Powered By Blogger

Rabu, 09 Februari 2011

ANALISIS SOAL LATIHAN XI SK.4&5 n0.61 S/D 70

61. Bacalah cuplikan cerpen berikut ini !
      Itu berkaitan dengan harga diri.Ya itu benar.Seseorang memang harus menghadapimu
      dengan martabat  dan  harga  diri supaya kamu tidak menganggapnya sampah. Apalagi
      mencintai dan dicintai adalah masalah bagiku. Karena apapun yang kau dapat harus
      selalu  kau bayar, baik secara kontan atau kredit. Dunia  ini persis pasar , ya kan ?
      Apapun harus ada transaksi yang  jelas. Kalau  tidak kau jadi  pencuri. Hukuman  bagi
      pencuri  itu  sudah jelas. Jika ada empat  orang saksi kamu sudah pantas tidak memiliki
      tangan lagi. Tapi sampai saat ini aku belum juga pantas untuk seseorang yang mencuri
      kepolosan hati.
          Setelah  bertemu  denganmu  aku  tidak polos lagi, tapi aku tidak bisa menuduhmu
      mencuri.Tidak ada bukti. Tidak ada saksi. Hanya Tuhan saja yang tahu bagaimana
      kamu menarik hatiku  hingga aku tidak memilikinya lagi.
          Orang  yang  tidak memiliki hati pasti dia bukan manusia lagi. Tapi  entahlah.
     Setelah  hatiku kau curi aku malah jadi  manusiawi.  Aku  sedang  membangun  mimpi
     mengenai  suatu  negeri  ketika kamu datang. (Yuni, 2003:213)

     Tema petikan cerpen di atas adalah...
     a. penyesalan   b. percintaan   c. permusuhan   d. perdamaian   e. perseteruan

62. Kalimat beriku ini adalah yang mendasari penentuan tema dari petikan cerpen di atas,yakni...
      a. Orang  yang  tidak memiliki hati pasti dia bukan manusia lagi.
      b. Tapi  entahlah, setelah  hatiku kau curi aku malah jadi  manusiawi.
      c. Aku  sedang  membangun  mimpi  mengenai  suatu  negeri  ketika kamu datang.
     d. Hukuman  bagi  pencuri  itu  sudah jelas. Jika ada empat  orang saksi kamu sudah  pantas
         tidak memiliki tangan lagi.
     e. Tapi sampai saat ini aku belum juga.

63. Dari  percakapan tokoh "aku" maka dapat ditetapkan bahwa watak yang dibangun penulis 
      cerpen "Sebenarnya Aku Mencintaimu" digolongkan pada watak....
      a. antagonis   b. protagonis    c. tritagonis   d. ambiguita    e. spektakuler

64. Akhir dari percakapan antar tokoh dalam petikan cerpen di atas disimpulkan bahwa tokoh 
      "aku" mempunyai sifat....
      a. sombong   b. angkuh   c. mudah memaafkan e. berpendirian  kuat   e. tidak berpendirian

65. Ending yang ditemukan dalam penggalan cerpen "Sebenarnya Aku Mencintaimu" sesuai
      dengan penggalan cerpen tersebut adalah....
      a. akhirnya tokoh "aku" mau menerima kenyataan wanita yang dicintai.
      b. tokoh "aku" mau tidak mau menerima kenyataan wanita yang dicintai.
      c. tokoh "aku"  enggan  menerima kenyataan  terhadap wanita yang dicintai.
      d. tokoh "aku" menyadari  kenyataan bahwa dirinya mempunyai kelemahan dalam hatinya.
      e. keberadaan tokoh wanita yang dimaksud membuat aku menjadi berubah pikiran dalam
          bersikap.

66. Unsur utama yang ditemukan dalam penggalan cerpen "Sebenarnya Aku Mencintaimu" 
      adalah...
      a. alur cerita   b. tema cerita   c. alur dan tema ceritanya   d. permainan bahasa cerpen  
      e. sudut pandang pelaku (point of view)

67. Nilai budaya yang terdapat dalam "Sebenarnya Aku Mencintaimu"  adalah...
      a. harga diri dan martabat merupakan hal yang hakiki
      b. ketulusan dan keiklasan merupakan modal mahal dalam bercinta
      c. hidup ini membutuhkan keseimbangan antara hati dan pikiran kita
      d. di antara sekian banyak cara mencuri yang paling sulit adalah mencuri hati
      e. cinta yang diyakini akan dapat mengubah pikiran seseorang

68. Dalam pentas drama seseorang yang bertugas mengatur panggung dan kelengkapannya
      disebut...
      a. sutradara   b. aktor    c. laiktor    d. penulis naskah   e. ilustrator

69. Untuk mengembangkan jalan cerita agar menarik dan jalan cerita terasa hidup maka
      seorang pemeran drama (tokoh) dapat melakukan tindakan berikut ini, kecuali...
      a. improfisasi dialog   b. improfisasi ekting   c. penguasaan panggung   d. improfisasi laikting

70. Sebuah drama yang dimainkan dengan melibatkan banyak pelaku disebut....
      a. drama kolosal   b. tragedi   c. komedi   d. melodrama   e. frahmen
     
      pantas untuk seseorang yang mencuri kepolosan hati.
 

10 komentar:

  1. Ahmad Fuad
    XI IPA 2/05

    Jawaban nomer 65 adalah :
    e.keberadaan tokoh wanita yang dimaksud membuat aku menjadi berubah pikiran dalam bersikap.

    Alasan : Karena di akhir cuplikan diatas terdapat kata-kata "Tapi entahlah. Setelah hatiku kau curi aku malah jadi manusiawi. "
    Itu membuktikan bahwa, setelah tokoh "aku" jatuh cinta, dia mengalami perubahan sikap.

    BalasHapus
  2. Nama : Novia Dwi Rahayu
    Kelas/no : XI P2/24

    Jawaban soal no. 69 adalah D. improfisasi laikting.
    Alasannya karena jalan cerita tidak ditentukan dengan laikting. Laikting hanya digunakan sebagai alat bantu pementasan di panggung agar terlihat menarik.

    BalasHapus
  3. Nama : Derry Pradita
    Kelas/no : XI P3/07

    Jawaban soal no. 61 adalah b. percintaan

    alasan: krena dalam teks tertulis "Setelah bertemu denganmu aku tidak polos lagi, tapi aku tidak bisa menuduhmu mencuri.Tidak ada bukti. Tidak ada saksi. Hanya Tuhan saja yang tahu bagaimana kamu menarik hatiku hingga aku tidak memilikinya lagi" yang berati pemeran wanita merasa dia telah jatuh cinta kepada sang pria.

    BalasHapus
  4. Taufiqi rian nugraha.
    XI-IPA 2/30

    no.66
    jawab:D
    Karena dari penggalan cerpen tersebut bahasanya begitu menarik dan dapat menjadi mtivasi bagi pembaca.Banyak kalimat dari cerpen tersebut yang memang tidak bisa di artikan langsung bahasanya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  5. nama: Anisa Rachmaniah
    Kelas: XI IPA2/07


    70. Sebuah drama yang dimainkan dengan melibatkan banyak pelaku disebut....
    a. drama kolosal b. tragedi c. komedi d. melodrama e. frahmen


    JAWABAN: A. Karena drama kolosal dimainkan oleh banyak pelaku . ada yang berperan dalam tokohkelompok dan ada yang berperan sebagai tokoh individu sepertidrama kolosal tahun lalu di smasa.

    BalasHapus
  6. Nama: Achmad Zulfikar
    Kelas/No.Absen :XI IPA 2/01

    Jawaban untuk soal nomor 62 adalah :
    b. Tapi entahlah, setelah hatiku kau curi aku malah jadi manusiawi.
    Alasan : Karena kalimat tersebut menunjukkan bahwa dia sedang jatuh cinta pada seseorang.
    Sehingga menentukan pendasaran tema pada cerpen tersebut.

    BalasHapus
  7. NAMA MEGANANDA A C D
    KELAS XI IPA 2
    NO 18
    JAWABAN NO 64 A.mudah memaafkan
    ALASAN dalam kalimat terakhir disebutkan tapi entahlah setelah kau renggut hatiku ku menjadi manusiawi di sini setelah tokoh aku telah menyamaikan semua rasa penyesalannya dia telah berpikir tentang keindahan dan rasa senag saat bersama kekasihnya

    BalasHapus
  8. Faridah Tsuraya
    XI IPA-2/11

    68. A

    Analisis : Sutradara harus mengerti tentang tata dan teknik pentas, yaitu segala hal yang menyangkut kebutuhan suatu pementasan.
    Contoh : seting, properti, tata busana, tata rias, tata cahaya, simbol warna, dll

    BalasHapus
  9. nama: luh jingga S.
    kelas/no.absen: XI IPA 3/16

    JAWABAN:
    no. 67 adalah c. hidup ini membutuhkan keseimbangan antara hati dan pikiran kita

    alasan: di dalam cerpen tersebut tokoh "aku". bertindak sebagai orang yang sedang jatuh cinta sehingga antara hati dan pikirannya membutuhkan keseimbangan.

    BalasHapus
  10. Nama: Tantia Candra Dewi
    Kelas : XI IPA 2
    absen: 29

    SOAL NOMOR 63
    jawaban : B. Protagonis
    Alasan: karena dilihat dari percakapan tokoh, tokoh 'aku' menunjukkan watak protagonis.

    BalasHapus