Powered By Blogger

Rabu, 23 November 2011

LANJUTAN MAMPIR DI WARUNG SATE 2

Warung sate terus diminati, mengingat ning Rose nanya lgi apakah sate
yang hanya dua tusuk itu masih ada yang lain, maka pak tanya kenapa
hrus tanya lagi, jawab ning Rose, singkat saja " Habis,   sate enak se!"
Dari pertnyaan dn jaban itu, maka walau malang telah larut, maka sate
yang masih 50 tusuk itu kubakar lagi, biar yang di sana dapat melahap
Sate dimakan pagi, siap ataupuntengah  malam, masih saja tetap enak
Ya...ya, ning tunggu bentar ya kubakarkan dulu, berapa yang ning min
ta, tanya pak Jo menanggapinya. Empat puluuuuuuuuuuuuuh tusuk aja!
Oh.. beres ning, sabar ya ini pak Jo bakarkan, lahap sampai habis lo!
Dasar anak seusia kamu ini memang senang-senangnya makan, ya?

1.       Pola pengembangan paragraf berikut ini yang berpola pengembangan
       induktif adalah … ?
a.       Kebun  Binatang  Surabaya (KBS) kembali berduka, satwa di tempat ini 
       terancam habis seiring dengan maraknya kematian secara beruntun.
       Kali ini ada komodo yang mati mendadak. Hal ini masih berhubungan 
       langsung dengan perawatan satwa-satwa di tempat penangkaran 
       binatang  yang kurang mendapat perhatian itu.
b.       Kematian komodo berusia 8 tahun berjenis kelamin betina itu 
       ditemukan sudah tidak bergerak pada pukul 23.00 WIB. Pada hari 
       Minggu malam itu sangat mengagetkan pihak menejemen KBS. 
       Mengingat komodo yang berada pada kandang nomor tiga itu 
       tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.
c.        Kematian komodo itu sangat mendadak.Untuk mengetahui penyebabnya 
        maka dilakukan otopsi.Dugaan sementara kematian komodo itu karena 
       infeksi kandung telur.Namun dugaan tersebut masih perlu dilakukan 
       pemeriksaan lebih dalam,”beber Anthan Warsito, humas KBS”, 
       dihubungi Senin, 24 Oktober 2011.
d.       Yessi Arie Lissia dokter hewan KBS mengatakan penyebab pasti 
       komodo berjenis kelamin perempuan itu masih menunggu hasil tes 
       laboratorium. Bangkai hewan tersebut sudah dikirim ke laboratorium, 
       setelah pengambilan sampel selesai.

e.        Dengan    kematian    komodo     berjenis  
perempuan ini menambah daftar    panjang satwa kebun binatang 
kota ini yang mati mendadak.Selama bulan September hingga Oktober
sudah ada beberapa binatang langka yang mati, di antaranya gajah, 
rusa Bawean,buaya, ular pithon,kambing gunung,rusa belang dan babi hutan.

 2.  Kebun  Binatang  Surabaya (KBS) kembali berduka, satwa di tempat ini 
      terancam habis seiring dengan maraknya kematian secara beruntun.Kali ini ada 
      komodo yang mati mendadak. Hal ini masih berhubungan langsung dengan 
      perawatan satwa-satwa di tempat penangkaran binatang yang kurang mendapat
      perhatian itu.
Ide pokok paragraf di atas adalah… .
a.       Kebun  Binatang  Surabaya (KBS) kembali berduka.
b.       Satwa di Kebun Bintang Surabaya terancam habis.
c.        Satwa di tempat ini terancam habis.
d.       Kali ini ada komodo yang mati mendadak.
e.        Perawatan satwa-satwa di tempat penangkaran binatang kurang mendapat perhatian
3.       Kematian komodo itu sangat mendadak.Untuk mengetahui penyebabnya maka dilakukan 
       otopsi.Dugaan sementara kematian komodo itu karena infeksi kandung telur.Namun 
       dugaan tersebut masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih dalam,”beber Anthan Warsito, 
       humas KBS”,  dihubungi Senin, 24 Oktober 2011.

Paragraf di atas tergolong jenis paragraf… .
a.       deduktif      d.  naratif
b.       induktif        e.  iferatif (bergantung)
c.        ineratif
4.        Berikut ini adalah tujuan utama sebuah wawancara,yakni… .
a.       Menemukan narasumber sebagai sasaran wawancara.
b.       Memperoleh informasi yang akurat secara jelas dan aktual langsung dari narasumber.
c.        Mengembangkan kreatifitas secara riil dan akurat.
d.       Menemukan sumber yang dapat dipercaya dalam menggali data.
e.        Melakukan tindakan riil dengan penetapan ranah sesuai kerangka tujuan.

 5.       Sebuah wawancara tokoh dapat berjalan baik jika dipersiapkan secara matang,
        berikut ini adalah langkah awal sebuah kegiatan wawancara, yaitu… .
a.       menentukan narasumber
b.       menyusun daftar pertanyaan
c.        menetapkan tema wawancara
d.       menyusun simpulan hasil
e.        mengembangkan sesuai kerangka

6.       Berikut ini adalah pernyataan yang merujuk  pada  sebuah  hasil wawancara.
Pernyataan tersebut adalah…  .
a.       Apakah Ibu  tidak terganggu dengan kehadiran saya saat ini?
b.       Menurut Ibu apakah acara Padang Rembulan yang digelar sore ini cukup memadai?
c.        Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di Balai Pemuda ibu 
        Risma selaku wali kota Surabaya merasa tersanjung.
d.       Maaf Ibu, saya akan mengganggu kepadatan acara ibu saat ini, dengan beberapa 
        pertanyaan saya.
e.        Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda pada hari Sabtu,
        tanggal 22 Oktober 2011 pukul 18.00 sampai selesai berjalan meriah, 
        menurut seorang siswa sma negeri yang ikut hadir saat itu.

7.       Beikut ini adalah pernyataan yang merujuk pada sebuah komentar hasil wawancara tokoh.
 Pernyataan yang tepat adalah… .
a.       Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda pada hari Sabtu,
        tanggal 22 Oktober 2011 pukul 18.00 sampai selesai berjalan meriah, 
        menurut seorang siswa sma negeri yang ikut hadir saat itu.
b.       Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di Balai Pemuda
        ibu Risma selaku wali kota Surabaya merasa tersanjung.
c.        Acara Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda Surabaya berjalan 
        cukup semarak,”Sayang pada saat penyerahan hasil kejuaraan lomba musik jalanan 
        itu tidak ditampilkan keterampilan peraih juara pertama, kedua bahkan ketiga”, 
        menurut salah satu guru yang hadir pada acara tersebut.
d.       Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di Balai Pemuda itu 
        ibu Risma selaku wali kota Surabaya yang memfasilitasi tempat dan kelengkapannya
        merasa tersanjung.
 e.        Sementara dari beberapa perwakilan siswa yang dikerahkan untuk mengikuti 
        jalannya pawai langka itu semakin histeris ketika dua cewek cantik dan lugu dari 
        pengamen jalanan melantunkan lagu pilihan dengan tampilan seadanya namun 
        suaranya cukup oke.Sayang ibu wali kota keburu pergi meninggalkan acara tersebut.

8.       Berikut  ini yang  menggambarkan  sebuah simpulan  hasil  wawancara  tokoh 
       adalah pernyataan…  .
a.      Ibu Risma selaku wali kota merasa  tertantang dengan hasil fistifal musik 
       jalanan yang di gelar pada acara Pawai Padang Rembulan Sabtu sore itu.
 b.  Pawai  Padang Rembulan menyuguhkan  acara menarik sore itu.
 c.    Melihat tampilan peserta lomba pada acara Padang Rembulan di
      Balai Pemuda itu  ibu Risma selaku wali kota Surabaya yang memfasilitasi 
      tempat dan kelengkapannya merasa tersanjung, dan beliau merasa tertantang
      untuk menindaklanjuti acara tersebut.
d.    Sementara dari beberapa perwakilan siswa yang dikerahkan untuk mengikuti 
     jalannya pawai langka itu semakin histeris ketika dua cewek cantik dan lugu 
    dari pengamen jalanan melantunkan lagu pilihan dengan tampilan seadanya 
    namun suaranya cukup oke.Sayang ibu wali kota itu keburu pergi meninggalkan 
    acara tersebut.
e.  Pawai Padang Rembulan yang digelar di Balai Pemuda pada hari Sabtu,
   tanggal 22 Oktober 2011 pukul 18.00 sampai selesai berjalan lancar dan 
   meriah menurut seorang siswa sma negeri yang ikut hadir saat itu.

9.       Tujuan utama mengambil sumber data sebagai bahan tulisan adalah… .
a.       Kebenaran hasil penulisan dapat dipertanggungjawabkan.
b.       Hasil penulisan akan menarik para calon pembaca.
c.        Meningkatkan kreatifitas karya dengan aneka ragam kajian.
d.       Menambah jumlah halaman karya tulis yang dihasilkan.
e.        Memberikan pengaruh positif kepada karya tulis.
 10.    Menurut ketentuan sebuah pengambilan data dari sebuah buku sumber
       (petikan) dibedakan antara petikan panjang dan petikan pendek. Disebut 
      petikan pendek jika pengambilan data dari buku sumber berketentuan sebagai berikut…
a.       petikan   berupa   sebuah  kalimat
b.       petikan berupa kumpulan kalimat
c.        petikan   berupa  sebuah  paragraf
d.       petikan berupa bagian dari paragraf
e.        petikan   berupa  pernyataan    yang harus  dipisah  penulisnnya
       dengan pernyataan   sebelumnya.

11.    Langkah awal untuk mengambil data dari sebuah buku sumber adalah… .
a.       Mencatat bahan-bahan yang dianggap penting.
b.       Membaca buku sumber secara intensif.
c.        Menyusun daftar buku sesuai katalogisasi
d.       Menemukan tema penulisan secara tepat.
e.        Mengembangkan kalimat pendukung karangan.

12.    Berikut ini adalah fungsi dari kartu kutipan. Fungsinya untuk…
a.       mencatat judul buku lengkap dengan nama pengarang dan penerbit buku.
b.       mencatat nama pengarang dan judul buku.
c.        mencatat nama pengarang, tahun penulisan buku, halaman buku 
        dan petikan yang dikehendaki.
d.       menulis bagian yang dipetik dengan menyebut nama pengarangnya.
e.        mencatat bagian yang dipetik dengan menyertakan halaman buku 
        dan tahun penerbitan.
13.    Penulisan data petikan yang ditulis di kartu kutipan yang benar adalah…  .
a.       Sarwono; 1978: 58
…makin banyak orang tua menyadari sikap otoriter dalam mendidik anak, 
terutama anak remaja adalah sikap yang salah.

b.       Sarwono. 1978: 58
…makin banyak orang tua menyadari sikap otoriter dalam mendidik anak, 
terutama anak remaja adalah sikap yang salah.

c.        Sarwono, 1978: 58.
…makin banyak orang tua menyadari sikap otoriter dalam mendidik anak, 
terutama anak remaja adalah sikap yang salah.

d.       Sarwono: 1978; 58
…makin banyak orang tua menyadari sikap otoriter dalam mendidik anak, 
terutama anak remaja adalah sikap yang salah.
        e.     Sarwono, 1978: 58
        …makin banyak orang tua menyadari sikap otoriter dalam mendidik anak,
        terutama anak remaja adalah sikap yang salah.

14.       Penulisan  kartu ringkasan berikut ini yang benar adalah…

a. Sarwono, 1978: 58
…makin banyak orang tua menyadari sikap otoriter dalam mendidik anak,
terutama anak remaja adalah sikap yang salah.
 b. Orang tua semakin menyadari bahwa
sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak remaja adalah sikap yang salah;
yang benar adalah sikap demokratis.(Sarwono,1978:58)
 c.(Sarwono, 1978:58)
         Orang  tua  semakin menyadari bahwa
sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak remaja adalah sikap yang salah;
yang benar adalah sikap demokratis.
 d.Sarwono, 1978:58
         Orang  tua  semakin menyadari bahwa
sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak remaja adalah sikap yang salah
,yang benar adalah  sikap demokratis.

e. Orang   tua   semakin   menyadari   bahwa
sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak remaja adalah sikap yang salah;
yang benar adalah sikap demokratis (Sarwono,1978:58).
15.    Kartu parafrase berikut ini yang tepat penulisannya adalah…  .

a. Orang   tua   semakin   menyadari   bahwa
sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak remaja adalah sikap yang salah;
yang benar adalah sikap demokratis (Sarwono,1978:58).

b.    Sarwono, 1978:58

           Orang tua semakin  menyadari bahwa  
      sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak remaja adalah sikap yang salah.
     Melalui bermacam-macam sumber yang dapat dijangkau oleh orang tua, mereka 
     mengetahui bahwa cara demokratis adalah sikap yang paling tepat untuk mendidik anak.

c. Sarwono,1978:58
    Orang tua  semakin  menyadari   bahwa 
    sikap otoriter dalam mendidik anak, terutama anak
    remaja adalah sikap yang salah yang benar adalah
    sikap demokratis.

 d.         Orang tua semakin  menyadari bahwa   sikap otoriter dalam mendidik anak, 
     terutama anak remaja adalah sikap yang salah.Melalui bermacam-macam sumber 
     yang dapat dijangkau oleh orang tua, mereka mengetahui bahwa cara demokratis 
     adalah sikap yang   paling   tepat   untuk   mendidik anak (Sarwono,1978:58).

e.     Sarwono, 1978:58

       Orang  tua  semakin menyadari bahwa sikap otoriter dalam mendidik anak, 
terutama anak remaja adalah sikap yang salah,yang benar adalah  sikap demokratis.

16.    Penulisan data pada kartu kutipan, kartu ringkasan dan kartu parafrase 
       mempunyai ketentuan khusus sesuai metode penulisan karya tulis ilmiah.
Pernyataan berikut yang tepat untuk penulisan pada kartu kutipan adalah…  .

a.       Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian paragraf tertentu.
b.       Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari  paragraf tertentu.
c.        Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian karangan tertentu.
d.       Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian kalimat tertentu.
e.        Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian buku tertentu.

17.    Pernyataan berikut yang tepat untuk penulisan pada kartu ringkasan adalah…  .
a.       Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian paragraf tertentu.
b.       Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari  paragraf tertentu.
c.        Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian karangan tertentu.
d.       Berdasarkan keperluan petikan yang diambil dari bagian kalimat tertentu.
e.        Berdasarkan keperluan petikan yang   diambil dari kalimat tertentu sebuah
        buku sumber.

18.Kerangka karangan adalah bagian penting yang harus diperhatikan seseorang 
    dalam proses penulisan karangan. Dalam karangan nonsastra kerangka karangan
    disebut juga…  .
      a. out line    c. line skrips     e. line skips
      b. line out    d. press line

 19.Tujuan dari penyusunan kerangka karangan untuk…
      a. memudahkan pembaca memahami isi
          karangan
 
      b. memudahkan pembaca merangkum
          karangan
      c. memudahkan pengarang memahami
          isi  karangan
      d. memudahkan pengarang dalam mengarang
      e. memberikan   gambaran  kepada  pembaca

      20. Susunan  kerangka  karangan ilmiah berikut
             yang tepat adalah…

a.       1. Pendahuluan
2. Tinjauan Masalah
3. Pengumpulan Data
4. Kesimpulan

b.       1. Pendahuluan
2.Daftar Isi
3.Kata Pengantar
4.Tinjauan Masalah
5.Pengumpulan Data
6.Kesimpulan

c.        1. Pendahuluan
2. Kata Pengantar
3.Tinjauan Masalah
4. Pengumpulan Data
5. Kesimpulan

 d.   1. Pendahuluan
2. Daftar Isi
3. Kata Pengantar
4.Tinjauan Masalah
5. Pengumpulan Data

   e.   1. Pendahuluan
        2. Latar Belakang
        3. Batasan Masalah
        4. Tujuan Penulisan
        5. Hipotesa

 21. Tujuan wawancara : “Mengetahui apa
      saja yang disediakan oleh sekolah”.
      Kalimat wawancara yang sesuai dengan
      tujuan wawancara adalah…  .
a.       Bagaimana pengumpulan fasilitas sekolah ini ?
b.       Apa saja fungsi fasilitas sekolah ini ?
c.        Apa saja fasilitas yang tersedia di sekolah ini ?
d.       Mengapa diperlukan fasilitas di sekolah ini ?
e.        Di mana saja dapat digunakan fasilitas sekolah ini ?
 22. Cermati hal pokok berikut ini !
      (1) kartu kutipan
      (2) kartu kendali
      (3) kartu ringkasan
      (4) kartu jawaban
      (5) kartu paraphrase
     Yang digunakan untuk mencatat data dari 
      sebuah buku guna keperluan penulisan
      karya ilmiah adalah… .
a.       (1),(2) dan (3)    d.   (1),(2) dan  (4)
b.       (1),(3) dan (5)    e.    (2),(3) dan (5)
c.        (2),(4) dan (5)

23. Berikut ini adalah manfaat kerangka
      karangan, yang bukan adalah…  .
a.       Membantu kemudahan dalam pencarian data yang diperlukan
b.       Mempermudah mengembangkan karangan
c.        Memudahkan penulisan judul karangan
d.       Agar karangan sistematis
e.        Menghindari pengungkapan gagasan yang berulang
24. Membaca intensif adalah cara membaca
      untuk … .
a.       Menemukan masalah pokok bacaan
b.       Mengetahui isi bacaan.
c.        Mengetahui isi bacaan dengan tujuan menyusun ringkasan isi bacaan.
d.       Menemukan kata,kalimat sulit dalam bacaan.
e.        Menyiapkan penulisan ringkasan isi dan saran untuk sebuah sumber bacaan.
25. Perhatikan hal pokok pada pola
      pengembangan paragraf berikut ini !
(1)     Paragraf contoh
(2)     Paragraf perbandingan
(3)     Paragraf deskripsi
(4)     Paragraf definisi
      Untuk mengembangkan sebuah paragraf
      dapat dilakukan dengan beberapa cara.
      Cara yang dapat dilakukan dalam
      pengembangan pola paragraf adalah…  .
a.       (1),(2) dan (3)    d. (1),(3) dan 4
b.       (1),(2) dan (4)    e. (3) saja.
c.        (2),(3) dan (4)

26.Untuk memerankan sebuah teks drama berikut ini adalah hal pokok 
     yang harus diperhatikan.
      (1) pemahaman teks drama
      (2) pengenalan watak tokoh
      (3) pemahaman dialog tokoh
      (4) pengenalan latar cerita
      (5) pemahaman antar tokoh cerita
      (6) penguasaan panggung (bloking)

      Hal yang harus dikuasai seorang yang akan bermain drama adalah …
a.       (1),(2),(3) dan (4)    d. (1),(3),(4) dan (5)
b.       (1),(2),(3), dan (6)   e. (2),(3),(5) dan (6)
c.        (3),(4),(5) dan (6)

 27.Untuk memernkan cerita drama maka seseorang yang ditokohkan setelah 
      membaca teks drama maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah…

      a. memahami jalan cerita
      b. mengetahui tema cerita
      c. mengetahui amanat cerita
      d. mengenali watak tokoh yang
          diperankan
      e. menyusun improfisasi dialog untuk
          pemeranan

28. Dalam pementasan drama  seorang pemeran
      tokoh cerita dibenarkan melakukan tindakan
      berikut ini untuk mensukseskan pementasan
      Yang  tidak  dibenarkan   adalah  melkukan
       tindakan …  .

a.       improfisasi dialog     
b.       improfisasi eksting
c.        mengubah watak tokoh yang tercantun dalam teks drama (skrip)
d.       mengembangkan ekspresi untuk penghayatan watak tokoh yang diperankan
e.        menggunakan kostum atau properti untuk meyakinkan perwatakan 
        yang diperankan.

29. Perhatikan dialog drama berikut ini !
      Yanto : “Gimana Rud, sekarang kita
                     jalan lagi?”
      Rudi   : “Aduh  Yan, kalau kita ukur
                     dari pagi hingga sekarang
                     sudah pukul 13.00”.
      Yanto  : “Habis sekarang kita mau apa?”
       Rudi   : ……………………………….
       Yanto : “Maaf Rud, itu Cuma bercanda
                      saja, jangan marah ya!”
       Rudi   : “Oke…oke!” Tapi aku tak suka
                    “Dengan candamu yang seperti
                      itu!”
                    “Ku harap kajangan kau ulang
                      lagi ya!”

      Untu melengkapi dialog rumpang dalam
       teks   drama di atas, kalimat  yang tepat
       adalah…

a.       “Ku tak suka dengan gayamu itu, tau!”
b.       “Jangan kamu sebut nama Bapakku!”
c.        “Gak taulah, kepala ini mau pecah rasanya.”
d.       “Pikir sendiri jalan keluarnya.”
e.        “Sejak kemarin aku sudah menyiapkan, hanya kamu saja yang gak becus.”

30.Untuk menulis resensi buku sastra(novel) maka  yang harus dilakukan seseorang 
     lebih dahulu adalah…
a. menganalisis novel yang hendak diresensi 
b.merangkum novel yang hendak diresensi
c. menyimpulkan isi novel yang hendak diresensi
  d. membaca novel yang hendak diresensi untuk mengetahui 
      nilai yang terkandung dalam novel tersebut
  e.  membandingkan novel yang hendak diresensi dengan novel lain
      yang setema dan sejaman.

31. Secara khusus resensi sangat penting
      bagi pmbacanya. Manfaat resensi bagi
      pembacanya adalah…

a.       Memberi gambaran tentang isi buku yang diresensi.
b.       menyampaikan penting tidaknya buku tersebut untuk dibacanya.
c.        Memberikan penjelasan mengenai isi dan amanat sebuah buku
d.       Membantu pembaca dalam memilih buku sebagai bahan bacaan
e.        Menunjuk kelebihan dan kekurangan sebuah isi buku

32. Untuk menyusun resensi buku secara
       baik dan tepat, maka beberapa hal yang
       harus diperhatikan adalah :
(1)     Mencantumkan identitas buku
(2)     Ungkapkan synopsis buku
(3)     Ungkapkan kelebihan dan kekurangan isi buku
(4)     Berilah kesimpulan tentang penting atau tidaknya membaca 
        buku yang diresensi
(5)     Menilai kelebihan dan kekurangan isi buku
(6)     Tunjukkan kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian bahasa
         pada buku yang diresensi

Hal pokok yang harus diperhatikan dalam menyusun resensi buku
(novel) adalah…
a.       (1),(2),(3),(4) dan (5)
b.       (1),(2),(3),(4) dan (6)
c.        (2),(3),(4), (5)dan (6)
d.       (1),(2),(3),(5) dan (6)
e.        (1),(3),(4),(5) dan (6)

33. Bacalah petikan resensi berikut ini !

“Siapakah sesungguhnya J.K.Rowling dan bagaimana Harry Potter diciptakan?” 
Ini barang kali pertanyaan terbesar yang diajukan banyak orang.Ini pula yang 
ditelisik Lindsey  Frazer dalam buku wawancara dengan J.K.Rowling,
pencipta Harry Potter. M. Lindsey  Frazer  adalah seseorang pemerhati 
buku anak-anak ternama dan pemimpin sebuah organisasi yang mendorong
minat baca dan memperkenalkan bacaan anak.Melalui buku kecil ini 
ia berhasil menguak latar belakang kehidupan J.K. Buku ini juga memaparkan
tinjauan ringkas dan padat.

Yang dibicarakan dalam penggalan resensi di atas adalah…
a.       Ringkasan isi buku yang diresensi
b.       Latar belakang penulis buku yang diresensi
c.        Pandangan umum tentang buku yang diresensi
d.       Hasil penelusuran penulisan sebuah buku
e.        Kelebihan dan kekurangan buku yang diresensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar