Powered By Blogger

Selasa, 17 Mei 2011

LANJUTAN TES STANDAR 3 KE-2

41. Membaca cerita pendek selain menemukan pelaku cerita  (tokoh), latar cerita (setting) juga
      menemukan watak pelaku-pelakunya. Untuk mengenali watak pelaku sebuah cerita pendek
      hal berikut ini adalah cara yang dapat ditempuh seorang  pembaca  cerpen. Manakah  yang
      bukan tindakan pembaca untuk mengenali watak pelaku cerpen...
      a. mengenali dialog pelaku utama
      b. mengenali tingkah laku atau perbuatan pelaku utama
      c. mengenali latar kehidupan pelaku utama
      d. mengenali lawan dialog para tokoh utama
      e. mengenali jumlah peran pembantu atau tokoh pelengkapnya

42. Sebuah cerita pendek dapat dikelompokkan dalam deretan cerita pendek yang berbobot
      (bernilai sastra tinggi) berdasarkan hal berikut ini. Manakah yang bukan dasar penilaian untuk
      menentukan berbobot atau tidaknya sebuah cerpen...?
      a. pilihan tema cerita pendek
      b. penggunaan bahasa cerpen sebagai bahasa sastra
      c. penentuan jumlah pelaku cerita
      d. mengukur tendens ceritanya
      e. mengukur amanat atau pesan yang disampaikan

43. Sebagai karya sastra prosa sebuah cerpen dapat memikat para pembaca. Yang dapat dilaku
      kan pengarang cerpen untuk mencapai hal tersebut adalah...
      a. memilih tema yang tepat
      b. menggunakan bahasa yang sesuai dengan situasi
      c. menyertakan pesan sesuai dengan keadaan masyarakat yang nyata
      d. memilih tokoh sesuai dengan keadaan manusia seutuhnya
      e. mengemas materi cerita secara mendalam khususnya kehidupan pemeran pembantu

44. Perbedaan cerita penden semasa perang dengan setelah perang yang paling menonjol adalah...
      a. pemilihan nama tokoh                  d. penggunaan bahasanya
      b. penentuan jumlah tokoh               e. penyampaian amanat ceritanya
      c. penentuan latar cerita

45. Sebuah cerita pendek semasa angkatan 45 jika disejajarkan dengan cerpen angkatan 66
      yang paling menonjolkan sisi persamaannya adalah...
      a. pemilihan nama tokoh                  d. penggunaan bahasanya
      b. penentuan latar ceritanya              e. penentuan jumlah pelaku ceritanya
      c. penerapan alur ceritanya

5 komentar:

  1. Hanna Rasyida
    XI IPA 3 - 12

    Menjawab soal nomor :
    41. E. Mengenali jumlah peran pembantu atau tokoh pelengkapnya

    BalasHapus
  2. Ryan Sanchia
    XI - IPA 3 / 33

    Menjawab soal nomor :
    42. c. penentuan jumlah pelaku cerita
    karena menurut saya, opsi lain cukup berbobot. sekian

    BalasHapus
  3. Ainur Rafi Satria
    XI - IPA 3 / 3

    menjawab soal nomor :

    44. e. penyampaian amanat ceritanya

    karena biasanya amanat itu dapat diketahui setelah kita membaca cerpen tersebut

    BalasHapus
  4. Hanna Rasyida
    XI IPA 3 - 12
    Menjawab soal nomor :
    41. E. Mengenali jumlah peran pembantu atau tokoh
    pelengkapnya
    Alasan : karena untuk mengenali dan memahami watak tokoh, pembaca tidak perlu menghafal jumlah peran pembantu dan tokoh pelengkap

    BalasHapus
  5. nama : Dina Restu E.
    kelas : XI IPA 3/ 08

    menjawab soal nomor 43 :
    a. memilih tema yang tepat

    alasan: tema karya sastra bisa membuat orang tertarik untuk membaca dan mendalami karya tersebut,terutama yang mengangkat tema tentang kehidupan yang dekat dengan lingkungan pembaca pada umumnya.

    BalasHapus