Powered By Blogger

Sabtu, 17 September 2011

MENATAP MATAHARI SENJA (lanjutan 1)

    Bacalah suntingan esai berikut ini !                                                         
Pada tahun itu juga, NIH (National Institute of Health) menerbitkan peraturan penelitian yang melibatkan DNA rekombinan untuk menstabilkan iklim ilmiah, meskipun gagal untuk menghentikan debat berkepanjangan di masyarakat. (2) Teknologi transgenesis kemudian menghasilkan pula produk makhluk hidup transgenic yang akan dilepas ke lingkungan? (3) Hal ini menimbulkan isu baru yang mendominasi panggung-panggung diskusi dan debat di seluruh Amerika. (4) Di lain pihak, sebagian besar ilmuwan genetika molecular sangat yakin bahwa bahaya hipotetik yang sering diperdebatkan sama sekali tidak realitis dan tidak ada bahaya yang muncul sebagai hasil penelitian rekombinasi DNA. (5) Di sinilah terjadi ketimpangan antara persepsi yang muncul di masyarakat dengan kenyataan ilmiah.

1.      Isi suntingan esai di atas adalah…
a.  Pada tahun itu juga, NIH (National Institute of Health) menerbitkan peraturan penelitian yang melibatkan DNA rekombinan untuk menstabilkan iklim ilmiah.
         b.   Kegagalan hasil penelitian NIH (National Institute of Health) yang 
              diterbitkan  menjadi perdebatan di masyarakat.
c. Perdebatan di masyarakat tentang penerbitan hasil penelitian NIH (National Institute of Health)  sulit dihentikan.
d.    Sebagian besar ilmuwan genetika molecular sangat yakin bahwa bahaya hipotetik yang sering diperdebatkan sama sekali tidak realitis dan tidak ada bahaya yang muncul sebagai hasil penelitian rekombinasi DNA.
e.  Ketimpangan  persepsi yang muncul di masyarakat dengan kenyataan ilmiah.
2.      Cermati kalimat-kalimat berikut !
(1)  Bahasa tidak hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan berhubungan dengan ucapan  saja
(2)  Respon mata dalam memandang sesuatu juga dipengaruhi oleh bahasa
(3)  Akan tetapi, pengaruhnya hanya untuk mata kanan
(4)  Para peneliti di University of California menguji hipotesis yang menyatakan bahwa bahasa  berperan dalam mengatur persepsi atau pandangan dengan cara melakukan serangkaian tes warna
(5)  Dari tes tersebut, mereka menemukan bahwa manusia mampu mengenali warna lebih cepat dengan mata kanan dari pada mata kiri.
        Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah …
a.          (1), (2), (3), (4), dan (5)                         d. (4), (5),(1), (2), dan (3)   
b.         (1), (2), (3), (5), dan (4)
c.          (1), (3), (2), (4), dan(5)                          e. (4), (5), (1), (3), dan (2)  

3.      Pada … keberanian hidup adalah keberanian menentukan pilihan. Setiap pilihan pasti mempunyai resiko, suka atau duka. Bagus dan Ratih misalnya, di sekolah, dia menjadi pengurus OSIS. Sukanya, mereka memiliki banyak teman dan pengalaman … . Dukanya mereka harus berupaya sendiri mengejar ketertinggalan pelajaran yang sering merka tinggalkan. “Sebaik-baik menusia hidup itu adalah manusia yang memberi manfaat kepada sesamanya,” kata-kata  nasihat dari Pak Eko itulah yang membuat mereka … tugasnya sebagai pengurus OSIS dengan ikhlas dan penuh semangat.
 Kalimat rumpang pada paragraf di atas akan menjadi benar jika dilengkapi dengan kata berimbuhan berikut ini, yaitu …
a.       pemandangan – organisatoris  - melaksanakan
b.      pemanduan – organisatoris  - melaksanakan
c.       hakikatnya – berorganisasi- menginstruksikan
d.      hakikatnya – keorganisasi- melaksanakan
e.       hakikatnya – berorganisasian- melaksanakan  
        Perhatikan penggalan resensi berikut ini !
            Sampul buku hampir didominasi  warna hijau dengan latar belakang pepohonan, dengan ilustrasi utama sesosok wanita yang bertatap-tatapan dengan bocah kecil. Jika dilihat sepintas, sepertinya sampul buku mengambarkan kasih sayang ibu terhadap anaknya. setelah dibaca keseluruhan memang tidak jauh dari perkiraan, kasih saying seorang guru terhadap muridnya. Dominasi warna hijau melukiskan warna alam yang memberikan segala sesuatu kepada manusia tanpa harap timbal jasa seperti
            Halnya seorang guru yang selalu mendidik dan mengajar murid murid-muridnya. Pilihan kata dalam novel ini sangat sederhana dan menarik sehingga bahasanya mudah dipami pembaca. Novel ini sebagaian besar menceritakan  Ibu Suci sebagai seorang guru sehingga ada kesan penyampaian amanat yang disampaikan kepada kaum guru saja. Halaman lima diisi sebuah kalimat “disertai rasa simpati kapada semua guru Sekolah


 Dasar”. Hal ini memberikan kesan bahwa novel ini lebih dikhususkan untuk para guru.
 
      
     











4.        





            Kalimat yang menyatakan keunggulan buku dalam resensi tersebut adalah….
a.    Jika dilihat sepintas, sepertinya sampul buku menggambarkan kasih sayang ibu terhadap anaknya
b.   Setelah dibaca keseluruhan memang tidak jauh dari perkiraan,kasih sayang seorang guru terhadap muridnya.

9 komentar:

  1. pak iwan, saya tunggu posting lanjutannya ya :D

    BalasHapus
  2. 1B.2B.3C.4D.5C.6C.7A.8B.9A.10E.11D.12A.13A.14B.15E.16A.17B.18C.19A.20D.21A.22B.23B.24A.25C.26E.27E.28A.29E.30B (Rosalina Putri Dewi : xip3/30)

    BalasHapus
  3. 1B.2B.3C.4D.5C.6C.7A.8B.9A.10E.11D.12A.13A.14B.15E.16A.17B.18C.19A.20D.21A.22B.23B.24A.25C.26E.27E.28A.29E.30B
    (Tika Heni Siswanti XI IPA3/32)

    BalasHapus
  4. 1B. 2C. 3C. 4D. 5C. 6C. 7A. 8B. 9A. 10E. 11D. 12A. 13A. 14B. 15E. 16A. 17B. 18C. 19A. 20D. 21A. 22B. 23B. 24A. 25C. 26E. 27E. 28A. 29E. 30E
    (Kukuh Priyo Utomo XI IPA 3 / 18)

    BalasHapus
  5. Nama : R Bagus Sanubaari
    Kelas : XI IPA 3
    Absen : 24

    1B,2B,3C,4D,5C,6C,7A,8B,9A,10E,11D,12A,13A,14B,15E,16A,17B,18C,19A,20D,21A,22B,23B,24A,25C,26E,27E,28A,29E,30B

    BalasHapus
  6. Nama:Adi Pradipta SW
    Kelas:XI IPA 3
    Absen:01
    1.d 2.d 3.b 4.d 5.c 6.a 7.b 8.a 9.a 10.e 11.b 12.b 13.a 14.b 15.e 16.a 17.b 18.c 19.a 20.d 21.a 22.e 23.b 24.a 25.c 26.b 27.d 28.a 29.a 30.e

    BalasHapus
  7. Nama:Dhimas Toni A.P
    Kelas:XI IPA 3
    Absen:06

    1B.2B.3C.4D.5C.6C.7A.8B.9A.10E.11D.12A.13A.14B.15E.16A.17B.18C.19A.20D.21A.22B.23B.24A.25C.26E.27E.28A.29E.30B

    BalasHapus
  8. Nama: Jovita amanda s
    Kelas : XI IPA 3
    Absen : 14

    1B.2B.3C.4D.5C.6C.7A.8B.9A.10E.11D.12A.13A.14B.15E.16A.17B.18C.19A.20D.21A.22B.23B.24A.25C.26E.27E.28A.29E.30B

    BalasHapus
  9. 1d.2d.3b.4d.5c.6a.7b.8a.9a.10e.11b.12b.13a.14b.15e.16a.17b.18c.19a.20d.21a.22e.23b.24a.25c.26b.27d.28a.29a.30e
    (M. Rizky Nugroho XI IPA 3 / 21)

    BalasHapus