantuan dari pemerintah
    - “Gerakan Peduli Aceh”
    Opini
    - Ribuan orang hilang dan masih belum ditemukan
    - Banyak rumah dan bangunan hancur
    - Kerugian diperkirakan hingga miliaran rupiah

    Kota Serambi Mekah menjadi rata setelah diterjang air tsunami dengan ketinggian 10meter pada tanggal 26 Desember. Gelombang dahsyat ini bermula dari gempa bumi berskala 9,5 dari dasar laut yang lalu menghantarkan air dengan cepat menuju Aceh. Kejadian naas ini terjadi pada pukul 08.00 WIB. Terdapat 8.122 korban jiwa yang tercatat dan ribuan orang yang hilang dan masih belum ditemukan. Rumah-rumah dan bangunan hancur, kecuali sebuah masjid yang masih berdiri kokoh. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

    Warga Aceh yang kehilangan temoat tinggal, untuk sementara mengungsi di tenda-tenda pengungsian. Tidak ada makanan, minuman, pakaian ganti. Hal ini dikarenakan pemerintah yang tidak tanggap dan segera memberikan bantuan kepada para korban. Terbentuklah komunitas “Gerakan Aceh Peduli” untuk membantu para korban bencana tsunami Aceh. Mereka mengumpulkan segala bantuan, mulai dari uang, bahan pangan, pakaian, dan lain-lain. Meskipun kejadian itu sudah lama terjadi, banyak korban yang masih trauma dengan peristiwa itu.

    Atas kejadian ini, pemerintah Aceh mendirikan sebuah museum yang dinamakan “Museum Tsunami Aceh” didirikan pada tahun 2009. Museum ini didedikasian untuk para korban yang telah meninggal pada kejadian tsunami 2004 lalu. Isi dari museum ini adalah nama-nama korban yang diletakkan pada dinding-dinding dalam museum. Terdapat juga ruangan khusus yang berisikan nama-nama orang yang selamat dalam insiden tersebut.

    BalasHapus
  25. FAREL AKBAR B. / XI IPS I/ 09

    Fakta: 1.) Terjadi tanah longsor.
    2.) Rumah-rumah hancur.
    3.) Pepohonan dalam hutan tumbang.
    4.) Terjadi di salah satu desa di Jawa Barat.
    5.) Terjadi tanggal 22 April 2004.

    Opini : 1.) Bencana ini adalah yang terparah di Jawa Barat.
    2.) Warga menjadi resah.
    3.) Aktivitas / kegiatan warga terganggu.
    4.) Desa yang terisolir.
    5.) Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

    ( Kamis, 22 April 2004) Naas, fajar yang mengawali hari justru berubah menjadi isak tangis dan duka para warga. Bencana tanah longsor terjadi di salah satu kawasan pedesaan di Jawa Barat. Dua belas orang tewas dalam bencana tanah longsor tersebut, tiga orang masih belum ditemukan. Seorang bocah dan seorang lansia dilaporkan tewas tertimbun tanah dan batuan, sementara seorang ibu rumah tangga terjebak diantara puing-puing bangunan yang sudah runtuh. Sayangnya, cuaca buruk yang melanda menjadi penghambat usaha penyelamatan oleh warga.

    Dilaporkan lebih dari 25 rumah warga rusak dan sebagian hutan dan kebun kelapa sawit milik seorang warga habis karena pepohonan yang tumbang. Bangunan-bangunan umum rusak parah, karena adanya faktor usia. Bencana ini juga dipicu dengan keadaan tanah yang tidak merata, namun banyak warga yang masih menetap disana. Apalagi pohon-pohon yang habis oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, menambah faktor utama dalam peristiwa ini. “Bencana ini yang terparah. Jujur kami sangat shock, cuaca sedang hujan lebat. Apalagi tanah longsor muncul saat shubuh tadi. Kami tidak ada persiapan, warga masih tidur, tidak ada yang menyangka.” kata Parjo, kepala desa saat diberi keterangan.

    Terenggutnya korban jiwa dalam bencana yang pertama kali terjadi di desa ini, selain membuat aktivitas warga terganggu, juga membuat warga yang menjadi korban mengaku resah. Tidak ada satupun barang berharga yang dibawa, ditambah kerugian yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Hingga saat ini belum ada upaya dari pemerintah, khususnya di segi bantuan alat berat. Hal ini disebabkan oleh terisolirnya desa ini yang susah dijangkau dari luar. Tumpukan tanah dan banyaknya puing-puing rumah warga yang menutup jalan utama desa semakin memperparah peristiwa ini.

    BalasHapus
  26. Astrid H Ananda P11 Januari 2014 06.04

    Astrid Hidayanti Ananda Putri
    XI IPS 2/04

    Tajuk Rencana
    Fakta:
    - Transportasi sulit bergerak
    - Banjir disekitar Bundaran HI
    - Hujan tak kunjung berhenti
    - Banjir sudah mencapai ketinggian satu meter
    - Arus lalu lintas berantakan

    Opini:
    - Banjir menghambat aktivitas masyarakat kota Jakarta
    - Ada beberapa sepeda motor dan mobil yang mogok akibat banjir
    - Diperkirakan hujan masih akan mengguyur kota Jakarta sampai 2 hari berikutnya

    Banjir kembali melanda ibu kota. Salah satunya, banjir meredam kawasan Bundaran Hotel Indonesia(HI), Jakarta Pusat. Hujan deras tak henti-hentinya mengguyur kota Jakarta. Jakarta yang sehari-harinya sering macet, menjadi lebih macet akibat banjir ini. Banyak warga yang resah dengan guyuran air hujan setiap hari. Aktivitas sehari-hari warga menjadi terhambat, mereka semua sibuk menyelamatkan harta benda mereka agar tidak hanyut. Kali ini, banyak sekolah yang liburkan akibat banjir setinggi satu meter ini.

    “Tadi pagi, airnya lebih tinggi sedikit dari satu meter. Motor saya sampai mogok” kata Syaifuddin. Terlihat banyak sekali sepeda motor yang di parkirkan diatas trotoar karena para pengendara takut sepeda motornya terendam banjir. Banyak pejalan kaki yang melepas sepatunya, tetapi juga ada beberapa yang sudah siap siaga membawa sandal jepit. “Sepertinya hujan baru berhenti 2 hari lagi” lanjut Syaifuddin.

    Banjir yang terjadi di Bundaran HI ini membuat arus lalu lintas menjadi sulit bergerak. Tidak hanya di sekitar Bundaran HI, beberapa jalan di Jakarta Pusat sudah mulai tergenang air yang cukup tinggi. Ternyata, selain menghambat aktivitas warga dan menimbulkan arus lalu lintas macet, banjir kali ini juga banyak mengakibatkan pepohonan tumbang. Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas menjadi sangat tidak terkontrol. Hingga saat ini, hujan deras masih melanda Jakarta.

    BalasHapus
  27. Kartika Wahyuningtyas - XI ips 2/11

    Tajuk Rencana

    Fakta:
    - Terjadi gempa bumi
    - Berada di beberapa desa di Sleman Yogyakarta
    - Terjadi pada tanggal 29 Februari 2004
    - Terjadi pada pukul 00.48
    - Rumah roboh
    - Bangunan rata dengan tanah
    - Para korban mencari sisa-sisa barang berharga
    - Pohon pohon masih tegak berdiri

    Opini:
    - Diperkirakan gempa bumi berskala 6.8 SR
    - Banyak jatuh korban jiwa
    - Perasaan ribuan korban sangat terpukul
    - Warga dianjurkan untuk tetap bersiaga
    - Bantuan dari pemerintah sangat lamban

    Gempa bumi telah terjadi pada beberapa desa di daerah Sleman Yogyakarta. Gempa yang diperkirakan berskala 6.8 SR ini telah terjadi pada kamis lalu, 29 Februari 2004 pada pukul 00.48. Menurut kesaksian salah seorang warga, waktu itu disaat dirinya beristirahat terasa ada goncangan, lalu terdengar benda-benda berjatuhan. Tanpa berpikir panjang dirinya langsung membangunkan istrinya beserta anak-anaknya dan langsung bergegas keluar tanpa mengemasi barang-barangnya terlebih dahulu.

    Disaat pohon-pohon masih tegak berdiri, puluhan bahkan ratusan rumah telah roboh dan rata dengan tanah. Kejadian ini tidak hanya banyak menghancurkan harta benda tetapi juga banyak menelan korban jiwa. Tidak sedikit korban yang mengais-ngais mencari sisa-sisa barang berharga mereka. Para warga dianjurkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) untuk tetap berwaspada.

    Para korban sangat terpukul dengan kejadian ini. Apalagi sekarang masih musim hujan. Hujan masih mengguyur daerah Sleman Yogyakarta. Disaat bantuan dari para sukarelawan belum mencukupi semua kebutuhan para korban, bantuan dari pemerintah berjalan sangat lamban. Berbagai penyakit tersebar dimana-mana mulai dari diare, demam, flu sampai demam berdarah.

    BalasHapus
  28. Tyananda Agathalia K / XI-SOS 1 / 22


    Fakta: 1. Tsunami di Aceh
    2. Pada tanggal 26 Desember 2006
    3. Rumah penduduk hancur
    4. Gedung dan bangunan besar hancur
    5. Tsunami terjadi pada pukul 08.00 WIB
    6. Menewaskan lebih dari 230.000 korban jiwa

    Opini: 1. Penduduk sekitar sudah pasrah
    2. Kerugian mencapai milyaran rupiah
    3. Penduduk sekitar banyak kehilangan harta benda
    4. Ribuan penduduk banyak yang hilang dan belum ditemukan
    5. Pencarian korban terus dilakukan oleh tim SAR

    Terjadi tsunami dahsyat yang melanda Aceh pada hari Minggu tanggal 26 Desember 2004. Tsunami yang berkekuatan 9.1 skala richter ini melanda tiba tiba tanpa diduga oleh penduduk sekitar yang sedang melakukan aktivitas seperti biasa. Hal ini mengakibatkan banyak penduduk sekitar mencari tempat aman untuk menyelamatkan diri. Tsunami dahsyat tersebut telah meluluhlantahkan sebagian besar wilayah Aceh.

    Tsunami yang terjadi pada pukul 08.00 WIB dan berlangsung kurang lebih 20 menit ini telah melahap habis bangunan bangunan besar dan rumah penduduk yang berada di kawasan wilayah Aceh. Harta benda penduduk seperti rumah, mobil, dan peralatan rumah tangga telah hancur berserakan tanpa tersisa sedikitpun. Kerugian diperkirakan hingga milyaran rupiah. Selain menghancurkan bangunan-bangunan besar tsunami dahsyat ini telah menjatuhkan kurang lebih 230.000 jiwa. Banyak penduduk yang bingung mencari anggota keluarganya yang hilang dan belum ditemukan.

    Sementara itu, tim SAR terus melakukan pencarian korban yang hingga saat ini belum ditemukan. Penduduk yang berhasil menyelamatkan diri untuk sementara mengungsi di tenda pengungsian. Dalam tenda pengungsian persediaan makanan, minuman, dan pelengkapan pakaian pun sangat terbatas. Dengan keadaan yang memprihatinkan kini warga Aceh hanya bisa pasrah mengharapkan segera bantuan dari pemerintah dan bantuan sosial lainnya.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Trio Okta Kartika Sari
    XI IPS 1 absen 20

    Tajuk Rencana
    Fakta :
    • Api menyebar
    • Hutan terbakar
    • Beberapa pohon tumbang
    • Asap api di mana mana
    • Rumput terbakar
    • Hutan porak poranda
    • Sampah hutan berserakan
    • Ranting hangus

    Opini :
    • Hewan kehilangan tempat tinggal
    • Daerah resapan air hilang
    • Polusi udara
    • Angin kencang
    • Kemarau

    Kemarin Senin (6/1) kebakaran hutan terjadi lagi. Di sebuah desa di Kalimantan Timur, ada lebih dari 2 hutan yang terbakar. Diduga kebakaran ini timbul akibat kemarau yang terjadi belakangan ini. Musim kemarau yang terjadi menimbulkan percikan api di dalam hutan, lalu api menyebar begitu cepat. Dengan bantuan angin yang bertiup kencang siang itu, membuat hutan lain juga ikut terbakar. Api baru bisa dipadamkan 3 jam setelah mobil pemadam kebakaran datang.

    Rumput rumput yang hangus terbakar menimbulkan asap bertambah banyak. Polusi udara seketika terjadi karena asap kebakaran hutan. Asap hitam bahkan masuk ke pemukiman warga, membuat warga terganggu. Tak hanya itu, kebakaran hutan ini juga menyebabkan hutan porak poranda. Sampah berserakan dimana mana, seperti ranting yang terbakar, rumput hangus, abu daun yang baru terbakar, dan sebagainya.

    Tak hanya itu, akibat dari kebakaran hutan ini bahkan mengancam keseimbangan alam. Hewan hewan yang tinggal di dalam hutan harus tersingkir, atau mati terbakar. Mereka bisa saja mengganggu pemukiman warga, karena merasa kehilangan rumah. Alam juga kehilangan daerah resapan air. Hutan dinilai baik sebagai daerah resapan air untuk mencegah bencana alam. Warga sekitar hanya bisa berharap mendapat bantuan dari pecinta lingkungan secepatnya. Namun, sementara ini mereka bahu membahu membersihkan hutan yang berserakan akibat kebakaran.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Hanifah Ratna Nabila / XI IPS 2 ( 09 )

    Tajuk Rencana

    Fakta:
    1. Banjir.
    2. Terjadi di Jakarta.
    3. Terjadi pada hari Senin, 14 oktober 2013.
    4. Kendaraan tenggelam.
    5. Awan mendung.
    6. Ketinggian air 1,5 meter.

    Opini:
    1. Banyak aktifitas masyarakat terganggu.
    2. Banyak masyarakat yang terkena penyakit.
    3. Masyarakat sulit untuk mengungsi.
    4. Kurang perhatiannya dari pemerintah setempat.

    Pada musim hujan seperti ini terjadi banjir yang cukup parah di DKI Jakarta. Puncaknya terjadi pada hari Senin, 14 oktober 2013. Terlihat sejumlah kendaraan tidak dapat bergerak dan terjebak di jalanan, selain menghambat lalu lintas hal ini juga mengakibatkan sejumlah aktifitas masyarakat terganggu. Banyak perkantoran yang biasanya ramai dengan aktifitas pegawainya, saat ini terlihat sepi dan tidak menjalankan aktifitas seperti hari-hari biasanya. Banjir ini juga dikawatirkan akan mengakibatkan munculnya korban jiwa.

    Sampai saat ini banyak warga Jakarta yang masih belum mengungsi. Hal ini disebabkan oleh ketinggian air yang sudah mencapai 1,5 meter dan kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Hal ini mengakibatkan banyak masyarakat yang mengeluh akan keterlembatan bantuan dari pemerintah. Bahkan para warga bisa bertahankan sampai saat ini dikarenakan bantuan seadanya dari kota-kota terdekat. Bantuan yang berasal dari kota lain tersebut menimbulkan keraguan warga akan kinerja pemerintah yang dinilai tidak bekerja keras dalam menangani bencana ini.

    Hingga kini dilaporkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu banyak warga Jakarta yang mengalami wabah penyakit dan memerlukan pengobatan secepatnya. Hingga saat ini masih banyak warga membutuhkan sejumlah makanan, pakaian dan obat-obatan. Jika ini tidak di tindak lanjuti dengan cepat, dikawatirkan korban akan semakin bertambah dan juga dikawatirkan ketinggian banjir akan semakin meningkat karena awan mendung masih menyelimuti kota Jakarta.

    BalasHapus
  33. Ravi Hafids M. XI IPS 1 - 18

    Fakta :

    1. Terjadinya banjir.
    2. Barang-barang milik warga hanyut.
    3. Rumah warga terendam.
    4. Waktu terjadinya bencana ( 14 Februari 2009 )
    5. Tempat terjadinya bencana ( Jakarta )

    Opini :

    1. Banyak warga yang panik.
    2. Penyebab banjir ( hujan lebat, pembuangan sampah )
    3. Pendapat pengerukan sungai pada pemerintah.
    4. Aktivitas warga terhambat.
    5. Kerugian puluhan juta.

    Tajuk Rencana

    Banjir kini kembali terjadi tanggal 14 Februari 2009 di sudut kota Jakarta. Rumah warga yang terendam banjir membuat warga panik. Melihat barang-barang yang hanyut, para warga segera mengambil barang-barang berharga yang bisa diselamatkan. “Barang-barangnya diambil semua, takut basah.” ujar salah satu ibu rumah tangga. Selain menyebabkan warga panik, banjir juga membuat aktivitas warga terhambat. Bahkan membuat para penjual makanan, khususnya pemilik warung-warung, merugi. Kerugian yang ditaksir dari kejadian ini pun tidak main-main, total mencapai puluhan juta rupiah.

    Yang menarik, bencana yang menjadi musuh ibukota ini dijadikan sebagai profesi dadakan bagi sejumlah orang. Berbagai macam ide coba dilakukan oleh para warga untuk mencari uang. Salah satunya adalah ojek gerobak untuk kendaraan dan ojek rakit untuk orang. Para tukang ojek pun mengaku bahwa setidaknya bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah per harinya. Warga pun juga mengaku puas, karena kerap disulitkan dengan adanya banjir ini.

    Banjir yang merupakan masalah yang sering terjadi dalam ibukota disorot oleh banyak kalangan. Akibat yang ditimbulkan pun beragam. Banyak penyebab yang membuat banjir ini muncul, salah satunya adalah hujan yang terus menerus. Ditambah kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah di sungai. Seharusnya pemerintah bisa mengatasinya dengan mengeruk sungai lebih dalam, sehingga air sungai tidak meluber yang menjadi cikal bakal banjir.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  35. Tajuk Rencana

    Fakta:
    1. Tsunami.
    2. Mengenai pemukiman.
    3. Rumah menggenang.
    4. Timbul pusaran air.
    5. Kapal terseret menuju pusaran air.

    Opini:
    1. Menimbulkan kerugian finansial negara.
    2. Menimbulkan korban jiwa.
    3. Lokasi laut tidak jauh dari pemukiman.

    Bencana alam tsunami kembali menyerang pemukiman masyarakat setempat di kota Kyoto, Jepang pada bulan Maret tahun 2011. Pusaran air yang ditimbulkan tsunami tersebut telah berhasil menyeret kapal-kapal yang akan berlabuh di pelabuhan. Kota Kyoto sebelumnya telah diperingati oleh pemerintahan setempat dikarenakan pergerekan laut yang tidak wajar dan jika bencana alam terjadi, dipastikan warga Kyoto akan terkena imbasnya karena lokasi kota tersebut yang berada di tepi laut.

    Negara-negara yang terletak di sekitar Jepang yaitu Korea Selatan dan Cina turut membantu masyarakat Kyoto dalam mengumpulkan korban jiwa dan membangun infrastruktur. Sebuah kapal yang terseret ke dalam pusaran air yang diyakini merupakan kapal milik negara Korea Selatan tersebut juga akan menindaklanjuti lebih dalam.

    Tsunami yang berhasil menggenangkan rumah-rumah warga tersebut diyakini menimbulkan kerugian keuangan daerah sekitar $50.000 atau Rp575.000.000,00. Belum dikonfirmasikan berapa banyak korban jiwa yang ditimbulkan, namun infrastruktur dari kota Kyoto sendiri diperkirakan akan secepatnya kembali seperti semula, mengingat bahwa Jepang adalah negara yang paling sering mengalami bencana tsunami.

    (Shabrina Noor Ulima XI IPS 1/19)

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  37. Lavania Nadya Irianti/XI IPS 1/12
    Tajuk Rencana
    Fakta :
    1. Terjadi pada tahun 2004
    2. Gempa dan tsunami
    3. Bangunan yang runtuh
    4. Masjid masih berdiri kokoh
    5. korban jiwa
    6. Kehilangan tempat tinggal dan harta benda
    Opini :
    1. Kehilangan anggota keluarga
    2. Kerugian yang ditinggalkan
    3. Korban meninggal yang belum ditemukan


    Gempa bumi tektonik yang besar memicu terjadinya gelombang tsunami mengguncang Aceh pada tahun 2004. Gempa ini berkekuatan 9,3 menurut skala richter yang menewaskan banyak korban jiwa. Ombak tsunami setinggi 9 meter menghantam laut utara Aceh. Puluhan gedung hancur akibat gempa utama. Sekitar 50% bangunan di Aceh runtuh akibat gelombang tsunami.

    Banyak kerugian yang ditinggalkan oleh bencana alam gempa dan tsunami ini. Banyak korban jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat terjangan ombak tsunami yang dahsyat. Ini juga menyebabkan para korban kehilangan harta benda mereka yang hanyut oleh terjangan ombak. Disisi lain banyak juga mereka kehilangan anggota keluarganya karena terserat derasnya ombak, belum lagi banyak korban jiwa yang belum ditemukan keberadaannya.

    Dalam bencana ini terjadi kejadian yang cukup aneh. Yaitu, masih berdirinya sebuah masjid yang kokoh yang juga terkena gelombang ombak tsunami. Masjid itu bernama Masjid Baiturrahim yang terletak di kota Banda Aceh. Masjid itu menjadi saksi bisu terjadinya gempa dan tsunami yang hamper meluluh lantahkan seisi kota Banda Aceh. Dan kini, masih banyak korban selamat yang memikirkan bagaimana nasib mereka setelah kejadian bencana ala ini yang telah menyapu habis segala yang mereka miliki.


    BalasHapus
  38. Nama: Anggi Wahyu R/ XI-IPS-1/ 02

    Tajuk Rencana
    Fakta:
    1. Kelurahan Balas Klumprik terjadi bencana alam
    2. Terdapat pohon yang tumbang
    3. Terdapat rumah yang tenggelam
    4. Ada barang yang mengapung
    5. Tanaman rusak
    Opini:
    1. Warga meninggal
    2. Masih dalam pencarian
    3. Barang tenggelam
    4. Rumah hancur
    5. Tidak ada bantuan

    Telah terjadi hujan yang sangat lebat dan mengakibatkan banjir di kelurahan Balas Klumprik pada malam hari. Banjir tersebut menenggalamkan banyak rumah di kelurahan tersebut. Rumah-rumah tersebut banyak yang hancur dan ada yang tenggelam oleh air banjir yang sangat tinggi. Ketinggian air tersebut diperkirakan tingginya sebesar 3 meter. Banyak pohon dan tanaman rusak dikarenakan banjir tersebut.

    Dalam pencarian tim SAR yang bertugas untuk mengevakuasi warga di kelurahan tersebut. Menurut tim SAR banyak warga kelurahan tersebut telah meninggal dunia dan ada yang warga yang masih dalam pencarian. Warga kelurahan tersebut sangat khawatir dengan keberadaan barang-barangnya yang lenyap dan keluarga para korban yang masih belum ditemukan.

    Hingga kini pemerintah belum mengirimkan bantuan dana bagi warga kelurahan yang terkena musibah banjir. Mereka menuntut ke pemerintah untuk segera diberikan bantuan bagi warga yang terkena bencana banjir itu. Untuk sementara tim SAR mendirikan tenda untuk para korban banjir hingga bantuan datang. Tidak diketahui kapan bantuan tersebut datang. Para warga hanya bisa bersabar dan berdoa hingga bantuan tersebut datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sevinna gitzbella p - xi sos1 absen 18


      Tajuk Rencana

      Fakta:

      1. Angin tornado

      2. Hari menjelang malam

      3. Cuaca saat itu berawan

      4. Tornado disertai petir yang menyambar

      5. Tornado diawali adanya gumpalan awan dan angin yang bertiup sangat kencang

      Opini:

      1. Diperkirakan kejadian ini disertai oleh hujan lebat

      2. Semua warga Las Vegas panik

      3. Kerugian dikisarkan mencapai USD 10 juta


      Kehadiran angin Tornado telah membuat semua warga di Las Vegas menjadi panik. Kejadian ini diawali ketika langit sekitar pukul 5 sore yang berawan itu mulai memperlihatkan segumpal awan tebal menyerupai pusaran angin yang terus menuju ke bawah. Hal ini disaksikan oleh beberapa penduduk yang sedang berkendara.

      Peristiwa ini pun dilanjutkan oleh turunnya hujan lebat dan halilintar yang menyambar secara membabi buta. Semua penduduk di distrik yang lumayan padat itu berlarian tak tentu arah demi menyelamatkan diri mereka sendiri. Namun ada juga yang bersembunyi di basement yang ada di masing-masing rumah mereka.

      Dari peristiwa ini kerugian diperkirakan mencapai sekitar USD 10 juta. Hal ini dikarenakan banyaknya rumah penduduk yang porak poranda akibat terjangan angin tornado tersebut. Beberapa kendaraan pribadi serta bus pun tak luput dari terjangan angin tersebut. Kejadian ini untungnya tidak memakan korban jiwa.

      Hapus
  39. Tajuk Rencana


    Angin tornado
    Terjadi di Amerika
    Berbentuk corong raksasa
    Kecepatan pusaran angin sangat tinggi
    Menimbulkan banyak kerugian


    Memberikan efek trauma
    Jumlah kerugian yang besar
    Terlihat menyeramkan


    Angin tornado, suatu bencana alam yang terjadi akibat pertemuan dua angin dengan perbedaan temperatur yang cukup mencolok. Angin tornado sering terjadi di Amerika. Angin ini membentuk seperti corong raksasa, yang semakin mengerucut di bawah. Namun meskipun mengerucut, angin ini mampu menarik apa saja yang dilewatinya. Angin ini menyebabkan banyak kerugian. Seperti perkebunan, perumahan, sekalipun barang berat dengan jumlah kerugian yang sangat besar. Dan setiap daerah yang dilewatinya, dipastikan akan hancur berantakan, hingga terlihat sama rata dengan tanah.

    Akibat lain dari tornado ini, juga banyak menelan korban. Jadi banyak orang yang kehilangan sanak saudaranya. Bukan hal yang masuk akal saat itu, untuk dapat bersembunyi dari angin ini. Angin tornado begitu besar dan berjalan sangat cepat. Kecepatan pusaran anginnya saja berkisar 175km/jam, 200km/jam dengan ketinggian 75 meter lebih. Dan tornado akan berhenti setelah berjalan jika sudah lebih dari 10 km, ini tergantung oleh situasi saat itu. Tornado ini juga sering sekali disertai petir yang menyambar, sehingga setiap ada kejadian ini, langit begitu gelap dan terlihat menyeramkan.

    Angin tornado memberikan dampak negatif yang lain, yaitu memberikan efek trauma. Tetapi warga di Amerika sudah begitu sering mengalami kejadian ini. Dan baru-baru ini mereka mempunyai cara tersendiri sebagai penyelamatan dini. Mereka membangun tempat persembunyian bawah tanah sendiri. Mereka berkumpul bersama untuk menyelamatkan jiwa masing-masing. Dan bersembunyi di bawah tanah ini sudh terbukti ampuh ntuk bersembunyi dari amukan sang angin.

    Adinda Widitya XI IPS 2/01

    BalasHapus
  40. Cindy Faradhila XI sos 2/05

    Tajuk Rencana

    Fakta:
    1. Rumah warga hancur
    2. Mobil berserakan di jalan
    3. Terdapat sebuah masjid
    4. Jalanan rusak
    5. Pohon-pohon tumbang

    Opini:
    1. Kerugian milyaran rupiah
    2. Banyak warga yang belum dievakuasi
    3. Warga selamat tinggal di masjid

    Tsunami mengguncang Aceh Darussalam pada tanggal 26 Desember 2004. Banyak korban jiwa dalam kejadian tersebut. Diperkirakan ribuan warga Aceh tewas. Sampai saat ini, tim evakuasi masih terus mencari korban. Kesulitan dialami karena korban jiwa berada di bawah reruntuhan bangunan akibat gelombang tsunami yang dahsyat. Sementara itu, anggota militer masih terus dikerahkan demi memperlancar proses pencarian.

    Kondisi Aceh saat ini berada dalam tingkatan rusak parah. Rumah-rumah warga dan fasilitas umum rusak. Pohon-pohon juga tumbang tak beraturan. Sementara itu, masih ada beberapa mobil yang berserakan di jalan tanpa diketahui pemiliknya. Namun, masih terdapat sebuah masjid yang kokoh berdiri. Para warga selamat ditemukan di dalam masjid, dan untuk sementara, masjid tersebut akan menjadi tempat pengungsian.

    Masih belum diketahui berapa kerugian dalam kejadian ini. Pemerintah masih belum mengkonfirmasi hal tersebut. Namun sampai hari ini, bantuan masih terus berjalan. Tidak hanya dari bantuan pemerintah tetapi juga bantuan luar negeri. Presiden berencana akan berkunjung besok. Hal pokok yang sangat dibutuhkan para korban saat ini adalah makanan, obat-obatan, dan pakaian.

    BalasHapus
  41. Sevinna gitzbella p - xi sos1 absen 18


    Tajuk Rencana

    Fakta:

    1. Angin tornado

    2. Hari menjelang malam

    3. Cuaca saat itu berawan

    4. Tornado disertai petir yang menyambar

    5. Tornado diawali adanya gumpalan awan dan angin yang bertiup sangat kencang

    Opini:

    1. Diperkirakan kejadian ini disertai oleh hujan lebat

    2. Semua warga Las Vegas panik

    3. Kerugian dikisarkan mencapai USD 10 juta


    Kehadiran angin Tornado telah membuat semua warga di Las Vegas menjadi panik. Kejadian ini diawali ketika langit sekitar pukul 5 sore yang berawan itu mulai memperlihatkan segumpal awan tebal menyerupai pusaran angin yang terus menuju ke bawah. Hal ini disaksikan oleh beberapa penduduk yang sedang berkendara.

    Peristiwa ini pun dilanjutkan oleh turunnya hujan lebat dan halilintar yang menyambar secara membabi buta. Semua penduduk di distrik yang lumayan padat itu berlarian tak tentu arah demi menyelamatkan diri mereka sendiri. Namun ada juga yang bersembunyi di basement yang ada di masing-masing rumah mereka.

    Dari peristiwa ini kerugian diperkirakan mencapai sekitar USD 10 juta. Hal ini dikarenakan banyaknya rumah penduduk yang porak poranda akibat terjangan angin tornado tersebut. Beberapa kendaraan pribadi serta bus pun tak luput dari terjangan angin tersebut. Kejadian ini untungnya tidak memakan korban jiwa.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Tajuk Rencana
    Fakta :
    1. Tsunami di jepang
    2. Akses jalan terputus
    3. Rumah hancur
    4. Air laut membanjiri jalan
    5. Pusaran air di laut

    Opini :
    1. Banyak korban jiwa
    2. Kerugian besar
    3. Orang –orang tidak dapat beraktifitas

    Tsunami di jepang yang terjadi pada 11 maret 2011 merupakan tsunami terbesar dalam sejarah jepang dan memakan banyak korban jiwa, hal tersebut dikarenakan gempa yang berkekuatan 9.0 SR (Skala richter) tejadi ditengah laut dan tepat di bagian lempeng benua yang berada di jepang. Gempa tersebut mebentuk sebuah pusaran air besar ditengah laut sehingga membentuk tsunami yang cukup tinggi dan mematikan untuk menghancurkan kota-kota di jepang yang berada di pesisir pantai, dimana gempa tersebut terjadi. Tim penyelamat masih menyisir kota-kota tersebut untuk mencari korban jiwa yang masih tersisa untuk di bawa ke rumah sakit yang selamat dari amukan tsunami.

    Banyak korban jiwa yang kehilangan rumah tinggal karena bencana tersebut, rumah-rumah hancur dan air laut yang membanjiri jalan sehingga para tim penyelamat kesulitan menyisir kota-kota tersebut untuk mencari korban jiwa yang masih tersisa. Kerugian yang dialami ditafsir sangat besar hingga mencapai milyaran rupiah.

    Para korban yang berhasil selamat pun hanya bisa berdiam diri di dalam posko penampungan tanpa bisa melakukan aktifitas mereka semula, hal ini dikarenakan akses jalan yang terputus sehingga orang-orang yang selamat hanya bisa berharap mendapat bantuan dari pemerintah jepang.

    M. Zulfi Afri Haykal XI IPS 1/13

    BalasHapus
  44. Intan Zuhroh Azizah
    XI IPS 2/10

    Fakta:
    1.Gempa 8,5 SR berpusat di Samudra India
    2,Lokasi gempa (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km
    3.Terjadi tanggal 24 Desember 2004
    4.Korban tewas diperkirakan 250.000 jiwa di belasan negara
    5.Bangunan roboh
    6.Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
    7.Gelombang tsunami kira kira setinggi 9 meter
    8.Infrastruktur aceh rusak

    Opini :
    1.Gempa terdasyat selama puluhan tahun terakhir
    2.Menyeret kapal ke daratan
    3.Ratusan kepala keluarga masih tinggal di penampungan

    Indonesia berduka.Pasalnya pada 24 Desember lalu gempa yang disusul pasangnya air laut yang disebut tsunami telah menyapu kawasan Aceh dan sekitarnya.Gempa berkekuatan 8.5 Skala Richter yang berpusat di Samudra India tepatnya pada 2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km di dasar laut,hal ini yang menyebabkan terjadinya tsunami setelah gempa dasyat tersebut mencapai kurang lebih 9 meter melanda,menewaskan sekitar 250.000 jiwa di belasan Negara.

    Dampak kerusakan,korban jiwa,harta benda dan kepanikan terjadi di belasan Negara.Ratusan ribu rumah warga hancur terseret arus,jalanan rusak dan tertimbun batang pohon,lumpur dan puing puing bangunan,bahkan kapal kapal besar terseret ke daratan,diperkirakan ratusan orang menghilang dan hingga saat ini belum di temukan.Hingga saat ini diperkirakan ratusan kepala keluarga masih menghuni tenda yang diberikan pemerintah,namun ada pula yang sudah berpindah ke rumah tetap yang di sediakan pemerintah. Pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan berupa tenda tenda pengungsian,makanan,pakaian,obat obatan.Aparat kepolisian hingga Tentara Angkatan Laut,Angkatan Udara dan Angkatan Darat diterjunkan dalam proses evakuasi warga paska bencana, hal ini juga dirasakan oleh beberapa Negara Asia lainnya seperti Sri Lanka, India, dan Thailand terbilang juga mengalami kerusakan parah akibat bencana ini.

    Diberitakan bantuan dan simpati berdatangan dari berbagai surat kabar di berbagai Negara.Memang bencana alam tsunami adalah bencana alam yang memerlukan waktu yang sangat lama untuk bangkit dan memperbaiki infrastruktur sekitar juga menghilangkan trauma yang di alami masyarakat terutama anak kecil.Namun pemerintah dan warga Indonesia tidak putus semangat dalam membangun kembali kota Aceh.

    BalasHapus
  45. Dania Irwina P (XI IPS 2 - 07)

    Pembetulan

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    o Gunung Berapi
    o Asap Solfatara
    o Awan Hitam
    o Gas Beracun
    o Zat Panas

    Opini :
    o Endapan yang berasal dari semua hulu sungai di dekat Gunung Merapi
    o Hampir semua penduduk tidak melakukan berbagai aktivitas di sekitar alur sungai
    o Status penetapan dari level siaga ke level awas
    o Aktivitas Gunung yang masih tinggi

    Hasil pantauan Badan Geologi Kementerian Energi dan sumber Daya Mineral, Selasa (30/11/2010) menunjukkan kegempaan Gunung Merapi mengalami penurunan dari pukul 00.00 hingga 12:00 WIB. Sebelumnya, gempa multi phase di kubah lava Merapi ini tercatat 44 kali, Senin (29/11/2010). Sedangkan, Minggu, (28/11/2010) sebanyak 40 kali. Berdasarkan pengamatan dua hari ini, gempa vulkanik dan tremor sudah tidak terjadi lagi. Diikuti awan panas yang sejak beberapa hari terakhir tidak menunjukkan ancaman.

    BMKG telah menambahkan beberapa hasil pantauan lainnya. Terlihat hanya asap solfatara berwarna putih tipis bertekanan lemah dengan ketinggian 800 meter condong ke arah barat. Meski demikian, berdasarkan analisa seismik hujan mulai terjadi di Plawangan dan Deles pada pukul 10.05 WIB sampai 11.50 WIB. Secara umum endapan lahar teramati di semua sungai yang berhulu di Puncak Gunung Merapi. Endapan ini dari arah Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, hingga Barat Laut, meliputi Kali Woro, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Sat, Lamat, Senowo, Tringsing dan Apu.

    Berdasarkan pemantauan instrumental dan visual, aktivitas Gunung Merapi masih tinggi. Ancaman bahaya langsung berasal dari erupsi Gunung Merapi berupa awan panas dan ancaman tidak langsung berupa lahar. Saat ini, Gunung Merapi masih ditetapkan pada level awas. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk semua penduduk agar tidak melakukan aktivitas di sekitar alur sungai, karena ancaman banjir lahar yang berhulu di sektor Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat dan Barat Laut Gunung Merapi yang meliputi, Kali Woro, Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Sat, Lamat, Senowo, Trising dan Kali Apu.

    BalasHapus
  46. Della Neovita Sari
    XI-IPS 1 / 07
    Tajuk rencana
    Fakta :
    1. Terbakarnya hutan
    2. Kebakaran terhebat
    3. Pohon-pohon hangus
    4. Abu hitam berserakan
    5. Kayu dan ranting berjatuhan
    Opini :
    1. Terdapat korban jiwa
    2. hewan-hewan lari ketakutan
    3. Banyak hewan yang kehilangan tempat tinggal
    4. Merugikan masyarakat sekitar
    5. Hewan-hewan turun kerumah-rumah warga
    6. Ramai di perbincangkan

    Amerika, 8 oktober 1987 di kota Peshtigo telah terjadi bencana kebakaran hutan terhebat di sepanjang tahun yang pernah terjadi. Kebakaran hutan yang terjadi mengakibatkan pohon-pohon yang berada di hutan tersebut tumbang dan hangus terbakar sehingga banyak abu hitam yang berserakan di tanah hutan itu. Diperkirakan akibat bencana alam yang telah terjadi di kota Peshtigo, telah memakan banyak korban jiwa dan beberapa orang yang lain luka-luka, di sebabkan oleh kobaran api salah satu hutan di negara Amerika.

    Kebakaran hutan yang terjadi, dikabarkan telah merugikan masyarakat sekitar hutan di kota Peshtigo, Amerika, telah ramai diperbincangkan oleh beberapa negara, media massa, dan warga penduduk di Amerika khususnya di kota Peshtigo tempat bencana alam itu terjadi. Semakin larut api pun semakin membesar hingga hewan-hewan yang berada di dalam hutan lari ketakutan dan akhirnya yang menjadi sasaran adalah rumah-rumah warga yang berada di sekitar hutan yang terbakar.

    Menurut informasi yang terdengar, ternyata dengan adanya bencana alam kebakaran hutan di kota Peshtigo telah mengacaukan keadaan semua warga sekitar hutan, yaitu akibat terbakarnya hutan hewan-hewan menjadi kehilangan tempat tinggalnya dan sehingga mereka turun dari hutan menuju ke pemukiman warga sekitar. Selain hewan dan warga sekitar yag merasa di rugikan atas terjadinya bencana alam tersebut jugga halnya tanah sudah hitam hangus terkena au hitam akibat kebakaran, pohon dan tanaman semakin habis, ranting mulai rapuh dan berjatuhan hingga membahayakan nyawa seseorang yang sedang berada di hutan, dan asap kebakaran hutan tersebut juga berakibat buruk terhadap polusi udara.

    BalasHapus
  47. Mona dia danarti m.p ( XI IPS 1-24)

    Tajuk Rencana
    Fakta:
    1. Bencana tsunami di aceh 26 desember 2004
    2. Banyak rumah hancur
    3. Banyak penduduk yang meninggal
    4. Kapal terseret hingga kedaratan
    5. Banjir akibat tsunami
    Opini:
    1. Sebagian masyarakat sempat mengungsi
    2. Gempa bumi tektonik berkekuatan 8,5 SR berpusat di Samudra India
    3. Korban meninggal di perkirakan 105.262 jiwa


    Pada tanggal 26 desember 2004 Gempa bumi tektonik berkekuatan 8,5 SR berpusat di Samudra India (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km (di laut berjarak sekitar 149 km selatan kota Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam). Gempa itu disertai gelombang pasang (Tsunami) yang menyapu beberapa wilayah lepas pantai di Indonesia (Aceh dan Sumatera Utara). Di perkirakan sebelum terjadi bencana tidak semua warga mengungsi.

    Di perkirakan korban meninggal mencapai 105.262jiwa. akibat kejadian ini banyak rumah warga yang hancur akibat terkena terjangan air yang cukup tinggi dan keras ,dan di beberapa titik daerah terlihat kapal yang terseret hingga daratan . dan tidak dapat di hindari akibat kejadian ini juga terjadi banjir di beberapa titik daerah yang paling parah terkena terjangan air.



    BalasHapus
  48. nitya puspita sari12 Januari 2014 02.58


    Gunung meletus
    Fakta :
    - Di Yogyakarta oktober 2010
    - Gunung api masih aktif
    - Menyemburkan lahar panas
    - Lahar panas jatuh melalui lereng gunung
    - Sekitar lereng gunung tidak ada orang

    Opini :
    - Terjadi sore hari
    - Menyebabkan kerusakan rumah penduduk
    - Warga sudah di evakuasi
    - Lahan menjadi subur
    - Menjadi obyek wisata




    Oktober 2010 telah terjadi bencana alam yang melanda kota Yogyakarta. Gunung api yang masih aktif di Yogyakarta menyemburkan lahar panasnya kemarin sore. Lahar panas dari gunung api tersebut jatuh melalui lereng gunung yang mengakibatkan kerusakan rumah penduduk. Untungnya saat kejadian tidak ada orang di sekitar gunung, yang sedang beraktifitas. kemungkinan warga sekitar lereng gunung api sudah di evakuasi terlebih dahulu.

    Setelah bencana melanda salah satu desa di wilayah tersebut,warga yang sudah di evakuasi kembali ke rumah mereka masing-masing. Untuk kembali beraktifitas seperti biasa. Walaupun menyebabkan kerusakan yang parah lahan pertanian yang dimiliki penduduk sekitar menjadi subur akibat abu vulkanik yang keluar dari gunung berapi tersebut.

    Warga mulai bergotong royong untuk memperbaiki kerusakan di desa mereka. Pemerintah pun juga turun tangan memberi bantuan pada warga. Letusan gunung berapi tersebut membuat wilayah di bawah lereng gunung berapi menjadi kunjungan warga lokal. Karena banyaknya masyarakat yang ingin melihat hasil letusan tersebut maka warga sekitar menjadikannya sebagai obyek wisata.

    Nitya puspita sari XI-IPS1/15

    BalasHapus
  49. Fakta: 1. Gunung Krakatau meletus
    2. Terjadi pada tanggal 20 mei 1883
    3. Ketinggian asap mencapai 11 km di udara
    4. Mengakibatkan Tsunami
    5. Terjadi Gempa
    6. Hujan abu sampai Jawa

    Opini: 1. Menimbulkan banyak korban jiwa
    2. Menyapu bersih 165 desa
    3. Banyak tumbuhan dan hewan yang mati


    Telah terjadi bencana alam di wilayah Indonesia. Gunung yang berada di selat sunda ini, pada tanggal 20 mei 1883 meletus. Gunung krakatau tersebut meletus dan menimbulkan banyak korban jiwa yang mencapai 10.563 korban jiwa. Krakatau tersebut diperkirakan meletus pada pukul 13.20.


    Orang-orang kini mengungsi pada posko keamanan karena akan ada gempa susulan. Ketinggian asap gunung tesebut mencapai 11 km di udara, dan hujan abunya sampai terasa di jawa. “Gunung cepat atau lambat akan meletus kembali, diharap para warga yang masih di desa atau disekitar gunung segera mengungsi ke posko kemanan” kata pakar tersebut.


    Gunung meletus itu mengakibat kan gempa dan tsunami yang menyapu habis 165 desa di sekitar gunung tersebut. Orang orang terpaksa harus mengungsi karena rumah nya sama sekali tidak bisa dipakai dan tertutup oleh hujan abu. Selain itu rumah rumah mereka hancur berantakan. Hujan abu tersebut terasa sampai dijawa, genting rumah warga jawa hampir terpenuhi oleh abu akibat gunung meletus tersebut.

    Trio Ramadhani XI IPS 1 / 22

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikelmu tak memenuhi ketentuan penulisan, khususnya sajian paragraf tidak memenuhi paragraf normal. Jadi anda dinyatakan BELUM LULUS, Harap mencoba lagi, SELAMAT MENCOBA KEMBALI, dengan membenahi pekerjaan yang belum sempurna !

      Hapus
  50. Rienata Durrotus Sania / XI IPS 2 / 20

    Tajuk Rencana
    Fakta :
     Gunung Tangkuban Perahu meletus
     Gunung meletus sebanyak 8 kali
     Letusan berupa abu
     Radius 1,5 kilometer dari kawah disterilkan
     Tempat rekreasi ditutup
    Opini :
     Bencana menyebabkan kerugian bagi penduduk
     Penduduk dilarang mendekati kawah
     Penduduk menjadi resah
     Pemerintah mulai bertindak

    Indonesia kembali diguncang bencana. Gunung Tangkuban Parahu di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat meletus delapan kali dari Sabtu 5 oktober 2013. Terakhir letusan terjadi pada Selasa dini hari pukul 03.15 WIB. Letusan berupa kepulan abu, namun masih jatuh di atas kawah. Gunung Tangkuban Parahu meningkat statusnya dari normal menjadi waspada. Gunung berapi ini menunjukkan aktivitas vulkanik. Pihak berwenang meminta warga dilarang mendekat lokasi dari pusat kawah.

    Tempat rekreasi ditutup sementara karena pertimbangan faktor keamanan. sekitar pukul 06.21 WIB terjadi aktivitas vulkanik di Tangkuban Parahu. Sebelumnya tidak ada gejolak. Tapi tiba-tiba Gunung Tangkuban Perahu memuntahkan letupan. Letupan itu berlangsung selama sepuluh menit. Gunung berapi aktif yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, itu diketahui ‘batuk-batuk’. Status Tangkuban Parahu semula normal meningkat menjadi waspada. Pihak kepolisian sudah mengirimkan satu pleton mereka langsung ke lokasi. Jadi suasana disekitar kawah menjadi sedikit aman.

    Bencana seperti ini pasti akan membawa dampak bagi warga sekitarnya. Walaupun kerusakan yang diakibatkan dari bencana ini tidak terlalu besar namun warga dipastikan mendapatkan kerugian dari kejadian ini. Meletusnya Gunung Tangkuban Perahu ini mengakibatkan penduduk setempat tidak dapat bekerja dan melakukan aktivitasnya seperti biasa dan akan mulai kembali seperti biasa lagi jika aktivitas Gunung sudah mulai aman.




    BalasHapus
  51. Pekerjaan anda tepat waktu dan memenuhi syarat penyusunan teks.Kekurangn di sana sini yang tak perlu terjadi wajar untuk dimaklumi, tepatnya anda kurang selektif dalam teknik editing, sehingga salah ejaan/penerapan fungsi kata terjadi pada proses penyusunan teks.Posting anda cukup mantap, terbukti selain memenuhi ketentuan penulisan teks juga dalam komposisi posting yang tepat.SELAMAT ANDA LULUS!

    BalasHapus
  52. HASIL UH/KD 7D SETELAH DIPERIKSA
    KLS.S.1 adalah :
    No/Nilai=1/90, 2/75, 3/90, 4/98, 5/75, 6/90, 7/90, 8/0, 9/95, 10/98, 11/98, 12/75
    13/75, 14/0, 15/75, 16/90, 17/0, 18/95(Ravi) 75(Sevina), 19/75, 20/90
    21/0, 22/75, 23/0, 224/75 Catatan: Yang mendapat 75 dapat diperbaiki agar nilai dapat bertambah baik, YANG BELUM POSTING NILAI NOL(0) setelah hasil diumumkan maka poting tak diterima!
    Kelas S.2:
    1/95, 2/75, 3/90, 4/90, 5/75, 6/0, 7/90, 8/90, 9/95, 10/75, 11/75, 12/0, 13/75
    14/0, 15/0, 16/90, 17/85, 18/0, 19/0, 20/90, 21/0, 22/75, 23/90, 24/95
    TERIMA KASIH ATAS ATENSI KALIAN, SELAMAT BAGI YANG SUDAH TUNTAS/LULUS!

    BalasHapus
  53. Muhammad Faruq Qois / XI IPS 2 / 14

    Tajuk Rencana
    Fakta:
    - Gempa di Yogyakarta
    - Terjadi pada tanggal 27 Mei 2006
    - Skala 5,9 skala richter
    - Adanya gempa susulan
    - 5.700 korban jiwa
    - Hilangnya tempat tinggal dan harta benda

    Opini:
    - Berpisahnya keluarga
    - Listrik terputus
    - Tidak terjadi tsunami

    Hari Sabtu, tanggal 27 Mei 2006 pukul 05.53 WIB, gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Ritcher mengguncang sisi selatan pulau Jawa. Gempa tersebut diketahui berpusat di Samudra Hindia, sekitar 33 kilometer sebelah selatan Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Gempa yang berlangsung selama kurang lebih 52 detik ini disusul dengan beberapa gempa susulan dengan skala lebih kecil dari gempa utama, meski demikian gempa susulan dengan skala 5 ke atas juga masih tercatat.

    Dalam hal korban jiwa, gempa pagi hari yang "membangunkan" warga Yogyakarta dan sekitarnya itu menewaskan lebih dari 5.700 orang, melukai puluhan ribu orang dan menghancurkan ratusan ribu rumah. Karena masih tergolong pagi hari, gempa ini membuat banyak orang terperangkap di dalam rumah khususnya anak-anak dan orang tua. Tak heran jika mayoritas korban merupakan orang yang berusia lanjut dan anak-anak yang kemungkinan tidak sempat menyelamatkan diri ketika gempa belangsung.

    Secara umum posisi gempa berada sekitar 25 km selatan-barat daya Yogyakarta, 115 km selatan Semarang, 145 km selatan-tenggara Pekalongan dan 440 km timur-tenggara Jakarta. Walaupun hiposenter gempa berada di laut, tetapi tidak mengakibatkan tsunami. Gempa juga dapat dirasakan di Solo, Semarang, Purworejo, Kebumen dan Banyumas. Getaran juga sempat dirasakan sejumlah kota di provinsi Jawa Timur seperti Ngawi, Madiun, Kediri, Trenggalek, Magetan, Pacitan, Blitar dan Surabaya.

    BalasHapus

  54. muhammad mahrus khairuddin XI SOS 2 /15

    Tajuk Rencana
    Fakta :
    - Gunung sinabung kembali meletus
    - Letusan gunung mengeluarkan abu vulkanik,
    - Warga di kaki gunung ditarik ke posko pengungsian bencana alam
    - Abu vulkanik memiliki radius 10 km
    - Bantuan dari pemerintah belum datang
    Opini
    - Sejumlah warga terserang wabah penyakit
    - Kerugian ditaksir mencapai 7 miliar
    - Sejumlah masker banyak dijual di jalanan untuk menghindari abu vulkanik

    Gunung sinabung kembali meletus pada 11/12/13 pukul 12:34 kemarin , letusan gunung terdengar berkali kali menyemburkan abu vulkanik yang mempunyai radius 10 kilometer , jarak pandang hanya 5 meter . banyak warga yang memanfaatkan momen momen ini untuk meraup rupiah dengan berjualan masker , warga di kaki gunung di evakuasi oleh tim SAR di posko pengungsian bencana alam.
    Sementara itu di posko pengungsian , bantuan dari pemerintah terlambat datang, sehingga beberapa warga terjangkit wabah penyakit . kebutuhan air bersih warga semakin meningkat terlihat beberapa kali wedus gembel keluar dari mulut gunung, sejumlah rumah warga rusak berat terkena wedus gembel tidak ada korban jiwa pada bencana ini, namun kerugian ditaksir mencapai 7 miliar ,

    BalasHapus
  55. Tajuk Rencana
    Fakta:
    1. Tsunami.
    2. Mengenai pemukiman.
    3. Rumah menggenang.
    4. Timbul pusaran air.
    5. Kapal terseret menuju pusaran air.
    Opini:
    1. Menimbulkan kerugian finansial negara.
    2. Menimbulkan korban jiwa.
    3. Lokasi laut tidak jauh dari pemukiman.
    Bencana alam tsunami kembali menyerang pemukiman masyarakat setempat di kota Kyoto, Jepang pada bulan Maret tahun 2011. Pusaran air yang ditimbulkan tsunami tersebut telah berhasil menyeret kapal-kapal yang akan berlabuh di pelabuhan. Kota Kyoto sebelumnya telah diperingati oleh pemerintahan setempat dikarenakan pergerekan laut yang tidak wajar dan jika bencana alam terjadi, dipastikan warga Kyoto akan terkena imbasnya karena lokasi kota tersebut yang berada di tepi laut. Ditinjau akan minimnya informasi yang diterima masyarakat Kyoto yang meragukan perihal bencana alam yang akan datang tersebut, sebagian besar masyarakat memilih untuk tetap tinggal di kediaman masing-masing. Usaha pemerintah untuk mengevakuasi masyarakat pun sia-sia.
    Negara-negara yang terletak di sekitar Jepang yaitu Korea Selatan dan Cina turut membantu masyarakat Kyoto dalam mengumpulkan korban jiwa dan membangun infrastruktur. Sebuah kapal yang terseret ke dalam pusaran air yang diyakini merupakan kapal milik negara Korea Selatan tersebut juga akan ditindaklanjuti lebih dalam. Menurut informasi yang telah disebarkan oleh pemerintah daerah Kyoto, korban-korban yang ditemukan tewas telah dievakuasikan ke rumah sakit milik pemerintah untuk diotopsi. Sedangkan korban-korban yang ditemukan luka-luka juga telah dievakuasikan ke rumah sakit milik pemerintah untuk diobati.
    Meski telah ditemukan sejumlah korban, pihak pemerintah maupun sukarelawan belum dapat menentukan dengan pasti berapa jumlah korban sebenarnya. Hal ini dikarenakan jumlah korban yang selalu meningkat seiring waktu pencarian dilakukan. Shi Shuuei selaku walikota kota Kyoto menyatakan bahwa pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengevakuasi korban serta membangun infrastruktur kembali demi kesejahteraan masyarakat.
    Tsunami yang berhasil menggenangkan rumah-rumah warga tersebut diyakini menimbulkan kerugian keuangan daerah sekitar $50.000 atau Rp575.000.000,00. Belum dikonfirmasikan berapa banyak korban jiwa yang ditimbulkan, namun infrastruktur dari kota Kyoto sendiri diperkirakan akan secepatnya kembali seperti semula, mengingat bahwa Jepang adalah negara yang paling sering mengalami bencana tsunami.

    Shabrina Noor Ulima (XI IPS 1/19)

    BalasHapus
  56. Tajuk Rencana

    Fakta:
    1. Tsunami.
    2. Mengenai pemukiman.
    3. Rumah menggenang.
    4. Timbul pusaran air.
    5. Kapal terseret menuju pusaran air.

    Opini:
    1. Menimbulkan kerugian finansial negara.
    2. Menimbulkan korban jiwa.
    3. Lokasi laut tidak jauh dari pemukiman.

    Bencana alam tsunami kembali menyerang pemukiman masyarakat setempat di kota Kyoto, Jepang pada bulan Maret tahun 2011. Pusaran air yang ditimbulkan tsunami tersebut telah berhasil menyeret kapal-kapal yang akan berlabuh di pelabuhan. Kota Kyoto sebelumnya telah diperingati oleh pemerintahan setempat dikarenakan pergerekan laut yang tidak wajar dan jika bencana alam terjadi, dipastikan warga Kyoto akan terkena imbasnya karena lokasi kota tersebut yang berada di tepi laut. Ditinjau akan minimnya informasi yang diterima masyarakat Kyoto yang meragukan perihal bencana alam yang akan datang tersebut, sebagian besar masyarakat memilih untuk tetap tinggal di kediaman masing-masing. Usaha pemerintah untuk mengevakuasi masyarakat pun sia-sia.

    Negara-negara yang terletak di sekitar Jepang yaitu Korea Selatan dan Cina turut membantu masyarakat Kyoto dalam mengumpulkan korban jiwa dan membangun infrastruktur. Sebuah kapal yang terseret ke dalam pusaran air yang diyakini merupakan kapal milik negara Korea Selatan tersebut juga akan ditindaklanjuti lebih dalam. Menurut informasi yang telah disebarkan oleh pemerintah daerah Kyoto, korban-korban yang ditemukan tewas telah dievakuasikan ke rumah sakit milik pemerintah untuk diotopsi. Sedangkan korban-korban yang ditemukan luka-luka juga telah dievakuasikan ke rumah sakit milik pemerintah untuk diobati.

    Meski telah ditemukan sejumlah korban, pihak pemerintah maupun sukarelawan belum dapat menentukan dengan pasti berapa jumlah korban sebenarnya. Hal ini dikarenakan jumlah korban yang selalu meningkat seiring waktu pencarian dilakukan. Shi Shuuei selaku walikota kota Kyoto menyatakan bahwa pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengevakuasi korban serta membangun infrastruktur kembali demi kesejahteraan masyarakat.

    Tsunami yang berhasil menggenangkan rumah-rumah warga tersebut diyakini menimbulkan kerugian keuangan daerah sekitar $50.000 atau Rp575.000.000,00. Belum dikonfirmasikan berapa banyak korban jiwa yang ditimbulkan, namun infrastruktur dari kota Kyoto sendiri diperkirakan akan secepatnya kembali seperti semula, mengingat bahwa Jepang adalah negara yang paling sering mengalami bencana tsunami.

    Shabrina Noor Ulima (XI IPS 1/19)

    BalasHapus
  57. citra agustine
    XI-ips 2 / 06

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. Banyak pohon habis dilahap si jago merah.
    2. Banyak mahluk hidup di hutan mati.
    3. Timbul korban jiwa.
    4. Timbul polusi udara.
    5. Terjadi karena ulah manusia dan alami.

    Opini :
    1. Manusia membuang putung rokok secara sembarangan.
    2. Manusia sengaja membakar hutan demi kepentingan pribadi.
    3. Manusia membakar sampah disaat musim kemarau.
    4. Hutan sebagai paru-paru manusia.

    Kebakaran Hutan

    Hutan merupakan paru-paru manusia,akan tetapi kebakaran terhadap hutan menyebabkan paru-paru itu tidak berguna lagi.Bagaimana tidak?Kebakaran dapat menyebabkan flora dan fauna di dalamnya punah,itu artinya kita tidak bisa bernafas dengan lega karena sumber oksigen yang kita dapat dari pohon-pohon di hutan kini telah hangus terbakar dan hutan tidak bisa lagi melindungi fauna yang ada di dalamnya karena hutan sudah hangus.Penyebab kebakaran hutan di antaranya adalah manusia membuang putung rokok secara sembarangan, manusia sengaja membakar hutan untuk membuka lahan,dan lupa mematikan api unggun disaat berkemah.Selain karena faktor manusia,faktor alam pun juga menjadi penyebab terjadinya kebakaran,misal adanya petir disaat musim hujan terjadi.Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan.

    Kebakaran hutan jika dibiarkan terus-menerus akan merugikan masyarakat di sekitarnya.Bagaimana tidak?Kebakaran hutan dapat menyebabkan pencemaran udara yang bisa mengakibatkan masyarakat menderita penyakit dan dapat menimbulkan kematian.Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan,misalnya memberikan sanksi terhadap masyarakat yang sengaja atau tidak sengaja membakar pohon-pohon di hutan.Akan tetapi,masyarakat tidak peduli dengan sanksi itu,bahkan seolah-olah mereka menganggap sanksi itu sebagai mainan belaka.

    Jika hal ini dibiarkan terus-menerus terjadi tanpa adanya partisipasi dari masyarakat,maka akan semakin banyak korban jiwa,flora,dan fauna yang mati.Dalam hal ini,pemerintah harus bertindak tegas terhadap orang-orang yang melakukan itu,karena bukan hanya merugikan masyarakat,melainkan juga merugikan negara.Kondisi negara dapat mempengaruhi kesuksesan negara tersebut.Jika hutan di dalam negara itu habis terbakar,maka negara tersebut tidak akan lagi mengalami kesuksesan tetapi akan mengalami kemunduran secara drastis.Selain mempengaruhi kesuksesan juga dapat mempengaruhi banyaknya minat manca negara untuk datang dan berkunjung ke negara itu untuk melihat keindahan dak keunikan setiap wisata yang ada di negara itu.

    BalasHapus
  58. Nur Fitriasari
    XI-ips 2/18

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. Runtuhnya pepohonan .
    2. Rumah roboh.
    3. Timbul korban jiwa.
    4. Jalan yang bagus menjadi retak.
    5. Hilangnya flora dan fauna.

    Opini :

    1. Terjadi karena pergeseran lempeng bumi.
    2. Terjadi karena tidak ada kepedulian oleh masyarakat.
    3. Banyaknya korban jiwa.

    Gempa Bumi

    Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat peepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Gempa bumi terjadi akibat aktifitas tektonik yang dapat menyebabkan runtuhnya pepohonan di jalan-jalan dan banyak rumah warga yang roboh. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan akibat gempa bumi misalnya, kekuatan gempa bumi ,kedalaman gempa bumi , lama getaran bumi , kondisi tanah setempat , kondisi bangunan.

    Gempa bumi memiliki kekuatan yang bervariasi,yakni gempa yang berkekuatan rendah,sedang dan tinggi.Apabila gempa bumi berkekuatan sedang dan tinggi terjadi didekat daratan maka akan menimbulkan kerusakan yang hebat. Contoh : jalan raya terputus seluruh bangunan terbelah. Jika gempa bumi terjadi yang bisa kita lakukan adalah berlindung di bawah meja , menyelamatkan barang- barang yang sekiranya berharga . jika terjadi gempa bumi terus menerus maka kita harus pergi dan menjahui tempat tersebut karena setelah gempa pertama pasti akan ada gempa ke dua yang kekuatannya pasti akan sangat dahsyat.

    Gempa bumi sangat merugikan masyarakat. Gempa bumi telah menyebabkan masyarakat harus kehilangan keluarga dan hartanya. Gempa bumi membuat flora dan fauna mati. Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi gempa bumi seperti halnya di Jepang. Salah satunya membuat tembok setinggi 9m, membuat rumah berbentuk dome untuk mencegah kerusakan akibat gempa.

    BalasHapus
  59. Rifan Dwi Saputra
    XI IPS 2 / 21

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. Mobil hanyut oleh air
    2. Rumah tersapu oleh air
    3. Jembatan penghubung antar pulau hancur
    4. Pembatas laut dan daratan hancur
    5. Listrik semua padam

    Opini :
    1. Ribuan orang meninggal
    2. Ratusan rumah rusak parah
    3. Puluhan gedung negara rusak parah
    4. Harta benda warga hilang
    5. Warga resah
    6. Banyak warga kehilangan pekerjaan
    7. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah
    8. Tim SAR kesusahan mengevakuasi



    Tsunami terjadi beberapa hari yang lalu.Peristiwa ini sangat meresahkan warga.Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena tempat bekerja mereka rusak parah.Karena salah satu dampak kejadian alam ini beberapa rumah warga rusak parah.Rumah-rumah warga pun tak satupun berdirinkokoh.

    Hari saat terjadi kejadian alam itu awan sangat gelap.Disusul oleh gempa yang cukup dahsyat.Tampak warga yang berlarian kesana-sini.Peristiwa ini berawal dari gempa yang membuat warga berlarian mencari tempat aman.Tanpa diduga,tsunami datang dan meghantam semuanya.Tidak hanya rumah yang terhantam oleh tsunami tetapi juga ribuan nyawa.

    Kedatangan tim SAR cukup membantu warga untuk mengevakuasi para warga.Beberapa warga tertibun runtuhan bangunan rumah.Beberapa warga juga banyak yang terseret jauh oleh ombak besar itu.Kerugian mencapai hingga ratusan juta rupiah.Kerusakan rumah dan gedung-gedung negara ini masih sedikit mendapat respon dari pemerintah.



    BalasHapus
  60. Kevin Muhammad
    XI IPS 2 / 12

    Tajuk Rencana

    Fakta :
    1. Banyak korban jiwa.
    2. Kehilangan harta benda.
    3. Banyak rumah terendam.
    4. Banyaknya penyakit.
    5. Banyaknya sampah.

    Opini :
    1. Diakibatkan oleh volume air.
    2. Air sungai meluap.
    3. Masyarakat mengungsi

    Banjir

    Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air.seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.Banjir terjadi akibat ulah manusia membuang sampah secara sembarangan.Sampah-sampah itu dibuang ke sungai terus-menerus tanpa henti.Pada saat banjir,air sungai meluap dan luapan itu menghasilkan sampah yang dibuang ke sungai tadi.

    Banjir dapat menyebabkan banyak masyarakat harus kehilangan rumahnya karena terendam oleh banjir.Tidak hanya rumah,tetapi sanak keluarga pun juga akan hilang akibat terhanyut oleh banjir.Banyak cara yang dapat dilakukan agar banjir tidak terus-menerus terjadi.Salah satunya adalah tidak membuang sampah secara sembarangan di sungai atau di jalan-jalan.Banjir sangat merugikan masyarakat.

    Sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan hidup dan sekitarnya,kita harus bersimpati terhadap lingkungan itu.Caranya kita harus merawat,menjaga,dan melestarikan lingkungan itu dengan baik dan benar.Jika terus-menerus terjadi banjir maka daerah tersebut akan terendam dan banyak penduduk yang hilang karena banjir.Banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap banjir,jika kita peduli dengan sekitar kita.Tapi,tanpa kepeduliaan dan partisipasi lingkungan tidak akan terjaga dengan baik.

    BalasHapus
  61. Cindy Faradhila XI sos 2/05

    Tajuk Rencana

    Fakta:

    1. Banjir setinggi 3 meter
    2. Rumah dan fasilitas terendam
    3. Langit masih mendung
    4. Seorang warga ada di atas atap
    5. Perahu karet melintas

    Opini:

    1. Bantuan belum cukup
    2. Muncul wabah penyakit
    3. Harta benda hilang

    Walaupun sudah memiliki taman vertikal dan horizontal, Jakarta masih dilanda banjir. Sampai hari ini, Jakarta sudah terendam sampai 3 meter sehingga menutupi rumah-rumah warga. Begitu pula dengan fasilitas umum yang menjadi tidak berfungsi akibat adanya bencana ini. Jakarta menjadi lebih macet karena air juga ikut menggenang jalan raya. Beberapa sekolah diliburkan. Namun, kantor pemerintahan masih tetap beraktivitas seperti biasa. Diperkirakan, penyebab dari kejadian ini adalah meluapnya sungai-sungai besar di Jakarta, pembenahan tanggul yang belum selesai, dan kiriman air bah dari Bogor, Jawa Barat.

    Sampai hari ini, warga masih berada di pengungsian. Tepatnya di GOR Jakarta Selatan. Kondisi para warga memburuk akibat mulai mewabahnya penyakit-penyakit yang biasa ditimbulkan oleh banjir. Mayoritas korban banjir mengalami muntaber, diare, dan beberapa terjangkit malaria. Sementara itu, bala bantuan dari pemerintah masih terus disalurkan walaupun masih sangat jauh dari kata mencukupi kebutuhan para korban. Perahu karet disiapkan untuk menyelamatkan para warga yang masih berada di rumah mereka yang terkena banjir.

    Pemerintah masih belum mengungkapkan berapa kerugian yang dialami para korban. Namun, dilihat dari ketidak siapan akan datangnya bencana banjir ini. Banyak harta benda warga yang belum sempat diselamatkan. Gubernur Jakarta, Jokowi mulai terlihat mengunjungi para korban di tempat pengungsian. Beliau mengatakan semoga bencana ini bisa cepat teratasi. Menurut ramalan cuaca, Jakarta akan masih diguyur hujan selama beberapahari kedepan. Hal itu dilihat dari kondisi langit yang hampir selalu mendung setiap hari.

    BalasHapus
  62. Intan Zuhroh Azizah
    XI IPS 2/10
    Tajuk Rencana [Pembetulan]

    Fakta:
    1.Gempa 8,5 SR berpusat di Samudra India
    2,Lokasi gempa (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km
    3.Terjadi tanggal 24 Desember 2004
    4.Korban tewas diperkirakan 250.000 jiwa di belasan negara
    5.Gelombang tsunami kira kira setinggi 9 meter
    Opini :
    1.Gempa terdasyat selama puluhan tahun terakhir
    2.Menyeret kapal ke daratan
    3.Ratusan kepala keluarga masih tinggal di penampungan

    Indonesia berduka.Pasalnya pada 24 Desember lalu,gempa yang disusul pasangnya air laut yang disebut tsunami,telah menyapu kawasan Aceh dan sekitarnya.Gempa berkekuatan 8.5 Skala Richter yang berpusat di Samudra India tepatnya pada 2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km di dasar laut.Tsunami setinggi 9 meter ini menewaskan sekitar 250.000 jiwa di belasan Negara.

    Dampak kerusakan,korban jiwa,harta benda dan kepanikan terjadi di belasan Negara.Ratusan ribu rumah warga hancur terseret arus,jalanan rusak dan tertimbun batang pohon,lumpur dan puing puing bangunan,bahkan kapal kapal besar terseret ke daratan.Diperkirakan ratusan orang menghilang dan hingga saat ini belum di temukan .Ratusan kepala keluarga masih menghuni tenda yang diberikan pemerintah,namun ada pula yang sudah berpindah ke rumah tetap yang di sediakan pemerintah.Aparat kepolisian hingga Tentara Angkatan Laut,Angkatan Udara dan Angkatan Darat diterjunkan dalam proses evakuasi warga paska bencana.Gempa yang disusul dengan tsunami ini juga dirasakan oleh beberapa Negara Asia lainnya seperti Sri Lanka, India, dan Thailand.

    Bantuan dan simpati berdatangan dari berbagai surat kabar di berbagai Negara.Memang bencana alam tsunami adalah bencana alam yang memerlukan waktu yang sangat lama untuk bangkit dan memperbaiki infrastruktur sekitar.Namun pemerintah dan warga Indonesia tidak putus semangat dan terus membangun kembali kota Aceh.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Salma Putri Kurniawati
    XI IPS 2 / 22

    TAJUK RENCANA

    fakta :
    1. Bangunan tinggi
    2. Terdapat pohon
    3. Mobil hanyut
    4. Jalan tertutup air
    5. Air banjir berwarna coklat

    opini :
    1. Banyak fasilitas umum rusak
    2. Banyak orang yang hanyut dan meninggal
    3. Lalu lintas terhambat
    4. Bengkel mobil laris
    5. Kantor – kantor tidak beraktifitas seperti biasa

    Bencana alam banjir di Jakarta seperti tidak asing lagi di telinga kita, Tetapi pada tahun ini Jakarta benar-benar tertutup oleh air. Jakarta sudah seperti lautan, air dimana-mana. Warna air pun berwarna coklat. kantor- kantor tidak beraktifitas seperti biasa karena jalan-jalan digenangi oleh air. Terdapat pohon yang tumbang dan hanyut sehingga makin memperburuk jalanan Jakarta.

    Dan makin buruknya banyak mobil dan motor yang ikut hanyut dan tenggelam. Ini berdampak pada lalu lintas yang terhambat. Banjir ini sudah sangat merugikan karena banyak fasilitas umum yang rusak dan tidak berfungsinya kehidupan normal seperti biasanya akibat sapuan banjir kiriman dari daratan yang lebih tinggi. Tetapi ini juga berdampak positif bagi yang memiliki bengkel mobil dan motor karena banyaknya kendaraan pribadi mereka yang rusak akibat banjir.

    Salah satu wilayah yang terendam banjir adalah bundaran HI. Banjir yang dibawa ini merupakan kiriman dari daerah yang lebih tinggi sekitar Jakarta. Banyak penyebab dari banjir Jakarta ini salah satunya adalah hujan yang terus menerus dan tidak adanya daerah resapan air namun tidak hanya itu saja ulah manusia juga yang menjadi faktor pendukung banjir ini yaitu membuang sampah sembarangan seperti sungai da selokan. Akibatnya membuat saluran air tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

    BalasHapus