Powered By Blogger

Selasa, 24 Mei 2011

SIAP UAS XI 2011 LANJUTAN PAKET C 12

1. 

39.       Bacalah petikan cerita berikut.
"Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Pengisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukundukun yang mengilui luka sunatan anakanak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu,

kekikiranmu, angkuhmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu."
                 Sumber: Panggilan Rasul, Hamzah Rangka
Pendeskripsian watak tokoh "aku" yang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut melalui ....
a.       penguraian watak tokoh
b.      tanggapan tokoh lain
c.       dialog antartokoh
d.      lingkungan tokoh
e.      pikiran tokoh

2 komentar:

  1. Nama: Raichanah Yasmin
    kelas/absen:11 ipa 2/ 26

    e. pikiran tokoh

    alasan: "Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak."
    dari kalimat trsebut menandakan sesuatu tentang pikiran seseorang.

    BalasHapus
  2. yessilian novita maharani
    xi ips 1 / 28

    soal no 39
    jawaban : e. pemikiran tokoh
    alasan : karena itu dari omongannya sendiri jadi pastinya itu dari pemkirannya.

    BalasHapus