Senin, 09 Agustus 2010

TUGAS SISWA

*  Apakah fungsi dari :
  1. biografi
  2. sinopsis
  3. kritik
  4. saran
    bagi para pembaca buku nonfiksi? serta jelaskan apa yang dimaksud dari fungsi-fungsi di atas!!!



Format Tugas :
  • Penulisan secara manual
  • Sertakan nama serta no absensi
  • Jawaban diharapkan sejelas-jelasnya
  • Pengumpulan tugas pada minggu ke 3 bulan Agustus
Mengetahui : iwan setyawan,art

84 komentar:

  1. Deasy xii ipa 4 / 09

    Fungsi dari :
    1. Biografi bagi pembaca adalah Dengan membaca resensi buku nonfiksi

    dapat memberikan gambaran tentang pengarang dan keberadaannya kepada

    kalangan masyarakat secara nyata.
    2. Sinopsis bagi pembaca adalah agar pembaca dapat memahami isi buku

    melalui ringkasan cerita (sinopsis) yang dijelaskan dalam resensi sebagai

    salah satu unsur pokok resensi itu sendiri.
    Sehingga para calon pembeli buku tidak kecewa pada saat membeli buku

    tersebut sebagaimana fungsi resensi salah satunya sinopsis yaitu untuk

    membantu para calon pembaca memahami isi, atau dengan penggalan sedikit

    cerita yang disuguhkan oleh resensor untuk para pembaca.
    3. Kritik bagi pembaca adalah mengetahui sudut pandang obyektif dan

    terkadang subyektif dari para kritikus untuk menjadi salah satu

    pertimbangan tertentu sebelum membeli buku tersebut. Maksudnya adalah

    kritik lebih menjabarkan tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut,

    tetapi kritik lebih ditekankan pada pembahasan kekurangan buku, sehingga

    terkesan sebagai pandangan subyektif yang menjatuhkan si pengarang buku.
    4. Saran bagi pembaca adalah sebagai sudut pandang obyektif yang lebih

    terkesan membangun dan "memberi solusi" istilahnya, sehingga dapat

    menjadi pertimbangan tertentu pula pada si calon pembaca.

    ---maaf pak, panjang--
    ***Terima kasih ***

    BalasHapus
  2. Amanda Fairuz Hikmiyah XII ipa 4-05

    Fungsi dari:
    1. Biografi bagi pembaca adalah untuk memberikan gambaran tentang pengarang dan keberadaannya secara lengkap kepada pembaca resensi buku nonfiksi.
    2. Sinopsis bagi pembaca adalah untuk memahami isi buku melalui penggalan sedikit cerita (sinopsis) yang dibuat oleh resensor untuk para pembaca sehingga para calon pembaca akan lebih memahami dahulu buku yang akan dibaca.
    3. Kritik bagi pembaca adalah untuk mengetahui sudut pandang kritikus baik secara obyektif maupun subyektif sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli buku. Secara subyektif adalah kritik yang hanya menekankan pada keburukan buku sehingga menyudutkan atau menjatuhkan si pengarang sedangkan secara obyektif adalah kritik yang benar - benar mengurai apa adanya tentang buku tersebut sehingga akan terlihat kelebihan serta kekurangan buku tersebut.
    4. Saran bagi pembaca adalah sebagai sudut pandang obyektif yang mengurai apa adanya namun lebih terkesan positif sehingga dapat menjadi pertimbangan yang baik bagi calon si pembaca.

    -maaf pak bila sedikit membingungkan-
    **Terima kasih**

    BalasHapus
  3. Irhamna Jyota Acintya14 Agustus 2010 10.18

    Irhamna Jyota Acintya
    no/kls : 18/ XII IPA 4

    1.Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan, pengalaman pribadi, latar belakang sang pengarang serta prestasi yang telah diperoleh, yang secara langsung maupun tidak berfungsi memberikan gambaran bagi para pembaca tentang tema dan bobot karya yang akan dibeli .

    2.Sinopsis adalah ringkasan / bentuk pemendekan dari sebuah karya dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut. Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya sehingga memudahkan calon pembeli untuk mengetahui garis besar dan tokoh-tokoh di dalam cerita .

    3.Kritik berfungsi dalam masalah penganalisaan dan pengevaluasian karya dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas apresiasi calon pembeli. Adapun kritik yang objektif adalah kritik yang bersifat apa adanya dalam menguraikan kelebihan dan kekurangan suatu karya . Sedangkan kritik yang subjektif adalah kritik yang mempunyai kepentingan tertentu dalam penjabarannya sehingga terkesan menjatuhkan dalam berargumentasi .

    4.Saran adalah solusi dari hasil analisa atau evaluasi suatu karya yang biasanya bersifat obyektif dari sudut pandang kritikus yang terkesan membangun. Berguna bagi pembaca sebagai pertimbangan dalam membeli, atau bahkan sebagai pemicu pembaca untuk ikut mencari tahu kebenaran dari saran tersebut dengan mencari kelemahannya .

    -Terima Kasih-

    BalasHapus
  4. Ciptananda C.
    XII IPA 4 / 08

    1. Biografi digunakan untuk menggambarkan kehidupan dan riwayat penulis mulai dari tempat, tanggal lahir, kehidupan keluarga, hingga buku-buku yang sudah diterbitkam oleh penulis untuk diketahui pembaca

    2. Sinopsis digunakan untuk menceritakan sedikit tentang buku. Dalam resensi, sinopsis dibuat resensor agar para pembaca lebih mengetahui isi buku. Mulai dari tokoh, watak tokoh, latar, hingga ending cerita. Sinopsis dibuat dalam bentuk ringkasan dari cerita.

    3. Kritik biasanya digunakan untuk menilai kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi. Kritik ini dibagi menjadi 2. Yaitu kritik objektif dan kritik subjektif. Kritik objektif lebih baik dari kritik subjektif, karena kritik objektif menilai buku nonfiksi apa adanya. Jika buku nonfiksi itu bagus ya dibilang bagus. Jika jelek ya dibilang jelek. Sedangkan kritik subjektif menilai tidak apa adanya. Biasanya cenderung menilai sesuka hati.

    4. Saran digunakan untuk memberi pendapat tentang buku. Biasanya saran ini bersifat membangun, karena menilai buku dengan objektif. Jadi kekurangan buku dapat dibenahi oleh sang penulis dilain buku. Juga membantu para pembaca buku nonfiksi untuk dapat menilai buku nonfiksi itu.

    terima kasih

    BalasHapus
  5. Rika Wulan Novitaningtyas
    X11 IPA 4/31

    1. Biografi : adalah uraian mengenai lika-liku hidup seseorang. Kisah-kisah tersebut diceritakan secara gamblang, dengan maksud memberikan gambaran yang tidak abstrak kepada para pembaca.

    2. Sinopsis : Penyingkatan kandungan (isi) suatu karya fiktif tanpa melebihkan atau mengurangi makna cerita. Perumusan ini sebagai wadah bagi pembaca agar memahami dulu karya yang sekiranya akan dibaca. Sehingga pembaca tidak akan merasa kecewa dengan karya sastra yang sering kali terbalut dengan sampul yang menarik.

    3. Kritik : Penilaian baik buruknya suatu karya sastra. Dalam hal ini, bisa dikategorikan objektif (memiliki sudut pandang yang netral) dan subjektif (penilaian karena ada tujuan dan faktor tertentu). Pembuatan kritik sendiri adalah bentuk upaya resensor agar pembaca menelaah keunggulan dan kelemahan dibalik karya sastra.

    4. Saran : suatu bentuk ungkapan (masukan)yang bertujuan agar pengarang, kedepannya akan melakukan revisi dalam melahirkan karya. penyuguhan saran memiliki tujuan agar pembaca mampu turut kritis dalam memaknai karya sastra.

    Mohon maaf pak, kalau sedikit nyleweng dari topik.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Dwima Yahyi Saylendri
    XII IPA 4/13

    1. Biografi : merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang, secara sederhana dapat dikatakan sebgai sebuah kisah riwayat hidup seseorang . Biografi juga menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang biasanya di temukan keterangan atau misteri yang melingkupi hidup seseorang . Biasanya biografis menerangkan tentang kehidupan seorang tokoh sejarah namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup .

    2. Sinopsis : ringkasan cerita cerpen, sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat . Dalam sinopsis keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasan-penjelasan di hilangkan tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya .

    3. Kritik : menjadi wacana yang kurang menyenangkan untuk seseorang yang di maksud atau yang terkena,karena tidak jarang pengertian kritik selalu di kaitkan dengan celaan, makian, dan gugatan . Akibatnya orang yang terkena kritik menjadi kesal karena merasa direndahkan,di lecehkan, dan tidak dihargai. Ini semacam hukum alam karena kenyataannya setiap pernyataan selalu diikuti dengan pernyataan yang baru sebagai anti thesisnya.

    4. Saran : suatu masukkan yang biasanya bersifat positif untuk memperbaiki dan membuat seseorang atau sebuah karya seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya .

    -Terima Kasih dan maaf bila banyak kesalahan dalam komentar saya-

    BalasHapus
  7. Valensia Ayomi15 Agustus 2010 10.13

    Valensia Ayomi C.
    XII IPA 4/34

    1. Biografi : suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Biografi bukan hanya sekedar tanggal lahir dan data pekerjaan seseorang, tetapi juga memaparkan fakta dan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang.
    Karena hal itu, maka biografi berfungsi untuk meyakinkan pembaca dengan cara membuat pembaca mengetahui tentang data diri/hidup penulis sesuai dengan fakta yang ada.

    2. Sinopsis : penggalan cerita dari sebuah karya (buku) dengan menghilangkan bagian yang detil, tetapi tetap mempertahankan isi karya tersebut. Biasanya menampilkan bagian yang menarik.
    Bagi pembaca, sinopsis mempunyai fungsi agar pembaca mengerti isi (inti) cerita sebelum membaca keseluruhan suatu karya.

    3. Kritik : suatu pandangan yang menilai tentang lebih kurangnya sebuah karya. Kritik ada yang bersifat obyektif dan subyektif. Kritik obyektif mengurai sebuah karya apa adanya dan tidak memihak. Sedangkan, kritik subyektif bersifat menjatuhkan karena terkesan menjelek-jelekkan suatu karya dan seringkali tidak sesuai dengan fakta.
    Kritik berfungsi agar pembaca mengerti mana yang merupakan kelebihan dan kekurangan dari suatu karya.

    4. Saran : pendapat yang berisi masukan atau rekomendasi suatu karya. Saran cenderung bersifat membangun, karena di dalamnya terdapat alasan yang disertai dengan solusi, sehingga penulis dapat membuat karya yang lebih baik lagi nantinya.
    Saran dapat menjadikan pembaca lebih realistis menanggapi sesuatu dalam sebuah karya. Selain itu, juga memudahkan pembaca memilih suatu karya (buku) yang diinginkan.

    -- terima kasih --

    BalasHapus
  8. Putri Virgina S
    XII IPA 4/27

    1. Biografi adalah sebuah kisah yang memaparkan tentang kehidupan seseorang yang tidak hanya meliputi nama, tempat tanggal lahir, tetapi juga meliputi perjalanan hidup dan karya-karya yang dihasilkan. sehingga biografi berfungsi sebagai informasi untuk pembaca tentang sosok seorang pengarang atau penulis.

    2. Sinopsis adalah ringkasan dari isi (kandungan) sebuah buku, yang dimana keindahan gaya bahasa, ilustrasi, serta penjelasan-penjelasan dalam isi buku itu dihilangkan. Namun tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya. Sehingga sinopsis berfungsi agar memudahkan pembaca memahami inti dari isi buku tersebut.

    3. Kritik adalah penilaian tentang lebih atau kurangnya suatu karya oleh seorang kritikus. Kritik dibedakan menjadi dua yaitu kritik obyektif (mengurai apa adanya dan tidak memihak) dan kritik subyektif (kritik yang cenderung memihak dan menjatuhkan). Jadi kririk berfungsi untuk menyalurkan kritik rensensor tentang buku tersebut, agar pembaca dapat mengerti kekurangan dan kelebihan suatu buku dan juga berfungsi untuk memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah buku tersebuat layak dibaca atau tidak.

    4. Saran adalah pendapat yang bertujuan untuk memberikan masukan kepada seseorang terutama penulis (saran cenderung bersifat positif) agar si penulis melahirkan sebuah karya yang lebih baik dari sebelumnya.

    Terima kasih dan mohon maaf bila terjadi kesalahan.

    BalasHapus
  9. Reysha Sibarani16 Agustus 2010 06.01

    Reysha Sibarani
    XII IPA 4 / 30


    Biografi adalah suatu kisah atau pemaparan mengenai riwayat hidup sang penulis karya nonfiksi untuk diketahui publik. Secara umum selalu berupa nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, dan riwayat hidup yang lain. Namun adakalanya juga mencantumkan prestasi-prestasi yang pernah dicapainya baik di bidang karya tulis atau di bidang lainnya. Untuk sebuah karya nonfiksi, biografi penulis cukup diperhatikan para pembaca karena riwayat hidup sang penulis ( teruama riwayat pendidikannya) ikut mempengaruhi kualitas sebuah karyua sastra nonfiksi.

    Sinopsis adalah ringkasan secara keseluruhan dari isi buku. Funsinya bagi para pembaca adalah untuk menginformasikan gagasan umum isi buku secara garis besar, juga meliputi latar belakang terbitnya karya nonfiksi tersebut. Dalam sinosis, bahasa yang digunakan adalah bahasa umum dan sederhana yang sering digunakan masyarakat pada umumnya. Dari beberapa resensi buku yang pernah saya baca, tidak ada bagian sinopsis yang memberitahu pembaca tentang hasil akhirnya.

    Kritik adalah bagian dari resensi yang mengulas kekurangan dan kelebihan dari isi karya nonfiksi. Kritik dibedakan menjadi 2 jenis:
    1. Subyektif, bersifat hiperbola. Melebih-lebihkan kekurangan sebuah karya, menjelek-jelekkan karya tersebut tanpa memandang sisi baiknya.
    2. Obyektif, bersifat netral. Kritik jenis ini cenderung apa adanya. Dikatakan bagus jika bagus, dan sebaliknya.
    Fungsi kritik dalam sebuah resensi bagi para pembaca adalah membantu pembaca untuk mengetahui kualitas buku dari sudut pandang penulis resensi.

    Saran adalah pendapat yang berisi masukan untuk sang penulis karya nonfiksi agar suatu saat sang penulis dapat melahirkan karya-kaya yang lebih berkualitas. Saran bersifat membangun. Saran juga berisi solusi-solusi untuk sang penulis karya tentang bagaimana sebaiknya sebuah karya yang baik di mata masyarakat. Bagi para pembaca, saran juga bisa dijadikan patokan apakah kualitasnya sebuah karya cukup baik atau tidak.

    BalasHapus
  10. BAYU RIZKYAWAN
    XII IPA 4 / 07


    jawaban :
    1. biografi berfungsi untuk menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup
    seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti
    dari tindakan (koneksitas) ,
    serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.

    2. sinopsis berfungsi sebagai gambaran akan isi naskah.dan memeriksa naskah lebih cepat.dan sang pembaca dapat segera menarik kesimpulan dari sinopsis itu tanpa harus membaca seluruhnya.

    3. kritik berfungsi untuk mengetahui akan kekurangan dan kelebihan dari isi buku sastra nonfiksi baik dari segi obyektif maupun subyektif.

    4. saran berfungsi sebagai masukkan dan biasanya besifat membangun. tujuannya adalah agar sang penulis memperbaikinya (karya) lebih baik dan menuju ketepatan.

    sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  11. Dennis Farina N.
    XII IPA 4 / 10
    Fungsi dari (bagi pembaca buku non fiksi):
    1. Biografi bagi pembaca :
    Biografi berfungsi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu.

    2.Sinopsis bagi pembaca : Adalah ringkasan cerita cerpen. Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.

    3. Kritik bagi pembaca :1. Mengevaluasi berbagai model (tingkat atau standar) karya terjemahan
    2. Mengkaji penerjemah sebagai penyampai isi dan gagasan yang terdapat dalam teks sumber
    3. Mengapresiasikan gagasan atau pikiran tentang terjemah dalam kurun waktu tertentu
    4. Membantu dalam menjelaskan dan menafsirkan karya para penulis dan penerjemah
    5. Memberikan penilaian kritis terhadap berbagai perbedaan makna dan gramatikal dalam bahasa sumber dan bahasa sasaran.
    6. Membantu para pembaca untuk mempertajam kepandaiannya dalam menangkap maksud isi karya terjemahan.

    4. Saran bagi pembaca : Adalah suatu pendapat yang bertujuan untuk memberikan masukan kepada seseorang terutama penulis (saran cenderung bersifat positif) agar penulis melahirkan sebuah karya yang lebih baik dari sebelumnya.

    - Terima Kasih -

    BalasHapus
  12. Aqmarina Kholishah
    XII IPA 4 / 6
    Jawaban :
    1. Biografi : Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dab graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.

    2. Sinopsis : membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan seperti (novel) dll, yang panjang dalam bentuk yang singkat.

    Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
    Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

    3.kritik: kritik adalah kegiatan penilaian yang ditunjukkan pada karya sastra atau teks. kritik menentukan nilai hakiki karya lewat pemahaman dan penafsiran sistematik yang dinyatakan kritikus dalam bentuk tertulis.

    Kritik dalam eksistnsinya sendiri turut serta membicarakan:

    a analisis,
    b interpretasi, dan
    c menilai karya sastra.

    4. saran: media introspeksi dalam menghasilkan sebuah karya,untuk hasil yang lebih baik.

    -jazakumullah khairan katsira -

    BalasHapus
  13. Fadilla Ully Saraswati
    XII IPA 4/15

    1.Biografi : Suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (kisah nyata).Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.Biografi berfungsi untuk perkenalan diri kepada khalayak pembaca

    2.Sinopsis : ringkasan (inti) dari cerita tersebut.Fungsinya adalah untuk memberi gambaran kepada pembaca mengenai tulisan dari buku tersebut

    3.Kritik : Suatu masukkan yang positif/negatif yang bertujuan untuk mengupas lebih dalam kekurangan dan kelemahan buku,sehingga pembaca bisa memilah mana buku yang pantas untuk di konsumsi

    4.Saran : Berfungsi sebagai pendapat yang bertujuan untuk memberikan masukkan kepada sang penulis

    -Terima kasih-

    BalasHapus
  14. Nazala Ayunda
    XII IPA 3 /21

    1. Biografi : sebagai sarana untuk mengetahui riwayat hidup penulis serta karya-karya yang pernah dihasilkan sebelumnya sehingga memudahkan calon pembaca nonfiksi untuk mengetahui keberadaan penulis tersebut.
    2. Sinopsis : suatu cara yang dilakukan resensor untuk meringkas isi buku secara singkat, padat, dan jelas sehingga dapat menarik dan memberi gambaran bagi calon pembaca untuk membaca buku tersebut.
    3. Kritik : suatu masukkan yang bernuansa positif maupun negatif yang bertujuan untuk mengupas kekurangan maupun kelebihan dari buku tersebut sehingga calon pembaca dapat memgetahui apa saja yang baik dan yang kurang dari buku tersebut. Tetapi kebanyakan kritik banyak yang bernada negatif sehingga secara tidak langsung menjatuhkan buku tersebut.
    4. Saran : merupakan sebuah pesan yang disampaikan seorang resensor untuk penulis agar bisa berkarya lebih baik lagi sehingga karyanya lebih mudah diterima masyarakat. Bagi para calon pembaca, hal ini dapat sebagai media pertimbangan apakah buku tersebut baik dan layak dikonsumsi.

    Sekian,
    Terima kasih..

    BalasHapus
  15. Dyah Putri Ayu Fajarani Simbolon (XII-P4/14)

    Biografi non fiksi memberithaukan kepada sang pembaca tentang latar belakang sang penulis seperti Nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamatnya, nomer telepon, karya apa saja yang pernah dibuatnya, dan prestasi apa saja yang pernah dia raih.

    Sinopsis non fiksi menceritakan tentang isi dari apa yang didalam buku tersebut, keunggulannya, dan bagaimana cara agar mendapatkannya.

    Kritik non fiksi berfungsi memberitahukan pembaca apa saja kekurangan dan kelebihan ( secara objektif ) dari buku tersebut.

    Saran non fiksi memberitahukan sang pembaca tentang pandangan sang resensor tentang bagaimana seharusnya buku itu.

    Terima kasih. Wassalamualaikum

    BalasHapus
  16. Yonar Dyah
    XII IPA 3 / 34

    1. biografi : gambaran tentang seaeorang secara jelas selain meliputi informasi dasar seperti nama, tempat tangal lahir dll juga meliputi latar belakang pendidikan dan keluarga penulis . sehingga biografi berfungsi sebagai informan bagi pembaca buku non fiksi mengenai penulis . pembaca akan lebih percaya kepada penulis dengan biografi hebat karena besarnya nama penulis berpengaruh pada minat baca pembaca tersebut .

    2. sinopsis : berisikan cuplikan isi buku . sehingga dengan adanya sinopsis, pembaca dapat mengetahui buku macam apa ini . selain itu para pembaca akan penasaran dan mulai tertarik untuk membaca buku tersebut .

    3. kritik : kritik dalam resensi menyampaikan tentang kelebihan dan kekurangan buku dari aspek mana saja. mulai dari isi, pengarang harga dll .
    Kekurangan yang disampaikan oleh resensor di sini bukan bermaksud untuk "menjatuhkan" melain hanya untuk menginformasikan kepada pembaca kekurangan buku tersebut .

    4. saran : biasanya berisikan anjuran untuk membaca buku tersebut atau informasi di mana dapat dijumpai buku tersebut .

    BalasHapus
  17. Indirasari Cynthia Sp
    XII IPA 3/17

    1. Biografi: menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Dalam biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.

    2. Sinopsis: ringkasan cerita. Menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.

    3. Kritik: meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, membantu memperbaiki pekerjaan. Masukan bisa berupa positif atau negatif. Memberi tahu kekurangan dan kelemahan buku tersebut.

    4. Saran: berupa pendapat untuk memberikan masukan kepada penulis. Saran cenderung bersifat positif. Saran bertujuan untuk membangun,memberi motivasi agar penulis bisa memperbaiki hasil karyanya supaya menjadi karya yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

    -Terima kasih-

    BalasHapus
  18. Yunela Nadya XII IPA4/3716 Agustus 2010 22.16

    1. BIOGRAFI adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

    2. SINOPSIS adalah ringkasan cerita. Ringkasan cerita adalah bentuk pemendekan dari sebuah cerita dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerita tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat.
    Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.

    3.KRITIK adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

    4.Saran merupakan usul atau pendapat yang mengacu pada materi pembahasan. Hendaknya dikemukakan secara jelas dan kemungkinan dapat dilaksanakan

    BalasHapus
  19. akhbar galang marhendra
    XII IPA 3 / 02

    assalamualaikum wr.wb

    jawaban:

    1. biografi adalah sebuah pemaparan tentang riwayat hidup seorang penulia atau siapa saja, yang meliputi antara lain nama, tangga lahir, atau mungkin latar belakang pendidikan penulis. di dalam buku non fiksi biografi berfungsi untuk mengetahui kualitas sebuah karya yang secara tidak langsung menaikkan nilai jual di pasaran apabila penulisnya telah diketahui banyak kalangan masyarakat.

    2. sinopsis adalah ringkasan keseluruhan dari sebuah buku. yang terdapat setting, sudut pandang, watak tokoh dan lain-lain. dan tidak lain sinopsis berfungsi untuk memudahkan pembaca buku mengetahui alur cerita, latar, waktu, atau mungkin sudut pabdangnya.

    3. Kritik yaitu sebuah apresiasi yang ditujukan untuk penulis,yang bertujuan agar kedepannya penulis akan lebih baik lagi dalam membuat buku non fiksi. yang membuat penulis mengevaluasi dirinya.

    4. saran merupakan sebuah pendapat yang mengacu pada keseluruhan isi buku. saran biasanya cenderung bersifat positif berfungsi sebagai sarana pengintropeksian diri penulis buku non fiksi.

    Sekian dan terima kasih. kesempurnaan hanya milik allah kekurangan hanya milik saya. wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  20. M.AKBAR.A/XII IPA4/23

    1.Biografi adalah gambaran singkat tentang kisah hidup serta latar belakang seseorang yang berfungsi bagi pembaca untuk lebih mengetahui latar belakang pengarang karya tersebut.

    2.Sinopsis adalah ringkasan isi suatu karya yang berfungsi bagi pembaca agar lebih memahami isi karya tersebut.

    3.Kritik adalah pendapat atau hasil evaluasi seseorang terhadap suatu karya yang bersifat menilai baik buruknya karya tersebut dan berfungsi bagi pembaca untuk mengetahui baik buruknya karya tersebut.

    4.Saran adalah pendapat atau masukan yang bersifat membangun bagi pengarang suatu karya agar dapat berkarya lebih baik lagi dan berfungsi bagi pembaca untuk dapat melihat suatu karya dari sudut pandang obyektif sehingga dapat memberi masukan positif untuk karya tersebut.

    sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  21. Nur Fadilah Arifina (XII IPA 3-24)

    1. Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

    2. Sinopsis adalah ringkasan cerita cerpen. Ringkasan cerpen adalah bentuk pemendekan dari sebuah cerpen dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.
    Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
    Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

    3. Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Jadi bisa diambil kesimpulan kritik adalah hasil dari pengamatan yang diberikan untuk meningkatkan dan memperbaiki pekerjaan.

    4. Saran adalah suatu pendapat atau masukan yang bersifat membangun untuk pengarang agar dapat berkarya lebih baik. Bersifat positif tujuannya agar pengarang dapat menginstropeksi karyanya.

    Terima kasih dan Wasalamualaikum

    BalasHapus
  22. AIMATUL CHOLIFAH {XII IPA3/01}

    Fungsi biografi:Pembaca bisa memastikan bahwa penulis memang kompeten dengan buku yang sedang kita baca juga mengetahui kekhasan dari penulis sehingga membuat pembaca mengetahui kelebihan dari penulis dan latar belakangnya.

    Fungsi saran: Pembaca dapat mengetahui ulasan singkat atau gambaran gambaran tentang isi buku,sehingga menjadi pertimbangan kita apakah buku tersebut menarik dan layak untuk dibaca.

    Fungsi kritik: Pembaca dapat mengetahui kelemahan/kekurangan dari buku baik dari segi fisik maupun isi buku.Ini sebagai pertimbangan pembaca untuk membandingkan buku tersebut dengan buku sejenis.Pembaca juga dapat mengetahui kualitas dari isi buku dan penting tidaknya membeli buku tersebut.

    Fungsi saran: Memberi pembaca pengetahuan untuk bisa menilai buku non fiksi tersebut sekaligus membuat pembaca ingin mengetahui apakah saran tersebut sesuai dengan kelemahan buku tersebut.

    BalasHapus
  23. Fahmi bitaufiqillah (XII IPA 3 / 37)17 Agustus 2010 06.03

    1.Biografi adalah keterangan tentang kehidupan riwayat penulis mulai dari tanggal lahir, tempat tinggal, prestasi, dan hasil-hasil karya yang dibuatnya sehingga para pembaca bisa mengetahui latar belakang dari buku yang dibeli oleh para pembaca tersebut.

    2.Sinopsis adalah membantu para pembaca untuk mengetahui seluk beluk cerita tetapi menghilangkan bagian yang detail buku yang dibeli oleh para pembaca sehingga pembaca tidak merasa kecewa.

    3.Kritik adalah analisis untuk menilai suatu karya sastra. Tujuan kritik sebenarnya bukan menunjukkan keunggulan, kelemahan, benar/salah sebuah karya sastra dipandang dari sudut tertentu, tetapi tujuan akhirnya mendorong sastrawan untuk mencapai penciptaan sastra setinggi mungkin dan mendorong pembaca untuk mengapresiasi karya sastra secara lebih baik.

    4.Saran adalah masukan yang bersifat membangun. Hal ini lebih ditujukan kepada penulis apabila membuat karya sastra lebih baik lagi.

    BalasHapus
  24. Raka Andhito Bryanpratama (XII IPA 3 / 38)

    1. Fungsi biografi : untuk memberikan gambaran tentang kehidupan dan riwayat pengarang mulai dari tempat, tanggal lahir, kehidupan keluarga dan keberadaannya kepada pembaca

    2. Fungsi sinopsis : untuk memahami isi buku dan memberikan gambaran isi buku sehingga sang pembaca dapat menarik kesimpulan tanpa harus membaca seluruh isi buku

    3. Fungsi kritik : untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari isi buku sastra non fiksi baik dari segi subyektif maupun obyektif

    4. Fungsi saran : untuk memberikan pendapat atau masukan (biasanya bersifat positif) kepada penulis agar bisa membuat karya yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  25. 1. fungsi Biografi bagi pembaca:
    Lewat biografi pembaca buku nonfiksi, akan menemukan hubungan yang melingkupi hidup pengarang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya termasuk keberadaannya kepada kalangan masyarakat secara nyata. dapat diketahui juga karya- karya dari pengarang tersebut, sehingga pembaca buku nonfiksi akan mendapat gambaran bagaimana tentang buku tersebut jika dilihat dari karya lain pengarang itu.

    2. fungsi sinopsis bagi pembaca:
    Melalui sinopsis buku, pembaca buku nonfiksi akan mengetahui ringkasan cerita, lika- liku yang terjadi dalam cerita secara singkat hingga akhir dari cerita. oleh karenanya, pembaca dapat menarik kesimpulan tentang isi buku itu tanpa perlu membaca keseluruhan isi buku.

    3. fungsi kritik bagi pembaca:
    Adalah untuk mengetahui sudut pandang obyektif dan terkadang subyektif dari para kritikus untuk menjadi salah satu pertimbangan tertentu sebelum membeli buku tersebut. sehingga pembaca akan mengetahui kelebihan dan kekurangan buku itu.

    4. fungsi saran bagi pembaca:
    digunakan untuk memberi pendapat tentang buku. Biasanya saran ini bersifat membangun, karena menilai buku dengan objektif. Jadi kekurangan buku dapat dibenahi oleh sang pengarang di karyanya yang lain. Juga membantu para pembaca buku nonfiksi untuk dapat menilai buku itu.

    BalasHapus
  26. jhoda dwi komala 12 ipa 4/19

    1. biografi : biografi merupakan kisah hidup seseorang yang berusaha dituliskan penulis untuk diangkat kembali pada pembaca. namun menurut saya pada karya non fiksi biografi yang dimaksud adalah sebuah keterangan yang mengangkat riwayat tentang sesuatu, maksudnya menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan data yang dapat dipertanggung jawabkan.
    2.sinopsis : sebuah rangkaian text yang menceritakan kejadian-kejadian menarik pada cerita nonfiksi yang ada.
    3. kritik : untuk menilai cerita nonfiksi tersebut, baik maupun buruk cerita itu dari segi pandang pembaca dan penulis.., sehingga kita dapat mengetahui baik dan buruk cerita tersebut dari kritik yang di buat oleh kritikus, baik menurut penulis belum tentu baik untuk pembaca, begitupun sebaliknya.
    4. saran : saran berperan sebagai sarana pembangun untuk sebuah cerita non fiksi tersebut, bagaimana baiknya..
    saran biasanya diberikan oleh pembaca

    BalasHapus
  27. berlian X11 p3/10
    komentar saya,
    adany biografi d resensi,agar pembaca tau siapa yg menulis resensi.
    Adany sinopsis agar pembaca tertarik dgn cerita buku tersebut dgn hanya membaca ringkasan cerita.
    Kritik,agar penulis bsa membuat resensi lbh bgus.
    Saran,agar para pembaca bsa meliat kelebihan buku tersebut

    BalasHapus
  28. FITRI ARIFIANI IRFAYANTI
    XII IPA 4/17

    1. BIOGRAFI
    Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

    Fungsi : Untuk mengetahui biodata tentang penulis

    2. SINOPSIS
    Sinopsis adalah ringkasan cerita. Ringkasan adalah bentuk pemendekan dari sebuah karangan dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik karangan tersebut. Membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat.Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

    Fungsi : Menyajikan karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat.

    3. KRITIK
    Kritik adalah bagian dari resensi yang mengulas kekurangan dan kelebihan dari isi karya nonfiksi. Kritik dibedakan menjadi 2 jenis:
    1. Subyektif, bersifat hiperbola. Melebih-lebihkan kekurangan sebuah karya, menjelek-jelekkan karya tersebut tanpa memandang sisi baiknya.
    2. Obyektif, bersifat netral. Kritik jenis ini cenderung apa adanya. Dikatakan bagus jika bagus, dan sebaliknya.

    Fungsi : kritik dalam sebuah resensi bagi para pembaca adalah membantu pembaca untuk mengetahui kualitas buku dari sudut pandang penulis resensi.

    4. SARAN
    Saran adalah suatu pendapat yang diutarakan pembaca kepada penulis karangan.

    Fungsi : Memberi pembaca pengetahuan untuk bisa menilai buku non fiksi tersebut sekaligus membuat pembaca ingin mengetahui apakah saran tersebut sesuai dengan kelemahan buku tersebut.

    Terima kasih

    BalasHapus
  29. Shinta Dwitifani R. P.18 Agustus 2010 00.49

    Shinta Dwitifani R. P.
    XII IPA 3 / 32

    1. Biografi : Penjelasan mengenai data dari
    pengarang tersebut. penjelasan
    tersebut meliputi riwayat hidup
    pengarang, pendidikan, dan
    prestasi yang selama ini telah
    dicapai oleh pengarang.
    bertujuan untuk menarik pembaca
    lwat prestasi pengarang.
    2. Sinopsis : ringkasan cerita yang di dalamnya
    berisikan jalannya cerita secara
    garis besar. dan membantu pembaca
    agar dapat mengetahui garis besar
    cerita dari buku tersebut.
    3. Kritik : Bertujuan untuk menginformasikan
    kepada pengarang mengenai
    kualitas buku dilihat dari sudut
    pandang yang obyektif dan
    subyektif.
    4. Saran : Biasanya datang dari pembaca yang
    sifatnya membangun. Diharapkan
    pengarang bisa membenahi
    kekurangan dalam buku tersebut
    dan jangan sampai terulang pada
    karya berikutnya.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  30. Dian Apriliana H18 Agustus 2010 01.02

    Dian Apriliana H
    XII IPA 3 / 11

    Biografi :
    Agar pembaca mengetahui siapa penulis dan pengarangnya. Pembaca juga dapat mengetahui bagaimana latar belakang kehidupan, keberhasilan dalam berkarya, serta pendidikan pengarang tersebut.

    Sinopsis :
    Mempermudah pembaca untuk mengetahui menarik atau tidaknya isi buku dan memahami tentang isi yang terkandung dalam buku tersebut.

    Kritik :
    Sebuah penilaian yang terkandung dalam buku. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

    Saran :
    Pendapat yang umumnya bersifat positif dan membangun pengarang untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam karya-karya yang lain. Serta membantu pembaca untuk menilai buku tersebut.

    BalasHapus
  31. Merissa D Firdauscha (XII IPA3/20)

    1.Biografi berfungsi untuk memberitahukan
    pembaca tentang riwayat hidup,pendidikan,
    keberhasilan pengarang selama berkarya agar
    pembaca mengetahui siapa yang mengarang buku
    tersebut.

    2.Sinopsis berfungsi memudahkan pembaca
    dalam mengetahui sekilas rangkuman isi buku
    sehingga pembaca tertarik untuk membacanya.

    3.Kritik berfungsi sebagai penilaian
    positif maupun negatif terhadap
    buku tersebut.

    4.Saran berfungsi sebagai pembangun untuk
    pengarang agar dapat menciptakan karya
    buku-buku lain yang lebih bagus.

    -Terimakasih-

    BalasHapus
  32. Alfin Nur Rahman
    XII IPA 3/ 03

    Jawaban :
    1.Fungsi Biografi : untuk menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.


    2. fungsi sinopsis :
    Melalui sinopsis buku, pembaca buku nonfiksi akan mengetahui ringkasan cerita, lika- liku yang terjadi dalam cerita secara singkat hingga akhir dari cerita. oleh karenanya, pembaca dapat menarik kesimpulan tentang isi buku itu tanpa perlu membaca keseluruhan isi buku.

    3. Fungsi kritik : untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari isi buku sastra non fiksi baik dari segi subyektif maupun obyektif.

    4. fungsi saran :
    digunakan untuk memberi pendapat tentang buku. Biasanya saran ini bersifat membangun, karena menilai buku dengan objektif. Jadi kekurangan buku dapat dibenahi oleh sang pengarang di karyanya yang lain. Juga membantu para pembaca buku nonfiksi untuk dapat menilai buku itu.

    BalasHapus
  33. ADITYA PRAMANA
    XII IPA4/03

    1.BIOGRAFI:untuk memaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran-peran pentingnya.

    2.SINOPSIS:untuk memberikan gambaran sekilas dan menyeluruh isi buku terhadap pembaca.

    3.KRITIK:untuk memberi penilaian kekurangan atau kelebihan pada buku tersebut.

    4.SARAN:untuk memberi masukan terhadap suatu dari isi buku tersebut,dan untuk memacu pembuat buku untuk membuat buku yang lebih baik.

    BalasHapus
  34. IIS GESIA HANIM (XII IPA 3/16)

    1.Biografi adalah riwayat perjalanan seseorang yang berfungsi untuk mengetahui riwayat hidup pengarang suatu karya bagi pembaca karya tersebut.

    2.sinopsis adalah ringkasan isi suatu karya yang berfungsi untuk memahami dan memaknai isi karya bagi pembaca

    3.Kritik adalah hasil evaluasi terhadap suatu karya yang bersifat mengomentari karya tersebut yang berfungsi untuk mengetahui baik buruknya suatu karya bagi pembaca karya tersebut.

    4.Saran adalah pendapat yang bersifat membangun bagi pengarang suatu karya yang berfungsi sabagai pedoman bagi calon pembaca.

    -terimakasih-

    BalasHapus
  35. alvika reza lutfiah18 Agustus 2010 02.39

    Alvika Reza Lutfiah
    XII IPA 3 / 04

    Biografi :
    Berfungsi untuk memberikan informasi kepada calon kalayak tentang jati diri, latar belakang kehidupan, keberhasilan dan pandidikan pengarang. Sehingga calon kalayak dapat tertarik untuk membaca atau tidak hanya dengan melihat siapa pengarangnya.

    Sinopsis :
    Berfungsi untuk memberikan gambaran kepada calon kalayak dengan ringkasan cerita yang dapat membuat calon kalayak sedikit mengerti isi ceritanya, dan membantu calon kalayak memutuskan untuk membacanya atau tidak, berdasarkan menarikan atau tidaknya ringkasan cerita tersebut.

    Kritik :
    Berfungsi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari buku tersebut. Dan dapat juga memberikan kesempatan kepada pembaca untuk menilai buku tersebut.

    Saran :
    Berfungsi untuk membangun pengarang untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada buku sebelumnya, pada umumnya dengan memberikan pendapat yang positif.

    BalasHapus
  36. ACHMAD AGOEH BIANTORO
    XII IPA 4/01

    1. FUNGSI BIOGRAFI:
    untuk mengetahui kisah perjalanan hidup seseorang, terutama bagi pembaca suatu karya berfungsi untuk mengenal lebih dekat pengarang karya tersebut.

    2. FUNGSI SINOPSIS:
    untuk memahami dan memaknai jalan cerita secara singkat dan jelas, terutama bagi pembaca buku non fiksi.

    3. FUNGSI KRITIK:
    untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu karya terutama bagi pembaca karya tersebut.

    4.FUNGSI SARAN:
    sebagai wadah pada pendapat dan aspirasi terhadap suatu karya, agar karya tersebut semakin baik.

    BalasHapus
  37. Akbar Wiranata Kaunang18 Agustus 2010 03.32

    Akbar Wiranata Kaunang
    XII IPA4/04

    Jawaban :
    1) Biografi berfungsi agar pembaca dapat mengetahui/memperoleh gambaran mengenai sikap pribadi dan kejadian - kejadian penting dalam suatu kehidupan individu.
    2) Sinopsis berfungsi agar pembaca lebih mudah mengetahui ringkasan jalan ceritanya yang ada di dalam suatu cerita tersebut.
    3) Kritik berfungsi untuk mengetahui akan kekurangan dan keunggulan dari buku nonfiksi tersebut, baik sisi subyektif maupun obyektifnya. Namun, para pembaca lebih sering menilai kelemahannya, dengan tujuan supaya penulis lebih teliti lagi jika ingin membuat suatu cerita.
    4) Saran berfungsi sebagai masukan/memberi pendapat yang sifatnya yaitu membangun. Semua itu dilakukan para pembaca, agar suatu cerita yang ada di dalam buku nonfiksi tersebut bisa menjadi cerita yang lebih baik lagi.

    "terimakasih"

    BalasHapus
  38. Yanu Aiswandhika
    XII IPA-4/36

    Jawaban:
    1)Biografi berfungsi untuk mengulas perjalanan hidup (kejadia kejadian penting) seseorang. Dan untuk mengetahui reaksi-reaksi pribadi/sikap pribadi terhadap kejadian-kejadian penting yang dihadapi individu dalam kehidupannya.
    2)Sinopsis berfungsi untuk membantu pembaca lebih mudah dalam memahami isi cerita secara garis besarnya. Dan adanya sinopsis merupakan unsur pokok dari sebuah resensi, agar para calon pembeli tidak kecewa.
    3)Kritik berfungsi untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan suatu karangan buku nonfiksi untuk meningkatkan pemahaman dan memperluas apresiasi pembeli.
    Kritik biasanya diutarakan secara obyektif (apa adanya / tanpa melebih - lebihkan).
    Kritik biasanya juga diutarakan secara subyektif (menilai suatu karangan dengan maksud untuk menjatuhkan/menilai sesuka hati).
    4)Saran berfungsi memberi pendapat tentang buku, biasanya bersifat membangun. Agar penulis dapat membenahi hasil karyanya yang dinilai kurang. Dan sebagai pedoman bagi penulis agar dapat membuat karya - karya lain yang lebih bagus.

    TERIMAKASIH .......

    BalasHapus
  39. Yosa Ferdyan Chrisanto
    ( XII IPA 3 / 35 )

    jawaban :

    1. Fungsi Biografi
    Agar si pembaca bisa mengenal lebih dekat latar belakang kehidupan dari sang pengarang buku tersebut .

    2. Fungsi Sinopsis
    Mempermudah pembaca mengetahui jalur atau isi cerita dari buku tersebut secara garis besar .

    3. Fungsi Kritik
    Tujuannya menilai suatu karya non fiksi baik dari segi kelebihan ataupun kekurangan dari buku tersebut.

    4. Fungsi Saran
    Saran diberikan oleh pembaca. Saran bertujuan untuk memberikan pendapat yang bersifat membangun kepada sang pengarang agar mampu memperbaiki karya - karya yang akan dihasilkan selanjutnya .


    Terima kasih .

    BalasHapus
  40. Nidya Rachma Nawinda
    XII IPA 4 - 26

    1. Fungsi biografi :
    Memberi informasi kepada pembaca buku nonfiksi mengenai kisah atau keterangan tentang kehidupan penulis dan juga gambaran pengalaman penulis dalam menghadapi peristiwa-peristiwa dalam kehidupannya.

    2. Fungsi sinopsis :
    Memberi ringkasan cerita secara singkat dan jelas kepada para pembaca buku nonfiksi.

    3. Fungsi kritik :
    Memberi penilaian tentang kelebihan atau kekurangan buku sehingga memudahkan pembaca buku nonfiksi untuk dapat memilah mana buku yang pantas untuk di konsumsi.

    4. Fungsi saran :
    Memberi pendapat yang membangun tentang hasil karya (buku). Sehingga kekurangan buku dapat dibenahi oleh sang penulis di karyanya yang lain dan juga membantu para pembaca buku nonfiksi untuk dapat menilai buku itu.


    -TERIMAKASIH-

    BalasHapus
  41. Novandiet E. Angginanda18 Agustus 2010 05.54

    Novandiet Eersta Angginanda
    XII IPA 3 / 23

    1. Fungsi biografi: Biografi menerangkan tentang asal usul penulis dan riwayat pendidikannya agar calon khalayak dapat mengetahui jati diri sebenarnya dari penulis buku dan mengetahui kualitas penulis.

    2. Fungsi Sinopsis: Sinopsis adalah ringkasan dari isi buku tersebut, dari sinopsis yang terdapat dalam resensi, calon khalayak dapat mengetahui secara garis besar isi buku yang diresensikan.

    3. Fungsi Kritik: Dalam kritik, resensor menuliskan kekurangan dan kelebihan isi buku, sehingga calon khalayak dapat mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan buku karena hal-hal tersebut sangat penting untuk diketahui sebelum membeli buku tersebut.

    4. Fungsi Saran: Saran akan diberikan oleh pembaca. Saran bertujuan untuk memberi masukan terhadap pengarang agar karya yang diciptakan akan lebih baik nantinya.

    Cukup sekian pak, terima kasih.

    BalasHapus
  42. Dhaniar Rulandri W.
    XII - IPA 4 / 11

    Jawab :
    1. Fungsi Biografi
    Biografi bertujuan untuk memberikan keterangan atau informasi mengenai kisah atau kehidupan penulis. Biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

    2. Fungsi Sinopsis
    Tujuan penulisan sinopsis adalah untuk memberi gambaran secara global tentang apa yang ingin disampaikan dalam tubuh resensi. Jika sinopsisnya telah diperkenalkan peresensi selanjutnya mengemukakan kelebihan dan kekurangan isi novel tersebut ditinjau dari berbagai sudut pandang, tergantung kepada kepekaan peresensi.

    3. Fungsi Kritik
    Fungsi Kritik adalah menganalisa dan mengevaluasi sesuatu (karya) dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

    4. Fungsi Saran
    Memberikan masukan kepada penulis mengenai karya yang dihasilkannya, dengan harapan penulis dapat menghasilkan suatu karya yang lebih baik lagi.

    ~Terima Kasih Pak Iwan~ ^_^

    BalasHapus
  43. Retania Yola Ichwanda
    XII IPA 3 / 27

    1. Fungsi biografi : untuk memberikan informasi atau gambaran kepada pembaca tentang riwayat hidup penulis. Jadi biografi menggambarkan kehidupan, latar belakang, keberhasilan dan pendidikan sang penulis.
    Dari sinilah pembaca dapat menilai mutu dari sebuah buku karya sang penulis karena dengan adanya biografi ini menunjukkan tinggi tidaknya jam terbang sang penulis, sehingga mempengaruhi iklan buku tersebut.
    2. Fungsi sinopsis : memberikan gambaran singkat yang kronologis tentang isi cerita dam suatu karya buku nonfiksi kepada pembaca.
    Dari sinilah pembaca dapat menentukan menarik atau tidaknya isi cerita dari sinopsis yang disajikan oleh sinoptor, sehingga sinopsis ini sangat membantu calon khal layak untuk mengerti apa yang dibahas dalam buku tersebut.
    3. Fungsi kritik : untuk menilai hasil suatu karya tentang kelebihan dan kekurangan yang ada dalam suatu karya yang dihasilkan ditinjau dari sisi objektif maupun subjektif.
    4. Fungsi saran : meberikan masukan atau pendapat yang membangun agar kelemahan yang ada di dalam suatu hasil karya dapat diperbaiki demi keberhasilan suatu karya sastra tersebut.

    BalasHapus
  44. Rizki Putri S XII IPA 3/29

    Jawaban:
    1) Biografi: untuk memperkenalkan penulis pada para pembaca agar lebih mengenal tentang penulis buku. Biografi juga menampilkan gambaran kehidupan penulis seperti: latar belakang kehidupan, latar belakang keberhasilan atau prestasi yang pernah diraih dan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh. Selain itu, biografi dapat digunakan untuk melejitkan penulis baru yang belum terkenal. Dengan begitu, diharapkan agar pembaca tertarik untuk membeli buku.

    2) Sinopsis: dengan membuat sinopsis yang menarik, diharapkan untuk menarik minat pembaca serta memantabkan pembaca dari sisi cerita. Semakin menarik penulisan sinopsis maka, pembaca akan merasa penasaran dengan cerita dalam buku tersebut.
    Agar menarik sinopsis dituliskan dalam 2 cara yaitu:
    a) gaya akstrak ( penulisan secara struktural )
    b) gaya non akstrak ( secara acak/rancu )

    3) Kritik: agar pembaca dapat mengetahui bahwa buku tersebut bagus atau tidak.
    Kritik biasanya ditulis dalam bentuk halus. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan buku. Apabila lebih banyak dicantumkan kekurangan buku daripada kelebihannya, dapat mengurangi minat pembaca.

    4) Saran: saran berguna untuk memberikan pedoman kepada para pembaca
    Agar tidak merasa ragu untuk membeli atau tidak. Dengan begitu pembaca akan merasa terbantu untuk menentukan pilihan.

    BalasHapus
  45. maaf pak baru bisa membuka blog pak iwan sekarang. . .

    Ariq Arsya N
    XII IPA 3
    07
    1. Biografi adalah suatu gambaran tentang penulisan riwayat hidup seseorang.Dan mempunyai fungsi untuk memberi tahu cerita atau riwayat hidup seseorang yang meresensi atau seorang penulis novel tersebut agar si pembaca dapat mangetahui profil orang tersebut.
    2. Sinopsis adalah suatu ringkasan cerita dari beberapa buku seperti novel atau buku lain. Dan mempunyai fungsi sebagai ringkasan buku tersebut dan dapat menunjukan bagian cerita yang menarik dari buku tersebut.
    3. Kritik adalah sesuatu kesan dalam menilai suatu karya atau suatu ringkasn cerita dari beberapa buku yang tersinopsis. Dan memiliki fungsi untuk memberi tahu kita tentang kelemahan buku tersebut dan kita juga dapat memperbaiki kesalahan atau kekurangan buku tersebut.
    4. Saran adalah tanggapan yang diberikan kepada suatu karya atau sinopsis suatu buku dan tanggapan tersebut bersifat membangun. Dan memiliki fungsi sebagai pelengkap atau solusi dari kritik yang diberikan tersebut.

    BalasHapus
  46. SANTI ASTUTI
    XII IPA 4 - 32

    Fungsi dari :
    1. Biografi : suatu keterangan tentang kehidupan seseorang. Dengan tujuan memberikan gambaran kepada khalayak tentang pengarang dan keberadaannya secara lengkap . mulai dari daftar riwayat hidup sampai fakta dan kejadian dalam kehidupan orang tersebut.

    2. Sinopsis : ringkasan dari sebuah karya dengan tetap memperhatikan unsur – unsur interinsik . untuk memudahkan calon pembeli untuk mengetahui garis besar cerita dan tokoh – tokoh di dalam cerita.


    3. Kritik : untuk menilai kelebihan dan kekurangan buku. Pembuatan kritik sendiri adalah upaya resensor agar pembaca dapat menelaah keunggulan serta kekurangan karya sastra tersebut. Ada kritik subyektif (memiliki sudut pandang netral atau apa adanya )dan kritik obyektif ( menilai karena factor dan tujuan tertentu ).

    4. Saran : suatu masukan yang bersifat positif dengan tujuan untuk memotivasi seseorang memperbaiki dan membuat karya-karya berikutnya lebih baik dari sebelumnya.

    ~ maaf bila banyak kesalahan dalam komentar saya ~
    Terima kasih

    BalasHapus
  47. Riezhal/XII IPA3/ 28

    asslamualaikum wr.wb

    1. Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.berfungsi untuk mengetahui siapa yang menulis buku tersebut,dan secara tidak langsung menaikkan harga jual buku tersebut apabila penulis sudah terkenal

    2. Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat. berfungsi untuk memudahkan si pembaca buku non fiksi agar tau jalan ceritanya.
    3. Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.berfungsi untuk mengetahui kelemahan buku yang ditulis oleh pengarang.
    4. Saran adalah sebuah tanggapan yang bersifat membangun dan memiliki solusi atas kritik yang diberikan. berfungsi agar penulis lebih baik lagi dalam membuat karya berikutnya.

    Sekian. maaf pak :(

    BalasHapus
  48. Fardiansyah Dwiristyan (XII IPA 3/13)18 Agustus 2010 15.09

    Jawaban

    1. Fungsi Biografi:
    untuk mengetahui jati diri si penulis dan karya-karya yang dihasilkan untuk bisa diketahui si pembaca.

    2. Fungsi Sinopsis:
    memberikan gambaran singkat alur cerita sebuah buku,sehingga si pembaca berkeinginan untuk mengetahui dengan jelas isi buku tersebut.

    3. Fungsi kritik:
    Untuk mengevaluasi kualitas dari buku tersebut sehingga karya-karya berikutnya lebih baik lagi,dan agar si pembaca berkeinginan membaca karya-karya berikutnya.

    4. Fungsi saran:
    sebagai sarana yang bersifat membangun dalam artian solusi dari kritik para pembaca untuk memperbaiki kualitas buku.


    Terima kasih...

    BalasHapus
  49. ADI WIDODO/IPA 4/02

    1. Biografi:uraian yang dicantumkan ke dalam buku non fiksi yang berisi tentang perjalanan hidup seorang penulis,agar para pembaca juga bisa mengetahui latar belakang sang penulis.

    2. kritik:pendapat atau tanggapan yang dikemukakan untuk menilai kurang lebih baik buruknya suatu karya sastra agar karya sastra menjadi lebih baik selanjutnya.

    3. sinopsis:suatu ringkasan cerita yang ditulis secara singkat agar para pembaca bisa mengetahui jalan ceritanya.

    4. saran:pendapat atau usulan yang disampaikan sebagai pertimbangan agar buku menjadi lebih baik dan layak untuk dibaca.


    Terima kasih.....

    BalasHapus
  50. Muhd. Miftahur R. S.
    XII IPA 4 / 25

    Assalamu'alaikum wr.wb.

    1. Arti biografi : adalah uraian tentang perjalan hidup seorang tokoh yang dibuat oleh orang lain (penulis yang menceritakan/menulis riwayat hidup seseorang yang dianggap telah berjasa dalam hal apa saja)
    Fungsi biografi : untuk mengetahui kisah hidup seorang tokoh.

    2.Arti sinopsis : Ringkasan suatu cerita yang telah disajikan untuk mempermudah para pembaca buku non fiksi untuk mengetahui jalannya cerita
    Fungsi sinopsis : Mengetahui isi buku secara singkat bagi para pembaca buku non fiksi

    3.Arti kritik : Kecaman/tanggapan,kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya,pendapat dan sebagainya oleh seorang kritikus.
    Kritik dibedakan menjadi dua,yaitu :
    -Kritik Subyektif
    -Kritik obyektif
    *kritik subyektif : kritik yang bersifat negatif atau selalu di lebih-lebihkan atau di kurang-kurangkan.
    tujuan : untuk saling menjatuhkan
    *kritik obyektif : mengurai apa adanya dan tidak memihak jika baik dikatakan baik,jika buruk dikatakan buruk
    tujuan : untuk mengingatkan orang yang lalai agar menjadi baik.
    Fungsi kritik : untuk memberikan penilaian terhadap baik buruknya suatu karya sastra/karya non fiksi seseorang dan agar pembuat karya sastra lebih mendapatkan suatu tantangan untuk menjadi lebih baik

    4.Arti saran : pendapat (usul,anjuran) yang di kemukakan untuk dipertimbangkan kembali agar menjadi lebih baik.
    Fungsi saran : Untuk memberikan solusi perbaikkan terhadap suatu hal.

    Terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  51. M.Choirul Usroh
    XII IPA 4/24

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    1.Biografi : untuk mengetahui perjalanan hidup yang telah dialami oleh seorang tokoh,menjelaskan atau menceritakan kisah hidup seorang tokoh yang telah dialami dan telah menjadi contoh bagi orang lain.

    2.Sinopsis : mengetahui isi dan cerita buku dijadikan satu rangkuman atau secara singkat bagi pembaca buku non fiksi dan memberikan ringkasan suatu isi dan cerita buku untuk mengetahui secara cepat para pembaca buku non fiksi tentang jalan cerita buku tersebut.

    3.Kritik : untuk memberikan penilaian baik dan buruknya suatu karya yang telah dibuat bertujuan agar pembuat karya tersebut mendapatkan suatu pengalaman yang akan memperbaiki karyanya menjadi lebih baik serta memberikan penjelasan dan pertimbangan akan baik buruknya karyanya.
    Kritik dibagi menjadi dua :
    -Kritik obyektif : Penilaian secara terus terang tentang baik dan buruknya suatu karya dan tidak memihak.Jika baikr dikatakan baik,dan buruk dikatakan buruk.
    -Kritik subyektif : Kritik yang bersifat negatif.Bila kritikus membela apa yang disukainya ia akan melebih-lebihkan.Bila kritikus tidak menyukai suatu karya orang lain,maka ia akan menjatuhkan karya tersebut

    4.Saran : Memberikan jalan keluar atau solusi untuk memperbaikki suatu hal menjadi lebih baik dari sebelumnya,dan pendapat yang bersifat baik yang akan menjadikan suatu karya tersebut menjadi lebih baik

    BalasHapus
  52. Miralda Yessa Bella
    XII IPA 4 /21

    1.Biografi : Suatu penjelasan atau uraian tentang perjalan hidup seseorang atau tokoh yang dibuat oleh orang lain berdasarkan dengan fakta.Dapat dilakukan oleh orang yang bersangkuan menceritakan kepada penulis untuk menceritakan kisah hidupnya.
    Fungsi biografi : untuk mengetahui kisah hidup atau hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh seseorang dalam tempo hidupnya.

    2.Sinopsis : Ringkasan suatu cerita dari media buku atau media film dalam banyak kasus yang disajikan untuk para pembaca untuk mempermudah pembaca buku/film fiksi ataupun non fiksi secara singkat untuk mengetahui inti dari buku atau film tersebut.

    3.Kritik : untuk memberikan penilaian baik buruknya suatu karya sastra (fiksi/non fiksi) seseorang agar si pembuat karya tersebut menjadi lebih baik daam membuat karya sastra berikutnya.Dan kritik dapat dibedakan menjadi dua :
    -Kritik obyektif : penilaian sebuah karya,baik buruknya tentang sebuah karya oleh seorang kritikus karena melihat apa adanya.
    -Kritik subyektfi : dapat disebut kritik jelek karena jika sang kritikus lawan dari sang pengarang mungkin dapat diberitakan secara negatif.Dapat disebutkan kritik yang menyudutkan atau menjatuhkan.

    4.Saran : Untuk memberikan suatu solusi atau penilaian yang lebih baik agar karya tersebut menjadi lebih baik.Saran adalah pendapat yang dikemukakan untuk dipertimbangkan lagi

    BalasHapus
  53. Kevin Austin P.P
    XII IPA 4/20

    1.Biografi : Untuk mengetahui perjalan hidup/kairah hidup tokoh yang akan diceritkan dalam suatu karya

    2.Sinopsis : Untuk mengetahui jalan/isi suatu cerita (fiksi),isi buku (non fiksi) secara singkat.

    3.Kritik :Untuk memberikan penilaian (biasanya berupa kecaman dan bersifat negatif disertai uraian dan pertimbangan baik dan buruk) terhadap suatu karya sastra maupun karya fiksi maupun non fiksi.

    4.Saran : Untuk memberikan solusi,biasanya solusi untuk memperbaikki dan bersifat positif terhadap suatu hal.

    Terima kasih

    BalasHapus
  54. Raissa Gadri
    XII IPA 4/28

    1.Sinopsis: fungsi dari membaca sinopsis adalah sebagai gambaran isi naskah tersebut. Kaitannya dengan penulis dan editor adalah sinopsis adalah sebagai gerbang awal editor untuk mengetahui isi naskah. Dari sinopsis, editor dengan mudah akan tahu apakah naskah yang dikirimkan sesuai dengan visi dan misi penerbitannya atau tidak. Fungsi sinopsis akan makin besar pada penerbit skala besar. Jadi walaupun sepele sinopsis ini sangat besar fungsinya.

    2.Saran: untuk mengembangkan atau aspirasi membangun demi terjadinya sesuatu yang lebih baik dari yang sebelumnya. Saran juga dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah

    3.Kritik: sesuatu yang perlu diperbaiki, pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sehingga pada hasil selanjutnya dapat lebih baik. Kritik juga bisa digunakan sebagai kecaman dan tanggapan

    4.Biografi: suatu riwayat hidup seseorang yang biasanya dijadikan sebagai panutan dan pelajaran untuk orang-orang generasi selanjutnya. Biografi diharapkan bisa menjadi inspirasi pula bagi pembacanya supaya dapat melakukan sesuatu yang paling tidak sama atau bahkan lebih. Biografi juga dapat difungsikan untuk pemberian pelajarana agar kesalahan di masa lalu tidak akan terjadi di masa mendatang

    Terima Kasih

    BalasHapus
  55. Sahiroh
    XII IPA 3/31

    Jawaban:

    1. Fungsi Biografi
    Tujuan dibuatnya biografi bagi pembaca yaitu menyoroti siapa pengarang karya nonfiksi tersebut dalam arti memperkenalkan pengarang meliputi riwayat hidup, prestasi dan latar belakang pendidikan sehingga para calon pembaca dapat menilai karya nonfiksi yang akan dibaca.

    2. Fungsi Sinopsis
    Tujuan dibuatnya sinopsis adalah memberitahu kepada para calon pembaca bahwa isi cerita karya nonfiksi tersebut sangatlah menarik sehingga memantapkan para calon pembaca agar tertarik dan berminat untuk membacanya.

    3. Fungsi Kritik
    Tujuan pembuatan kritik ialah untuk menilai, mengevaluasi dan mengkritisi terhadap kesalahan-kesalahan yang ada dengan tujuan agar lebih diperhatikan dalam menciptakan suatu karya.

    4. Fungsi Saran
    Untuk memberikan masukan-masukan agar segala kelemahan dalam karya nonfiksi tersebut dapat diperbaiki demi kesempurnaan karya tersebut ke depannya dan memotivasi pengarang untuk menhasilkan suatu karya nonfiksi lebih baik dan menakjubkan bagi para calon pembaca.

    BalasHapus
  56. Nama : Monica Taurisia
    Kelas : XII IPA 4 / 38



    1.Fungsi Biografi :
    a. Menjawab pertanyaan yang muncul jika seseorang bertanya tentang nonfiksi yang baru dijumpai dala hal, siapa pengarang nonfiksi, mengapa dan bagaimana liku-liku pengarang menulis buku nonfiksi tersebut, apa yang dapat ditemukan dalam buku nonfiksi tersebut, bagaimana hubungan buku nonfiksi tersebut dengan buku yang sejenis dan bagaimana hubungan dengan buku yang sejenis dengan karya pengarang yang sama maupun dengan buku lain dan karya pengarang yang lain pula.

    b.Dengan membaca resensi buku nonfiksi dapat memberikan gambaran tentang pengarang dan keberadaannya kepada kalangan masyarakat secara nyata.

    2.Fungsi Sinopsis : mengajak pembaca untuk memikirkan dan merenungkan isi dalam sebuah buku nonfiksi

    3.Fungsi Kritik : memberikan informasi atau pemahaman tentang sebuah buku nonfiksi (baru) kepada khalayak ramai secara komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam buku tersebut.

    4.Fungsi Iklan : Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah nonfiksi itu layak dibaca atau tidak

    BalasHapus
  57. Nama : Ramdini Nur Azizah
    Kelas : XII IPA 4 / 29



    1.Fungsi Biografi :
    a. Menjawab pertanyaan yang muncul jika seseorang bertanya tentang nonfiksi yang baru dijumpai dala hal, siapa pengarang nonfiksi, mengapa dan bagaimana liku-liku pengarang menulis buku nonfiksi tersebut, apa yang dapat ditemukan dalam buku nonfiksi tersebut, bagaimana hubungan buku nonfiksi tersebut dengan buku yang sejenis dan bagaimana hubungan dengan buku yang sejenis dengan karya pengarang yang sama maupun dengan buku lain dan karya pengarang yang lain pula.

    b.Dengan membaca resensi buku nonfiksi dapat memberikan gambaran tentang pengarang dan keberadaannya kepada kalangan masyarakat secara nyata.

    2.Fungsi Sinopsis : mengajak pembaca untuk memikirkan dan merenungkan isi dalam sebuah buku nonfiksi

    3.Fungsi Kritik : memberikan informasi atau pemahaman tentang sebuah buku nonfiksi (baru) kepada khalayak ramai secara komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam buku tersebut.

    4.Fungsi Iklan : Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah nonfiksi itu layak dibaca atau tidak

    BalasHapus
  58. fungsi biografi: Untuk menginformasikan latar belakang penulis buku yang dibaca, mulai dari latar belakang kehidupan, pendidikan dan keberhasilannya.

    fungsi sinopsis: untuk memberi ringkasan dari cerita buku tersebut supaya lebih mudah memahami isi buku tersebut.

    fungsi kritik: sarana menyampaikan kritikan dari resensor kepada penulis dan penerbit mengenai kelemahan yang terdapat di buku tersebut.Ini bisa menjadi pertimbangan bagi kita tentang perlu atau tidaknya buku tersebut kita baca dan kelayakannya.

    fungsi saran: saran tersebut berguna menambah pengetahuan kita untuk bisa menilai karya tersebut.

    BalasHapus
  59. Nama : Ayu Ryan Prameswari
    Kelas : XII IPA 3 / 08

    Jawaban:
    1)Fungsi dari biografi bagi para pembaca buku nonfiksi yaitu untuk menjelaskan/memapaparkan tentang data diri seorang tokoh (gambaran/uraian kehidupan dan latar belakang tokoh)supaya dapat menarik para pembaca untuk lebih mengenal sang tokoh.

    2) Fungsi dari sinopsis bagi para pembaca buku nonfiksi yaitu untuk memberikan sedikit gambaran / ringkasan cerita supaya para pembaca menjadi tertarik terhadap cerita tersebut.

    3)Fungsi dari kritik bagi para pembaca buku nonfiksi untuk memberikan tanggapan terhadap suatu cerita / tulisan.Baik itu tanggapan yang menyertakan kelebihan ataupun kekurangan. Namun dalam resensi, kritik hanya menyertakan kelebihannya saja agar para pembaca menjadi tertarik.

    4)Fungsi dari saran bagi para pembaca buku nonfiksi adalah untuk pembenahan bila ada kesalahan pada buku tersebut seperti halnya yang sering terjadi kesalahan dalam penulisan, serta dengan saran / masukan bisa membuat kemajuan pada buku tersebut, baik dari segi intrinsik maupun ekstrinsik.

    BalasHapus
  60. Nurin Fauziah Ivada
    XII IPA 3 / 25

    1. Biografi adalah gambaran kehidupan seorang tokohyang terkait dengan latar belakang kehidupannya. Tidak hanya tempat dan tanggal lahir saja, tetapi juga meliputi latar belakang pendidikannya, keberhasilannya, hingga prestasi-prestasi yang telah diraih.
    Oleh karena itu, biografi berfungsi untuk meyakinkan si pembaca mengenai penulis dan lebih mengenal si penulis cerita, serta untuk memperkenalkan penulis kepada khalayak ramai.

    2. Sinopsis adalah suatu ringkasan cerita yang ditulis oleh sinoptor. Sinopsis ini mewakili isi cerita secara keseluruhan. Bagian yang ditampilkan dalam sinopsis adalah hal-hal yang menarik dari cerita.
    Fungsi sinopsis itu sendiri adalah untuk membantu pembaca memahami isi cerita sebelum membaca secara keseluruhan dari isi buku dan untuk memantapkan pembaca dari isi cerita.

    3. Kritik adalah suatu penilaian atau apresiasi seseorang terhadap sebuah karya. Kritik itu sendiri ada yang bersifat obyektif (sesuai fakta dan tidak memihak) dan ada yang bersifat subyektif (menjatuhkan dan memihak).
    Oleh karena itu, kritik berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan buku, sehingga hal ini juga bisa dijadikan pertimbangan oleh si pembaca.

    4. Saran adalah suatu pendapat atau masukan. Biasanya saran itu sendiri bersifat membangun dan juga memberikan solusi bagi pembaca.
    Sebagai fungsinya, saran bisa dijadikan masukan untuk menilai kualitas dari buku itu sendiri, sehingga memudahkan pembaca dalam memilih buku atau sebagai tambahan apakah buku tersebut layak untuk dibaca atau tidak.

    --Terima Kasih--

    BalasHapus
  61. Dian Ayu Budiani
    XII IPA4/12

    1.Biografi: fungsinya bagi para pembaca untuk mengetahui tentang kehidupan, riwayat dan latar belakang si penulis serta keberhasilan dari karya-karyanya yang lalu.

    2.Sinopsis: ringkasan dari sebuah cerita yang fungsinya bagi para pembaca agar mengetahui tokoh-tokohnya, latar dan akhir cerita tersebut . Sinopsis dibuat oleh resensor

    3.Kritik: fungsinya bagi para pembaca agar mengetahui baik buruknya sebuah buku sehingga dijadikan pertimbangan sebelum membeli buku.

    4.Saran: fungsinya bagi para pembaca untuk mengetahui sudut pandang objektif sebuah buku dan bersifat membangun

    BalasHapus
  62. hardian bimanto
    XII IPA3/15

    1.Biografi: riwayat hidup seorang penulis dan kberhasilan dalam karya-karyanya

    2.Sinopsis: ringkasan cerita yang berfungsi untuk mempermudah seorang pembaca dalam mengetahui isi buku.Biasanya sinopsis berada di belakang buku

    3.kritik: sebuah masukan yang berguna untuk meningkatakan pemahaman pembaca dalam buku tersebut

    4.saran: suatu yang berguna dalam memeperkecil kekeurangan sehingga tidak ada kesalahan dalam bentuk apapun

    BalasHapus
  63. Andreas Wicaksono Irianto
    XII IPA 3 / 06

    Fungsi dari biografi adalah agar pembaca mengetahui kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Pembaca tidak hanya mengetahui daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, tetapi juga bercerita tentang perasaan seseorang yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

    Fungsi dari sinopsis adalah agar penulis mengetahui ringkasan cerita suatu buku nonfiksi, dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik karya tersebut. Sehingga sinopsis selalu membuat karangan (novel) yang panjang menjadi bentuk yang singkat. Pembaca juga bisa mengetahui isi dan gagasan umum penulis karya tersebut, meskipun biasanya hanya disajikan dalam dua atau tiga halaman.

    Fungsi dari kritik adalah agar pembaca mengetahui masalah penganalisaan dan pengevaluasian karya nonfiksi tersebut, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki kekurangan dari karya tersebut. Kritik kadang juga dapat membantu pembaca mengetahui alasan atau analisis penulis terhadap kritik yang disampaikannya, sebagai pertimbangan untuk membenahi kekurangan yang ada pada karya tersebut di kemudian hari.

    Fungsi dari saran adalah agar pembaca mengetahui berbagai solusi yang ditawarkan oleh penulis terhadap buku nonfiski yang telah diberi kritik. Pembaca juga dapat mengetahui rekomendasi yang diberikan agar tercapainya suatu karya yang hampir sempurna.

    Terima kasih, Pak. Maaf kalau jawabannya tidak nyambung.

    BalasHapus
  64. Tyas Juwitasari Djoyo
    XII IPA 4/33

    1. Fungsi dari biografi: para pembaca dapat mengetahui riwayat hidup dan lika-liku kehidupan penulis sehingga pembaca lebih terperinci untuk mengetahui buku tersebut.

    2. Fungsi dari sinopsis: sinopsis adalah isi ringkasan cerita yang secara simple dijelaskan agar para pembaca dapat lebih memahami lagi inti atau kandungan cerita yang ada di dalamnya.

    3. Fungsi dari kritik: kritik ada yang baik dan ada pula kritik yang buruk. Hal tersebut dapat memudahkan para pembaca untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

    4. Fungsi dari saran: saran baiknya bersifat membangunkan semangat penulis yang dapat mempengaruhi para pembaca agar lebih meminati buku tersebut.

    BalasHapus
  65. Dimas Prakoso Dewa
    XII IPA 3/12

    Fungsi biografi yaitu untuk mengetahui biodata pengarang, riwayat hidup pengarang, dan latar belakang pendidikan pengarang.

    Fungsi saran yaitu memberikan masukan terhadap buku tersebut agar pengarang dapat memberikan yang lebih baik saat menulis buku kembali.

    Fungsi kritik yaitu pembaca dapat mengetahui kekurangan dari buku baik dari segi fisik maupun isi buku. Ini sebagai pertimbangan pembaca untuk membandingkan buku tersebut dengan buku sejenisnya.

    Fungsi sinopsis yaitu memudahkan pembaca dalam mengetahui sekilas cerita tentang isi buku tersebut sehingga pembaca tidak tertipu apakah buku ini menarik atau tidak.

    maaf ya Pak jika ada salah penulisan kata.

    BalasHapus
  66. Liana Suciati
    XII IPA 3/18

    fungsi biografi: Untuk menginformasikan latar belakang penulis buku yang dibaca, mulai dari latar belakang kehidupan, pendidikan dan keberhasilannya.

    fungsi sinopsis: untuk memberi ringkasan dari cerita buku tersebut supaya lebih mudah memahami isi buku tersebut.

    fungsi kritik: sarana menyampaikan kritikan dari resensor kepada penulis dan penerbit mengenai kelemahan yang terdapat di buku tersebut.Ini bisa menjadi pertimbangan bagi kita tentang perlu atau tidaknya buku tersebut kita baca dan kelayakannya.

    fungsi saran: saran tersebut berguna menambah pengetahuan kita untuk bisa menilai karya tersebut.



    Pak maaf mengirim dua kali karena tadi lupa belum dikasih kelas dan nomer absen.

    BalasHapus
  67. nama/kelas : Hanna Rasyida XI IPA 3 – 12

    1. Biografi
    Biografi berasal dari kata bios yang berati hidup dan graphien yang berarti tulis, kedua nya berasal dari bahasa yunani.
    Biografi adalah tulisan atau karangan yang berfungsi memberi suatu penjelasan kepada pembaca mengenai riwayat hidup seorang tokoh yang bersumber pada informasi asli atau fakta
    Di dalam bigrafi ditemukan keterangan mengenai tokoh tersebut seperti tanggal lahir, tanggal kematian, hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi kehidupa seorang yang disusun secara kronologis berdasarkan periode waktu.

    2. Sinopsis
    Sinopsis adalah ringkasan suatu cerpen. Yang di buat dengan tujuan memudahkan pembaca memahami garis besar cerita dari suatu karangan dan pembaca memperoleh gambaran dasar mengenai suatu karangan tersebut. Sinopsis di tulisa dengan tetap memperhatikan unsur-unsur instrinsik dari cerpen tersebut.

    3. Kritik
    Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk menigkatkan pemahaman, memperluas apresiasi atau membantu memperbaiki suatu karya tulis.
    Kritik bukanlah suatu celaan terhadap suatu karya melainkan suatu bentuk evaluasi yang bermanfaat bagi perbaikan suatu karya.

    4. Saran
    Saran adalah masukan sebagai sudut pandang objektif, lebih mengarah pada pemberian solusi pada suatu kekurangan sebuah karya tulis, dan penerima saran cenderung menuruti solusi yang telah di berikan untuk memperbaiki karyanya.

    BalasHapus
  68. Ayu Seputri Rosmarini
    XII-IPA 3 / 9

    Fungsi :

    1. Biografi : untuk mengetahui suatu gambaran kehidupan tokoh yang terkait dengan latar belakang kehidupan, biodata tokoh, keberhasilan, pendidikan dan prestasi tokoh tersebut.

    2. Sinopsis : suatu ringkasan cerita yang mewakili isi cerita secara keseluruhan dan bertujuan agar para pembaca memahami inti dari cerita.

    3. Kritik : masukan positif atau negatif yang mengupas kelebihan dan kekurangan buku sehingga pembaca dapat mempertimbangkan buku mana yang pantas untuk dibaca.

    4. Saran : untuk memberikan pendapat yang membangun atau bersifat positif karena menilainya secara objektif, dengan adanya saran diharapkan penulis dapat mengetahui kekurangan dalam buku tersebut.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  69. Mirza Destiana Regita19 Agustus 2010 08.27

    Mirza Destiana Regita
    XII IPA 4 / 22

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    1.Biografi : untuk mengetahui kisah riwayat hidup seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata).

    2.Sinopsis : ringkasan cerita yang berfungsi untuk memudahkan pembaca mengetahui isi dari cerita tersebut.

    3.Kritik : memberikan penilaian terhadap sesuatu. Kritik sebaiknya dilakukan secara objektif yaitu apa adanya dan sesuai dengan fakta yang ada.

    4.Saran : Memberikan masukan yang dapat berupa solusi untuk memecahkan suatu masalah.

    Terima Kasih Pak Iwan

    BalasHapus
  70. Andiantina Maharani
    XII IPA 3/05


    1.FUNGSI BIOGRAFI adalah untuk menceritakan
    tentang kehidupan,latar belakang tokoh.

    2.FUNGSI SINOPSIS adalah ringkasan cerita.Biasanya yang ditujukan bagian yang membuat orang penasaran

    3. KRITIK adalah sebagai penilaian yang mengungkapkan baik keistimewaan, kekhasan maupun kelemahan dari seseorang baik berupa prilaku maupun ucapan yang semata-mata merupakan realita.

    4. Saran adalah anjuran untuk mengarah yang lebih baik

    BalasHapus
  71. Ophelia Audiary K.
    (XII IPA 3/26)

    1. Biografi: sebuah kisah atau keterangan tentang riwayat hidup seseorang, yaitu tentang latar kehidupannya, pendidikannya serta keberhasilan yg pernah dicapai. Hal ini bisa memberikan gambaran kepada calon pembeli tentang si penulis dan keberadaannya.

    2. Sinopsis: memberikan gambaran sekilas dan menyeluruh terhadap isi buku sehingga dapat memberikan kemudahan kepada calon pembeli dalam memilih buku mana yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

    3. Kritik: menilai bobot (kualitas) isi buku tersebut secara keseluruhan, antara lain mengungkapkan kelebihan dan kekurangan buku. Dengan demikian kritik bisa memberi pertimbangan kepada calon pembeli tentang perlu tidaknya memiliki buku tersebut.

    4. Saran: suatu pendapat yang isinya bersifat membangun; yang bisa menjadi masukkan bagi penulis atau pengarang untuk meningkatkan kualitas karyanya agar lebih baik lagi..

    --terimakasih pak.. maaf apabila ada salah kata--

    BalasHapus
  72. Nila dwi andhini/12 ipa 3/22
    1. Fungsi biografi yaitu untuk mengenalkan pengarang buku Apakah pengarang itu berprestasi dan dikenal oleh masyarakat atau tidak.
    2. Fungsi sinopsis yaitu untuk mengetahui isi yang terkandung dalam buku, apakah isinya menarik atau tidak, agar pembaca tidak menyesal ketika sudah membeli buku tersebut.
    3. Fungsi kritik untuk mengetahui kelebihan-kelebihan apa saja yang terkandung dalam buku tersebut, agar menarik hati pembaca atau calon pembeli.
    4. Fungsi saran yaitu untuk mengetahui saran apa saja yang telah diterima oleh pengarang dan apakah saran tersebut bisa diterima baik oleh pengarang maupun pembaca, agar pengarang lebih termotivasi dalam membuat karangan.

    BalasHapus
  73. Vonny Prasetya I.
    XII IPA 3/33
    ASSALAMU'ALAYKUM WR.WB
    1. Biografi
    membantu pembaca untuk mengenal penulis dengan memberikan suatu gambaran mengenai data penulis dari segi latar belakang kehidupan (tempat tanggal lahir, nama orang tua, jumlah saudara), latar belakang pendidikan (lulusan dari sekolah dan universitas apa saja) dan latar belakang kehidupan (prestasi yang berhasil diraih penulis selama pengalamannya menjadi penulis). Semakin banyak prestasi yang berhasil dicapai akan semakin menambah penulis karena pengalaman penulis yang sudah tidak diragukan karyanya.

    2. Sinopsis
    memberikan gambaran sekilas dan menyeluruh terhadap isi buku sehingga kemudian pembaca dapat menentukan akan membaca lebih lanjut isi buku tesebut atau tidak. Sinopsis sebaiknya disajikan semenarik mungkin dengan mempertimbangkan keefektifan

    BalasHapus
  74. Fighi Fridyawati
    XII - IPA 4 / 16

    1. Fungsi Biografi
    Untuk mengetahui keterangan mengenai pengarang atau penulis buku.

    2. Fungsi Sinopsis
    suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.

    3. Fungsi Kritik
    Digunakan ntuk menilai kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi.

    4. Fungsi Saran
    Pendapat dari pembaca yang bersifat membangun, agar penulis dapat menghasilkan suatu karya yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

    BalasHapus
  75. Qonitah ASia Aprifiar
    XI IPA 2/25

    1. Biografi adalah Penggambaran penulis, yang berisikan tentang jati diri penulis tersebut. Yang membuat para pembacanya dapat mengetahui dan yakin akan keberadaan seorang penulis tersebut dalam buku yang diangkatnya.
    2. Sinopsis adalah sebuah cerita singkat yang dapat mengambarkan seluruh isi cerita yang ada. Yang berguna menarik para pembeli agar mau membaca buku tersebut dan para calon pembeli buku tidak kecewa pada saat membeli buku tersebut.
    3. Kritik digunakan untuk penganalisaan dan pengevaluasian karya dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan juga dapat memperluas apresiasi pembeli terhadap keunggulan serta kekurangan karya sastra tersebut. Ada kritik subyektif (memiliki sudut pandang netral atau apa adanya )dan kritik obyektif ( menilai karena factor dan tujuan tertentu ).
    4. Saran digunakan untuk suatu masukan yang bersifat positif dengan tujuan untuk memotivasi seseorang memperbaiki dan membuat karya-karya berikutnya lebih baik dari sebelumnya dan juga dapat sebagai solusi dari kritik yang diberikan tersebut.

    BalasHapus
  76. Sahiroh
    XII IPA 3/31

    1. Fungsi Biografi
    Tujuan dibuatnya biografi bagi pembaca ialah untuk menyoroti siapa pengarang karya nonfiksi tersebut dalam arti memperkenalkan pengarang meliputi riwayat hidup, prestasi, dan latar belakang pendidikannya sehingga para calon pembaca dapat menilai karya nonfiksi yang akan dibaca.
    2. Fungsi Sinopsis
    Tujuan dibuatnya sinopsis adalah untuk memberitahu kepada para calon pembaca bahwa isi cerita karya nonfiksi tersebut sangatlah menarik sehingga memantapkan para calon pembaca agar tertarik dan berminat untuk membacanya.
    3. Fungsi Kritik
    Tujuan pembuatan kritik yaitu untuk menilai, mengevaluasi, dan mengkritisi hasil suatu karya terhadap kesalahan-kesalahan yang ada dengan tujuan agar dalam pembuatan karya ke depannya perlu diperhatikan dengan baik.
    4. Fungsi Saran
    ialah untuk memberikan masukan-masukan agar segala kekurangan dalam karya nonfiksi tersebut dapat diperbaiki demi kesempurnaan karya dan memotivasi pengarang untuk menciptakan suatu karya yang menakjubkan.

    BalasHapus
  77. Rizky P.H.
    XII IPA 3 / 30

    Biografi sebagai sarana untuk mengetahui riwayat hidup penulis serta karya-karya yang pernah dihasilkan sebelumnya sehingga memudahkan calon pembaca nonfiksi untuk mengetahui keberadaan penulis tersebut.

    Sinopsis berisikan cuplikan isi buku . sehingga dengan adanya sinopsis, pembaca dapat mengetahui buku macam apa ini . selain itu para pembaca akan penasaran dan mulai tertarik untuk membaca buku tersebut.

    Kritik meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, membantu memperbaiki pekerjaan. Masukan bisa berupa positif atau negatif. Memberi tahu kekurangan dan kelemahan buku tersebut.

    Saran merupakan sebuah pendapat yang mengacu pada keseluruhan isi buku. saran biasanya cenderung bersifat positif berfungsi sebagai sarana pengintropeksian diri penulis buku non fiksi.

    Maaf pak, pengumpulan terlambat.

    BalasHapus
  78. Aditya R
    XI ipa2/4

    1. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu.
    2. Sinopsis adalah ringkasan cerita cerpen. Ringkasan cerpen adalah bentuk pemendekan dari sebuah cerpen dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.
    3. Kritik adalah hasil dari pengamatan yang diberikan untuk meningkatkan dan memperbaiki pekerjaan.

    BalasHapus
  79. Lailatus sakinah
    XI IPA2 - 14
    Fungsi:
    1. Biografi : dengan membaca resensi buku nonfiksi dapat memberikan gambaran tentang pemgarang dan keberadaannya kepada kalangan masyarakat secara nyata.

    2. Sinopsis : agar pembaca dapat memahami isi buku. Dalam resensi, sinopsis dibuat resensor agar para pembaca lebih mengetahui isi buku. Dibuat dalam bentuk ringkasan.

    3. Kritik : mengetahui akan kekurangan dan kelebihan dari isi buku sastra nonfiksi baik dari segi obyektif maupun subjektif.

    4. Saran : sebagai sudut pandang obyektif yang mengurai apa adanya namun lebih terkesan positif sehingga dapat menjadì pertimbangan yang baik bagi pembaca

    BalasHapus
  80. Mita ayu dita A.
    XI IPA 2 /19
    1. Biografi
    Riwayat hidup seorang penulis dan keberhasilan dalam karya-karyanya.
    2. Sinopsis
    Ringkasan cerita yang berfungsi mempermudah pembaca mengetahui isi tugas.
    3. Kritik
    Sebuah masukan yang berguna untuk meningkatkan pemahaman pmbaca dalam buku.
    4. Saran
    Suatu yang berguna dalam memperkecil kekurangan sehingga tidak ada kesalahan.

    BalasHapus
  81. FITRI KURNIAWATI
    XII IPA 3 / 14

    Biografi adalah sebuah tulisan mengenai perjalanan hidup seseorang, dalam hal ini adalah penulis. Di dalamnya terkandung riwayat pendidikan penulis, karya-karya yang telah dibuat, prestasi-prestasi yang pernah diraih dan sebagainya.

    Sinopsis adalah cuplikan cerita dari sebuah novel yang memberikan gambaran secara umum dari cerita secara keseluruhan. Dan sinopsis ini biasanya akan mengundang rasa ingin tahu pembaca untuk membaca keseluruhan isi dari novel tersebut.

    Kritik adalah ungkapan hati pembaca akan hal-hal yang dianggap kurang memuaskan ataupun hal-hal yang yang disukai. Dan apabila kritik ditanggapi secara bijaksana maka akan menjadi sebuah masukan yang berharga guna memperbaiki karya yang telah dibuat.

    Saran biasanya cenderung berupa masukan-masukan positif yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan dan memberikan solusi terhadap suatu masalah.

    maaf pak saya terlambat mengerjakan, saya menyesal pak .

    BalasHapus
  82. wahyu eka p XII ipa 4 no 3527 Agustus 2010 07.03

    biografi adalah mengetahui latar belakang penulis dan sisi kehidupan dari seorang penulis itu

    sinopsis adalah mengetahui kilasan atau cerita singkat isi buku untuk menarik kesimpulan dan membuat pembaca menarik membacanya

    kritik adalah untuk membahas kekurangan tulisan penulis agar lebih cermat dalam menulis suatu karya dan bersudut pandang positif

    saran adalah untuk memberikan solusi kepada penulis tentang kekurangan tulisan


    maaf pak saya tidak memiliki komputer jadi baru bisa mengumpulkan sekarang makasih pak sebelumnya .

    BalasHapus
  83. lusi sri julianti P3 no 19 mengatakan ..
    fungsi biografi adalah agar pembaca megetahui latar belakang kehidupan si penulis . agar menarik minat pembaca bila mengetahui sisi kehidupan pengarang.

    fungsi sinopsis agar pembaca mengetahui ringkasan cerita dari sebuah buku.dan dari cuplikan cerita tersebut pembaca dapat menarik kesimpulan apakah buku itu menari atau tidak.

    fungsi kritik adalah ungkapan para pembaca yang mengenai buruk atau kelebihan dari buku .dan dari pengamatan kritikan ini dapat menjadievaluasi bagi si penulis untuk dapat meningkatkan kualitas tulisannya.

    maaf pak iwan saya terlambat mengerjakan tugas ini karena saya tidak mempunyai komputer dan baru ini saya bia mengerjakan tugas ini.
    maaf pak iwan .

    terimakasih pak iwan . ;(

    BalasHapus
  84. dully caka andireno/XI IPS 1/30
    Judul Buku: Layar Terkembang
    Penulis: Sutan Takdir Alisjahbana
    Penerbit: Balai Pustaka
    Cetakan: 37(2005) - Cetakan Pertama 1937, Terbaru 2009
    Tebal: 176 halaman
    Kertas Cover: Soft Cover, Art Carton 180 gram
    Kertas Isi: HVS 70 gram


    Buku Layar Terkembang merupakan sebuah cerita bernuansa roman karya Sutan Takdir Alisjahbana. Ceritanya menceritakan perjuangan wanita Indonesia beserta cita-citanya. Roman ini memperkenalkan masalah wanita Indonesia yang mulai merangkak pada pemikiran modern. Kaum wanita mulai bangkit untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai wanita, berwawasan luas, bercita-cita mandiri serta agar disamakan derajat serta agar disamakan derajatnya dengan kaum pria. Masalah lain yang dipersoalkan dalam roman ini, yaitu masalah kebudayaan barat dan timur. Juga termasuk masalah agama.
    Kisah bermulai dari sosok kakak beradik yang berpengarai berbeda, Tuti dan Maria. Tuti seorang kakak yang selalu serius dan aktif dalam berbagai kegiatan wanita. Ia bahkan aktif dalam memberikan orasi-orasi tentang persamaan hak kaum wanita. Pada saat itu, semangat kaum wanita sedang bergelora sehingga mereka mulai menuntut persamaan dengan kaum pria. Sedangkan Maria adalah adik yang lincah dan periang sehingga semua orang yang berada di dekatnya pasti akan menyenangi kehadirannya. Di tengah-tengah dua dara jelita ini, muncullah Yusuf, seorang mahasiswa kedokteran, yang pada masa itu lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Tabib Tinggi. Sejak pertemuannya yang pertama di gedung akuarium Pasar Ikan, antara Maria dan Yusuf timbul kontak batin sehingga mereka menjadi sepasang kekasih.
    Sementara itu, Tuti yang melihat hubungan adiknya sebenarnya berkeinginan pula untuk memiliki seorang kekasih. Apalagi setelah ia menerima surat cinta dari Supomo, seorang pemuda terpelajar yang baik hati dan berbudi luhur. Namun, karena pemuda itu bukanlah pemuda idamannya, ia menolaknya. Sejak itu hari-harinya semakin disibukkan dengan kegiatan organisasi dan melakukan kegemarannya membaca buku, sehingga ia sedikit melupakan angan-angannya untuk memiliki seorang kekasih.
    Setelah melalui tahap-tahap perkenalan, pertemuan dengan keluarga, dan kunjungan oleh Yusuf, diadakanlah ikatan pertunangan antara Maria dan Yusuf. Tetapi sayang, ketika menjelang hari pernikahan, Maria jatuh sakit. Penyakitnya parah, malaria dan TBC, sehingga harus dirawat di Sanatorium Pacet. Tidak lama kemudian, Maria menghembuskan nafasnya yang terakhir. Sebelum ajal datang, Maria berpesan agar Tuti, kakaknya bersedia menerima Yusuf. Tuti tidak menolak dan dimulailah pertunangan antara Tuti dan Yusuf. Akhirnya tak lama kemudian keduanya menikah dan hidup selamanya.
    Jalan cerita dari buku sastra ini sangatlah memiliki daya tarik untuk dapat diminati oleh pembaca,terutama diperuntukkkan kalangn siswa siswi sekolah lanjutan tingkat menengah pertama dan atas
    Akan tetapi kalimat-kalimat dalam buku sastra ini memerlukan pemahaman yang mendalam bagi pembaca pada saat membaca buku ini.

    BalasHapus