Powered By Blogger

Kamis, 02 Desember 2010

SIAR UNTUK PAIKEM 2

SAIR UNTUK PAIKEM 2

Oval: ASaat senja mulai tiba,
ke mana kau belum pulang Paikem,
apa kau lupa ini musim-musim buah seri,
saat kumbang berdengung
dan walang kecek mulai menggeliat
tanda hujan mulai tiba
turunnya deras dan tak jarang
tatit atau gemuruh gluduk
 pasti bersautan
bagai nyalaknya serigala
gunung yang kelaparan.

Jumat paing Minggu pertama 2010



Bacalah teks berikut ini!
Menjelang pesta selalu ada kekhawatiran yang berkecamuk dalam benak. Apa lagi kalau bukan kekawhawatiran tentang kesan yang buruk selama pesta berlangsung. Anda tidak sendiri, banyak  orang  merasakan hal yang  sama  terutama  gagal  bersosialisasi  saat acara berlangsung.
            Penelitian dilakukan saat sekelompok  mahasiswa yang diminta mengenanakan T-shirt ala Barry Manilow sebelum masuk ruangan yang penuh dengan banyak orang. Mesti mereka khawatir berlebihan, namun hanya sebagian orang yang mengenali keanehan mereka. Para ahli menyebut situasi ini sebagai spotlight effect. Artinya dalam sebuah situasi sosial setiap orang mencoba menganalisa seberapa jauh orang lain memerhatikan gerak-gerik atau penampilan mereka.
            Salah satu hal yang patut diingat adalah apakah anda memiliki segudang kekhawatiran, seperti rambut acak-acakan, setetes noda kopi di baju  atau lupa menebali kembali lipstik yang dipakai. Jangan stres ! Tidak semua mata mengarah ke diri anda.
 
41.      Kalimat pokok paragraf pertama pada teks artikel di atas adalah…  .
a.       Dalam sebuah situasi sosial setiap orang mencoba menganalisa seberapa jauh orang lain memerhatikan  gerak-gerik  atau  penampilan  mereka  sering disebut sebagai  spotlight effec.
b.      Para  ahli  menyebut  situasi menganalisa seberapa jauh orang lain memerhatikan
gerak-gerik  atau  penampilan ini sebagai spotlight effect
c.   Salah  satu hal yang patut diingat adalah apakah anda memiliki segudang kekha watiran dalam sebuah pertemuan umum? sekelompok mahasiswa yang  sedang  menggunakan T-shirt dalam pertemuan umum.
d.   Penelitian dilakukan saat sekelompok   
      mahasiswa yang diminta mengenanakan  
      T-shirt ala Barry Manilow oleh para ahli.
    e.   Penelitian Barry Manilow terhadap para ahli    menyebut situasi ini sebagai spotlight effect







  

        42.      Ide pokok paragraf kedua teks artikel di atas adalah…
a.       Penelitian   terhadap  sekolompok  mahasiswa  oleh  Barry  Manilow.
b.      Penelitian terhadap sekolompok mahasiswa untuk mengetahui sebuah situasi yang disebut
spotlight effec.
c.        Dalam situasi pertemuan umum seseorang sering mengalami hal yang disebut spotlight effec.
d.      Pengungkapan  para  ahli  tentang  hasil  sebuah penelitian di suasana pertemuan umum mahasiswa yang menggunakan T-shirt.
e.       Spotlight effec merupakan gejala seseorang yang dirinya kurang siap dalam susana pertemuan umum.
Bacalah kutipan hikayat berikut!

    BALE   SAGOLO-GOLO

    Perjudian itu berakhirlah sudah. Yudhistira tak dapat mengelak lagi dari kekalahan Dalam judi dadu yang sudah berulang kali dinasihatkan oleh Sri Kresna agar tak dilakukan itu membuat pandawa harus menanggung akibatnya. Akibat yang sudah tak dapat dielakkan lagi, meninggalkan kerajaan dan selama dua puluh  tahun harus hidupu di dalam hutan Amartha, dengan beberapa ketentuan yang harus dipatuhi. Semua cara itu karena buah pikir maha patih Sengkuni yang terkenal amat licik dan penuh tipu muslihat. Semua cara yang diharapkan oleh maha patih Sangkuni hanya berharap agar pandawa mati dalam dunia pengasingan di hutan Amartha yang terkenal amat angker, karena hutan itu merupakan pusat kerajaan para jin yang menjadikan hutan tersebut sebagai kerajaannya.
      Ibunda Kunthi Talibratha menyertai lima anak laki-lakinya tinggal di hutan Amartha. Kecintaan ibunda Kunthi kepada lima anak laki-lakinya itu tak lepas karena cinta kasih sang ibu yang tak pernah melepas sedikit pun waktu untuk berpisah. Dalam suasana derita dalam kehidupan di hutan itu derita lahir maupun batin para pandawa membawa kedewasaan dan menguatkan jiwanya dalam menghadapi kenyataan hidup. 
 Satu di antara percobaan hidup yang paling menentukan ketika Bima yang dikenal dengan sebutan Barathasena itu memulai pekerjaan membuka hutan untuk dijadikan kerajaan, mendapat gangguan dari para jin penghuni hutan Amartha yang sangat angker itu. Kematian hampir terjadi ketika sang satria muda tinggi perkasa itu mendapat sakit berat karena mendapat gangguan dari jin Werkudara. Untung berkat pertolongan adiknya sang Arjuna yang sebelumnya telah mendapat minyak tantili dari putri jin yang bernama Subadra. Karena putri jin Subadra jatuh hati kepadanya maka Arjuna meminta kesanggupan hendak menerima cintanya asal dapat mengobati kakaknya yang sedang dirundung petaka.
                                                                                          3. Dipetik dari Hikayat Maha Baratha

Nilai moral yang sesuai dengan isi kutipan di atas adalah ....
a.          Memperebutkan  harta benda sehingga saling menyakiti antar sesama hidup merupakan hal yang tidak terpuji.
b.      Keluarha Astina mempersilakan keluarga pandhawa meninggalkan istana karena perjanjian judi yang telah ditetapkan sebelumnya.
c.    Tindakan buruk merupakan sifat manusia pada umumnya.
d.   Kunthi murka mendengar cerita anak-anaknya yang bermain judi sehingga terjadilah pengusiran para pandhawa dari negeri Astina.
e.    Penderitaan tubuh manusia menjadi karenaa siksaan  merupakan hal yang sulit  diterima
     oleh siapapun. 

44.  Gambaran jalan cerita pada teks soal nomor tentang petikan Hikayat Maha Baratha itu sesuai dengan maksud dari  peribahasa berikut ini, yaitu....

 a.Biduk lalu kiambang bertaut.
 b.Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke
    tepian.
c. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak
    sepanjang galah.
d.Dari pada tangan tengadah, lebih baik tangan tengkurap.
e. Besar pasak daripada tiang.

  45.Besar harapan saya, semoga diterima
   lamaran ini dan saya haturkan terima kasih.
   Kalimat di atas sebagai kalimat pembuka
   surat lamaran pekerjaan tidak tepat,yang tepat
   adalah

a.Semoga diterima surat lamaran ini, dan saya
   sampaikan terimakasih.
b.Besar harapan saya, semoga diterima lamaran
   ini, dan saya ucapkan terima kasih.
  
c.Mudah – mudahan saya diterima, dan saya
   haturkan banyak terima kasih.
  d.Saya haturkan banyak terima kasih semoga
     diterima lamaran ini,saya ucapkan terima kasih.
 e.Besar harapan saya, semoga diterima saya
    sebagai pegawai.

         4 6.Bacalah teks bacaan berikut dengan saksama!
               
       Anda sering mengalami kesulitan menggunakan aplicasi tertentu ketika berada di warnets atau ketika berada di rumah menggunakan computer pribadi? Kesulitan yang paling terasa adalah ketidak nyamanan anda ketika harus menggunakan aplicasi tertentu yang tidak dapat digunakan. Mungkin salah satu cara yang dapat digunakan adalah penggunaan installasi perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan. Masalah yang perlu dipikirkan apakah anda memiliki axses  terhadap sistem yang dipakai sekarang untuk melakukan instalasi perangkat lunak tertentu? Tentu saja tidak! Beberapa warnet atau rental sangat membatasi para pelanggannya untuk mengakses sistem tertentu. Solusi untuk mengatasinya dengan menggunakan aplikasi portable. Karena aplikasi ini adalah perangkat lunak yang berukuran ringkas dan dapat digunakan tanpa harus melakukan instalasi terhadap suatu sistem.

Penulisan kata baku  dari kata-kata yang dimiringkan pada teks diatas adalah....
  a. aplicasi- warnet-komputer- instalasi-axses
  b.aplikasi- warnet-komputer- instalasi- akses
  c.aplicasi- warnet-komputer- instalasi- axses
  d.aplikasi- warnet-komputer- installasi- akses
  e.aplikasi- warnet- computer- instalasi- akses
      
    47. Kalimat yang tepat untuk melengkapi ilustrasi di  atas adalah ...

a.       Sekolah Menengah Atas di  pulau Jawa layak dijadikan obyek penelitian.

b.      SMA Negeri 1 Surabaya dan SMA Negeri  70 Jakarta menjadi  obyek penelitian.

 c.  MA Negeri 1 Surabaya dan SMA Negeri 70  
     Jakarta  mewakili SMA se Jawa untuk
  dijadikan   obyek penelitian.

d Hasil penelitian akan digunakan sebagai tolok ukur menentukan operasional
 pendidikan nasional.

e.Karena masalah sarana dan prasarana sekolah-sekolah di pulau Jawa mempunyai
   tingkat kepentingan yang sama tetapi  
   jenisnya yang berbeda.
   
    48. Kalimat topik: Program pemerintah  kota
      Surabaya dalam meningkatkan kebersihan kota memang bagus, tetapi nasib masyarakat kecil khususnya pedagang kaki lima dan  pedagang asongan  sangat memprihatinkan.
Kalimat penjelas yang paling tepat untuk melengkapi kalimay utama di atas adalah…
(1) Mereka menjadi sasaran yang utama.
(2) Pedagang kaki lima dan pedagang
     asongan paling  banyak  berada di
     tempat yang  tidak semestinya.
(3) Pemerintah kota Surabaya ingin meraih
      piala Adipura Kencana 2009.
(4) Kesadaran mereka rendah dan sering
     berbuat semaunya tanpa memikirkan
     ketertiban.
(5) Partisipasi rakyat kecil tidak mempunyai  arti terhadap kebersihan kota.

a.       (1)   b. (2)   c. (3)   d. (4)     e. (5)

        49.Perhatikan teks drama berikut ini !
Malam Terakhir
 Oleh: Iwan S.
Kereta terakhir Jakarta Surabaya, baru saja berangkat, stasiun Gambir kembali lengang para pedagang makanan kembali ke tempat mereka mangkal. Di sudut deretan kursi tunggu yang paling barat dua orang  lelaki dan seorang wanita setengah baya duduk dengan santainya;
Kirman            : “ Dapat apa kamu ?” (sambil menatap wanita setengah baya).
Trinil                : “ Kosong!” (lalu diisapnya rokok dua tiga empatnya lagi).
      Kirman            : ” Kamu ?
     ( memindah pandang ke arah seorang
       laki-laki yang  bersandar di kursi
       panjang).
      Parmo              : ” Sama !).
      Kirman            : ” Maksudmu ?”
      Parmo              : ” Ya, sama !”
      Kirman            : ” Sama gak dapat
                                 apa-apa ?”
                 ( bersuara agak keras).
      Parmo              : ” Ya!”
      Kirman            : ” Ah, sial benar kita
                      hari ini.”
       ” Dari pagi hingga malam begini
       masak tak ada hasil !”
       ” Kalao begini terus , wah bisa-bisa
       kita tak dapat makan.”
      ” Mampuslah kalian !”
      Trinil                : ” Maksudmu ?  
     (wanita setengah baya balik bertnya)
      Kirman            : ” Ah... payah kamu,
      begitu kok masih tanya.”
      ” Gak taulah ! ( berdiri lalu pergi                       
      meninggalkan mereka berdua).

 Keadaan kembali sunyi sesaat wanita muda itu pandangannya tak berekspresi dan seorang
laki-laki yang duduk di sebelahnya tampak biasa. Dari  Seberang rel terdengar jam dinding stasiun berdentang sembilan kali, suaranya cukup jelas karena suasana sekitar mulai sepi.
Kesan yang dapat ditemukan dari dialog di atas adalah....
            a. kekecewaan        d. kesadaran                    
            b. kemarahan       e. kegembiraan
            c. keputus-asaan         
                                   
     50.  Bacalah penggalan penggalan novel “Mereka Bilang Saya Monyet”karya Djenar berikut ini !
“…laki-laki berkepala buaya, dan berekor kalajengking duduk tepat di seberang saya. Perempuan yang tadi bersamanya di dalam kamar mandi
duduk agak jauh dan sedang menyandarkan kepala ularnya di atas dada laki-laki berkepala buaya yang lain. Saya menggeleng-gelengkan kepala tanpa sengaja. Laki-laki brkepala buaya dan berekor kalajengking menyeringai dan sambil mengerdipkan mata ke arah saya. Sungguh kali ini saya merasa benar-benar ingin menghajarnya.”
Penokohan yang diambil pengarang dalam cerita novel tersbut disejajarkan dengan pengambilan tema cerita yang nontradisional, maksudnya… .

a.       Pengambaran tema yang menggambarkan pada umumnya selalu diungkapkan berdasarkan pengungkapan tema cerita yang digemari penikmat  sastra.
b.      Pengambaran tema yang menggambarkan pada isi cerita yang selalu diungkapkan berdasarkan pengungkapan tema cerita yang banyak dijumpai di tengah kehidupan nyata.
c.       Pengambaran tema yang menceritakan  kenyataan hidup manusian dengan berbagai persoalan yang kompleks.
d.      Pengambaran tema yang menggambarkan pada umumnya selalu diungkapkan berdasarkan pengungkapan tema cerita yang sering dijumpai pada hasil sastra.
e.       Pengambaran tema yang menggambarkan  sebuah cerita tidak selalu diungkapkan berdasarkan pengungkapan tema cerita yang sering dijumpai pada hasil sastra.
          
51.  Perhatikan kalimat di bawah ini !

Para warga bantaran  tidak lagi menempati  lahan hijau dan fasilitas umum lainnya.”

          Kalimat penjelas yang tepat untuk melengkapi
         kalimat utama di atas adalah kalimat….
         
a.       Meraka telah mendapat ganti rugi yang layak.
b.      Kepergian mereka dengan membawa
berbagai macam perasaan kecewa.
    c.   Sudah selayaknya mereka persi.
    d.   Bukankah mereka tidak memiliki bukti
         kepemilikan.
    e.   Biar saja, mereka itu bukan warga yang
         baik.
                                                                      
52. Simaklah puisi berikut ini !
                                                                               Karya : Gunawan Mohamad
                   SENJAPUN JADI KECIL

            Senja pun jadi kecil
            Kota pun jadi putih
            Di Subway
           Aku tak tahu satu pun sampai
          Ketika berayun musim
         Dari sayap langit yang beku
        Ketika burung-burung di rumput dingin
       Terhenti mempermainkan waktu.
      Ketika kita berdiri sunyi
     Pada dinding biru ini
    Menghitung ketidakpastian dan bahagia
  Menunggu seluruh usia.
                                                                                                           “Horizon” th.I- No.3: 1966

    Bait-bait puisi   di atas mengandung
     maksud… ?

a.       hidup penuh kerahasiaan
b.   khidupan itu penuh misteri
c.   hilangnnya keyakinan seseorang
d.   keputusasaan dalam akhir kehidupan
e.   keadaan yang bercampur antara
      kenyataan dan perasaan dalam hidup

      53.  Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!

         SI KAKEK DAN BURUNG DARA

             Si Kakek memandang ke timur. Matanya kini melampau pagar halaman, melintasi ladang jagung dan melalui sela-sela rumpun bambu ia menampak seorang perempuan berjalan tergesa-gesa. Itu dia sudah datang, pikir si kakek. Kembang yang dibelinya tentulah kembang yang harum, dan biar Cuma
      sedikit ia akan menaburkannya di atas pusara istrinya. Si kakek mengelus-elus jenggot pendeknya yang sudah putih, lalu masuk sebentar ke dalam dan kemudian kembali berdiri lagi di ambang pintu itu.


              Perempuan yang sedang berjalan  di pematang ladang itu adalah menantunya. Ada satu yang memang merawan dalam hati, bahwa satu-satunya anak laki-laki telah pergi mendahuluinya. Setahun yang lalu perempuan muda itu harus menjanda, dan setahun yang lalu si kakek harus mencatat dalam hatinya sebuah kehilangan yang tak dapat dielakkan lagi.
                                                                                                   ‘Angkatan 66’ HB.Yassin: 95 
      Pelajaran yang dapat dipetik dari penggalan cerpen di atas adalah...   .
a. cinta itu tidak membedakan antara orang lain atau keluarga
b. pengabdian itu  tidak membutuhkan balasan yang harus diharapkan
c. kesetiaan itu dapat  dibuktikan melalui perbuatan
d. kekecewaan yang mendalam karena hilangnya sesuatu yang paling berharga.
e. kebaikan budi itu dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk perbuatan

54. Bacalah penggalan novel berikut ini !

      Koper-koper yang terbuka itu, di dalamnya adalah perlengkapan  kamar pengantin, kecuali  brokat  itu dipersiapkan  bukan  untuk  jendela  melainkan  untuk tubuh saya. Barangkali  bagi  mereka  ini adalah sebuah  kawin  lari yang sebentar. Atau ini  seperti bintang  harapan, sebuah  meteorit, yang bercahaya sesaat  lalu  padam, maka  sebelum  padam jadikanlah  petualangan. Sedang bagi saya sendiri, saya tak mengerti  apa  yang  saya  bayangkan  terjadi. Di antara kami berempat, sayalah yang paling tidak tahu bersetubuh, juga  pada  usia  tiga  puluh. Sesungguhnya  apa  pentingnya   pernah  bersetubuh ? Tetapi itu menjadi berarti ketika  kamu, Sihar, kamu selalu berkata padaku:  ” Lagi pula kamu masih  perawan
      ” Sihar, apa salahnya menjadi perawan?
        Dia tidak mau meniduri  seorang perawan, kata Shakuntala.
                                                                                        LARUNG ” oleh: Ayu Utami.2008:100-101

55.Nilai yang dapat dipetik dari penggalan novel di atas adalah...  .

a.Wanita tetap mempertimbangkan segi
    moral dalam suasana apapun.
 b.Kebudayaan masyarakat kita  sudah tak
    dapat dipertahankan lagi karena
    pengaruh barat.
c.Penggambaran kehidupan masyarakat
   kota yang vulgar dan terjadi seperti saat
   ini
d.Bagi wanita kegadisan merupakan hal yang
   harus dijaga sebagik-baiknya.
e.Kegadisan   itu   tak  berarti   apa-apa   bagi
   mereka  yang  berpandangan   moderen.
   
     56.Cermatilah paragraf pidato yang rumpang berikut ini!
                
      Hendaknya, Saudara – saudara, berpartisipasi secara benar. Hindarilah perbuatan yang dilarang oleh negara apalagi oleh  Allah,agar kita semua selalu berupaya untuk tidak melakukan perbuatan yang menyinggung,merugikan atau melanggar hak seseorang  dan orang lain . … . . …
      Bukankah melakukan perbuatan sosial itu sebenarnya untuk membahagiakan atau mengurangi beban  orang lain,sehingga kita benar-benar ikut merasakan penderitaan mereka!

Kalimat persuasif untuk melengkapi teks pidato di atas adalah …
a.        Marilah kita beramal sesuai  dengan kemampuan kita masing-masing agar masa depan mereka cerah.
b.        Marilah kita beramal sesuai  dengan kemampuan kita masing-masing agar masa depan kita cerah.
c.        Marilah kita saling membantu ,menyayangi,dan menghormati dengan beramal sosial.
d.        Marilah kita beramal perbuatan baik yang telah kita lakukan kepada siapa saja yang membutuhkan.
e.        Marilah kita membantu saudara kita yang kekurangan dengan berbagai cara kita.
                                                                             
57.  Masuknya karya sastra asing kedalam sastra Indonesia tidak berarti menyudutkan sastra asli, namun sebaliknya bahkan menjadi acuan baru dalam perbincangan dunia sastra kita.Novel terjemahan termasuk sastra asing yang mengalami alih bahasa tanpa mengurangi nilai sastra aslinya. Jostein Gaarder seorang guru filsafat di sekolah menengah atas. Kecintaannya akan filsafat membuatnya mulai menulis buku-buku filsafat dalam gaya yang populer. Tanpa disangka-sangka novel filsafatnya pada tahun 1991 ”Dunia Sophie” menjadi best- seller  internasional pada tahun 1995
        menjadi novel terlaris di dunia. Sejak saat itu Jostein Gaarder beralih profesi menjadi penulis profesional. Selain menulis Gaarder giat mengkampanyekan upaya mewujudkan masa depan yang berkelanjutan melalui Sofie Foundation yang didanainya dari royalti Dunia Sophei.Kini Gaarder tinggal di Oslo Norwegia bersama istrinya Siri.
              Petikan artikel di atas yang ditonjolkan adalah....
a.       tema ceritanya
b.      kesesuai isi buku dengan situasi dan zamannya
c.       kelebihan dan kekurangan buku
d.      amanat isi buku
e.       biografi pengarang
  
58. Perhatikan petikan dialog drama berikut
      ini !
      MUTIARA   DI   TENGAH   SAWAH
         Setelah perutku kenyang kembali aku pergi tidur. Nyenyaknya cukupan. Sementara nyenyaknya itu badanku digoyang-goyang. Aku bangun sangat terkejut, barangkali yang punya kelapa menangkap aku.
      ”Saudra sudah makan?”(tiba-tiba datang lagi si Gadis cincin itu)
      ”Sudah!” (jawabku)
      ”Makan di mana?” (lanjut si Gadis)
      ”Makan kelapa, tapi belum bayar, belum tau siapa yang punya.”
      ”Itu kelapa kami!”

      ”Kenapa saudara ambil hanya sebuah?”
        ( tanyanya kemudian).

59. Dari dialog tersebut nasib tokoh  sama
     dengan maksud  peribahasa di bawah,
     yaitu... .
a.       Bagai anak ayam kehilangan induknya
b.      Tinggi-tinggi bangau terbang turunnya ke pelimbahan juga.
c.       Pucuk dicinta ulam tiba
d.      Bagai pungguk merindukan bulan.
e.       Biduk lalu kiambang bertaut.

21.                                                               PERTEMUAN                                                                   Gunawan Muhamat Agkatan 66”

            Meniti tasbih
            Malam pelan-pelan
            Dan burung kedasih
            Menggaris gelap di kejauhan
            Kemudian adalah pesona ;
            Wajah-Nya tersandar di kaca  
            jendela
            Memandang kita, memandang kita
            lama-lama.

       60. Peribahasa berikut ini yang artinya sesuai
            dengan makna puisi di atas  adalah....
a.       Bertepuk sebelah tangan.
b.      Tepuk berbalaskan, salam berjawabkan.
c.       Ayam putih terbang siang, ayam hitam terbang malam masuk di hutan belantara.
d.      Bagai pengail dengan umpannya.
e.       Bagai jalan sudah di ujung, bagai hari telah senja.
61. Penulisan judul  sebuah karya tulis berikut ini yang tepat adalah...  .

a. Meningkatkan Keterampilan Mengarang
    Siswa Menengah Di Kabupaten Minahasa
b. Meningkatkan Keterampilan Mengarang
    Siswa Menengah di Kabupaten Minahasa
c. Meningkatkan Ketrampilan Mengarang 
    siswa Menengah Di Kabupaten Minahasa
 d.Meningkatkan Ketrampilan Mengarang
   Siswa Menengah di Kabupaten Minahasa
e.Meningkatkan Keterampila Mengarang  
  Siswa Menengah di Kabupaten Minahasa.

62. Kalimat berikut ini yang menggunakan
      bentuk intensitas elatif  adalah.....

a. Indonesia kaya akan hutan dan tambang
    buminya.
b. Kini suasananya sudah tenang kembali setelah Sintu Gintung menunjukkan amarahnya.
c. Pak Ahmad setia benar kepada istri dan anak-anaknya.
d.Sikapnya sangat ramah ketika menerima para wakil penderita bencana.
e. Bencana alam Situ Gintung terlalu mahal artinya bagi masyarakat Indonesia saat ini.

63.   Cermatilah paragraf  berikut ini !
     
       Lagi-lagi tetes air mata menjatuhi bumi yang sudah kenyang  akan penderitaan ini. Dalam suasana rakyat dalam kompleksitas derita yang sangat berat, muncul ... besar yang tak dapat dianggap remeh. Situgintung menjelang fajar meluluh lantakkan perkampungan padat penduduk di kawasan Banten. Tidak tanggung-tanggung ...  mereka dan masih banyak lagi yangharus direlakan untuk hilang dalam waktu sesaat. Kini semakin nyata penderitaan masyarakat bawah akan semua derita yang harus disandangnya. Naiknya bahan pokok dan melambungnya segala macam kebutuhan hidup di awal tahun 2009 ini, masih saja harus ditambah oleh sesuatu yang mestinya tidak perlu terjadi.

64. Pernyataan yang tepat untuk menyempurnakan paragraf rumpang di atas  adalah ...  .

a.  sekian - beberapa orang yang menderita
b.  kesulitan – harta benda dan penderitaan batin
c. masalah -  sosial yang tak ternilai jumlahnya
d.  berjuta - juta nilai kerugian
e.  sekian - beberapa orang yang menderita

65. Bacalah silogisme berikut ini !
      Makanan ringan yang akan dimasukkan ke Indonesia harus diteliti standar kelayakannya. Susu kaleng dan aneka camikan adalah makanan ringan  yang akan diimpor Indonesia.
     
      Kalimat simpulan silogisme berikut yang tepat adalah..
a.          Makanan ringan  akan dimasukkan ke Indonesia.
b.         Makanan ringan harus diteliti standar kelayakannya.
c.          Makanan ringan yang standar kelayakannya tidak memenuhi kelayakan . 
d.         Indonesia akan mengimpor makanan ringan yang memenuhi standar kelayakan.
e.          Makanan ringan yang tidak layak dapat  dimasukkan ke Indonesia.

66. Burhan harus giat belajar karena ingin
      lulus UNAS tahun ini.

      Kalimat premis umum dari pernyataan   
      simpulan silogisme di atas adalah ....
a.             Setiap anak yang ingin lulus UNAS harus
         giat belajar.
b.            Anak yang giat belajar adalah Burhan.
c.             Burhan lulus UNAS karena giat belajar.
d.            Yang ingin lulus UNAS adalah Burhan.
e.             Burhn yang ingin lulus UNAS
               Perjalanan hidup manusia semakin lama semakin banyak menemukan kesulitan. Untuk mengatasi satu di antara kesulitan yang dihadapi manusia menciptakan alat hitung. Alat hitung ini semata-mata diciptakan untuk menghitung nilai bilangan yang semakin berkembang jumlahnya. Baik bilangan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian. Ketika penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian masih sampai pada taraf sederhana alat hitung tak perlu dirasakan kalaupun diperlukan cukup menggunakan alat hitung seadanya, misalnya kumpulan lidi, atau alat lain yang serupa. Tetapi ketika penghitungan masuk ketingkat yang lebih kompleks maka alat tersebut tak menjangkau lagi, maka manusia menciptakan alat hitung. Alat hitung manual yang cukup tua adalah sipoa jenis alat hitung ciptaan bangsa Cina. Sedang alat hitung moderen atau alat hitung elektrik ciptaan negara-negara barat adalah kalkulator. Perlu dipahami dua alat hitung yaitu sipoa dan kalkulator adalah alat hitung yang selalu diperlukan untuk menghitung bilangan sesuai kebutuhan kita. Dua alat hitung ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak sama. Tetapi besarnya pengaruh barat alat hitung sipoa mulai terasa asing bagi kita, bahkan para generasi muda tak menyukai alat ini bahkan yang lebih parah lagi mereka tak mengenalnya bahwa sipoa adalah alat hitung yang tak kalah canggih dengan kalkulator.

Media Pendidikan Limots Send” 2009:14

67. Kalimat pokok paragraf di atas adalah...
  1. Sipoa dan kalkulator adalah alat hitung.
  2. Meningkatnya kebutuhan dalam menghitung nilai bilangan diperlukan alat hitung.
  3. Sipoa adalah alat hitung yang lebih dulu daripada kalkulator.
     d.Sipoa dan kalkulator adalah alat hitung yang mempunyai kelebihan dan kekurangan.
    e.Sipoa alat hitung dari Cina dan kalkulator alat hitung moderen.

    68. Kerangka karangan ilmiah yang sesuai
      dengan judul karangan
      Meningkatkan Minat Baca Kalangan
         Pelajar Menengah”
         adalah...  .

a.(1)Bagaimanakah kondisi minat baca kalang
       an remaja sekarang?(2) Kegiatan memba
       ca kalangan pelajar menengah(3) Fasilitas
       baca yang memadai.(4) Minat baca
       kalangan pelajar rendah.(5) Rutinitas
       penugasan Membaca di sekolah perlu
      digalakkan.    
b.(1)Mengevaluasi kondisi minat baca masyarakat.(2) Kegiatan membaca  masyarakat (3) Fasilitas membaca yang belum tersedia secara lengkap.(4) Minat baca kalangan pelajar  menengah rendah.(5) Membaca adalah kuwajiban pokok di sekolah perlu digalakkan.
c.(1)Mengevaluasi kondisi minat baca masyarakat.(2) Kegiatan membaca  masyarakat (3) Fasilitas membaca yang belum tersedia secara lengkap.(4) Minat baca kalangan pelajar rendah.(5) Rutinitas penugasan  Membaca di sekolah perlu digalakkan.

d.(1) Bagaimanakah kondisi minat baca kalangan remaja sekarang?(2) Kegiatan membaca kalangan pelajar menengah(3) Fasilitas baca yang memadai(4) Minat baca kalangan pelajar  menengah rendah.(5) Membaca adalah kuwajiban pokok di sekolah perlu digalakkan.
e.(1)Bagaimanakah kondisi minat baca kalangan remaja sekarang?(2) Kondisi Minat Baca Kalangan Pelajar Menengah yang memprihatinkan.(3) Penugasan  Membaca di sekolah khususnya tingkat menengah perlu digalakkan.(4) Melengkapi taman  bacaan dengan bahan baca yang menarik.(5) Memberi kesempatan dalam  merawat dan menggunakan tempat membaca

69.Seorang menulis sebuah puisi bentuk gurindam.

Rumusan latar belakang  berikut ini yang sesuai dengan tema di atas adalah...  .
a.       Banyak ditemui puisi bentuk gurindam yang telah mengalami modivikasi isi dan bentuknya.
b.      Banyak irama lagu yang mengikuti irama pada ketentuan sebuah gurindam.
c.       Banyak ditemui bentuk gurindam yang tidak memenuhi aturan yang berlaku.
d.      Gurindam sekarang ini tidak dikenal oleh masyarakat.
e.       Minat menulis puisi bentuk gurindam mengalami penggalakan yang cukup.
  
70.  Perjalanan hidup manusia semakin lama semakin banyak menemukan kesulitan. Untuk mengatasi satu di antara kesulitan yang dihadapi manusia menciptakan alat hitung.
      Alat hitung ini semata-mata diciptakan untuk menghitung nilai bilangan yang semakin berkembang jumlahnya. Baik bilangan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian. Ketika penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian masih sampai pada taraf sederhana alat hitung tak
      perlu dirasakan kalaupun diperlukan cukup menggunakan alat hitung seadanya, misalnya kumpulan lidi, atau alat lain yang serupa. Tetapi ketika penghitungan masuk ketingkat yang lebih komplek maka alat tersebut tak menjangkau lagi, maka manusia menciptakan alat hitung. Alat hitung manual yang cukup tua adalah sipoa jenis alat hitung ciptaan bangsa Cina.
      Sedang alat hitung moderen atau alat hitung elektrik ciptaan negara-negara barat adalah kalkulator. Perlu dipahami dua alat hitung yaitu sipoa dan kalkulator adalah alat hitung yang selalu diperlukan untuk menghitung bilangan sesuai kebutuhan kita. Dua alat hitung ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak sama. Tetapi besarnya pengaruh barat alat hitung sipoa mulai terasa asing bagi kita, bahkan para generasi muda tak menyukai alat ini bahkan yang lebih parah lagi mereka tak mengenalnya bahwa sipoa adalah alat hitung yang tak kalah canggih dengan kalkulator.

    Kalimat pokok paragraf di atas adalah...
a.    Sipoa dan kalkulator adalah alat hitung.
b.   Meningkatnya kebutuhan dalam menghitung nilai bilangan diperlukan alat hitung.
c.    Sipoa adalah alat hitung yang lebih dulu daripada kalkulator.
d.   Sipoa dan kalkulator adalah alat hitung yang mempunyai kelebihan dan kekurangan.
e.    Sipoa alat hitung dari Cina dan kalkulator alat hitung moderen

71. .Perhatikan ilustrasi berikut ini !
              Seni kuliner Thailand yang tersohor ke manca negara, tidak melewatkan udang begitu saja  dalam ragam makanan mereka. Sebut salah satunya ”tom yam” sup favorit Thailand yang kesohor  ini memasukkan si bengkok ke dalam sup asam manis yang sukses menggelitik indera rasa kita. Rahasia dapur warga Jepang yang menggilai jenis masakan mentah, udang favorit  kuliner mereka.Udang matang dimakan hanya dengan mencocorkan dalam mirin (kecap asin) atau wasabi (sambal hijau), hemm...tapi semua itu tidak diperuntukkan bagi mereka yang rentang kolestrol, demikian kata dr.Agus Harianto Sp.A. dalam seminar sehari di Kuta Bali beberapa waktu yang lalu.
  
     Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi
     di atas adalah...  .

a.       Sudah jatuh tertimpa tangga.
b.      Hari pagi dibuang-buang, hari siang
      dikejar-kejar.
c.       Hilang tak tentu rimbanya, mati tak tentu kuburnya.
d.      Ikut hati mati, ikut rasa binasa, ikut mata tersiksa.
e.       Ingat antara belum kena, ingat harta belum habis.

72. Mata pisau itu tak berkejap menatapmu,,
      Kau yang baru mengasahnya,
      Berfikir; itu tajam untuk mengiris apel,
     Yang tersedia di atas meja,
     Sehabis makan malam,
    Ia berkilat ketika terbayang urat lehermu.
           
(Sapardi Djokodamono. ’Mata Pisau”: 1982.33)

Pada baris-baris puisi ”Biarin” yang sangat terasa bagi kita dengan adanya penggunaan  gaya bahasa.......
a. repatisi            
b. hiperbola         d. pleonasme
c.  metafora         e.personifikasi

73.     Perjalanan ini
Menyusuri langsai-langsai kehidupan,
Menysuri luka demi luka,
Menyusuri gigiran abad padang-padang lengang,
Menyusuri matahari,
dan laut abadu dahsyat sunyi
    Korrie  Layun Rumpan . ”Perjalanan”. Suara
   Kesunyian: 1981.)

       Puisi di atas bergaya bahasa metavora 
       karena ...  .
a.    Perjalanan hidup manusia disamakan dengan menyusuri langsai kehidupan.
 b.  Perjalanan hidup manusia disamakan 
      dengan  luka.
c. Perjalanan hidup manusia disamakan    dengan  padang lengang.
d. Perjalanan hidup manusia disamakan dengan lautan yang sunyi.
e  Perjalanan hidup manusia disamakan dengan latar (setting) seluruh baris puisi.

       74.  Perhatikan paragraf berikut ini !
Tanggal 9 April 2009 Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi untuk yang kesekian kalinya. Memilih pemimpin untuk mewakili rakyat adalah kuwajiban yang tak dapat dianggap remeh, karena pesta demokrasi ini merupakan tanggung jawab bersama. Tetapi yang membuat masyarakat menjadi canggung dalam pesta tersebut adalah tata cara dan banyaknya calon yang harus dipilih, belum lagi cara



 pilih yang dianggap baru dalam tata cara pemilihannya.     
Peribahasa yang sesuai dengan pernyataan pada teks diatas adalah....

a.  Seperi kerbau dicolok hidungnya.
b.  Bagai anak ayam kehilangan induknya.
c. Masuk kandang kambing mengembik, masuk kandang singa mengaum.
d. Di mana bumi dipijak,di situ langit  dijunjung.
e.   Makan hati berulam jantung.

    75. Bacalah teks berikut ini !

      (1) Novel  terjemahan  MAYA  adalah  buku sastra yang  telah terbit di awal tahuan 2008.Novel ini berisikan tentang filosofis misterius dan mengejutkan.(2) Sungguh memikat buku karya J.Gaarder yang satu ini.(3) Tidak terlalu panjang tampilannya cukup sederhana dengan 457 halaman penulisnya mampu memikat pembacanya dengan gaya tuturan seorang guru filsafat yang awalnya awam di dunia menulis, akhirnya mampu meyakinkan gaya ceritanya sebagaimana penulis lain yang sudah akrab dengan penokohannya.(4) Pada uraian akhir sajiannya ditegaskan bahwa ” Diperlukan waktu bermiliar-miliar tahun untuk menciptakan seorang manusia. (5) Dan diperlukan hanya beberapa detik untuk mati.”
  
Kalimat pada teks di atas yang tergolong kalimat argumentatif adalah kalimat...  .
a.       1  dan  2
b.      2  dan  3
c.       3  dan  4
d.      3  dan  5
e.       4  dan  5
f.        
   76.Kalimat berikut ini yang menggunakan frase nomeralia adalah kalimat....   .
a. Harga barang-barang saat ini melonjak
    tajam.
b. Berapa jauhkan jarak rumahmu dengan
    sekolah ini ?
c. Tiga buah mobil tertimpa pohon saat angin
    puting beliung melanda Jakarta barat.
d. Sudah saatnya kamu dan kawan-kawanmu   
    menyiapkan diri untuk mengikuti UNAS.
e. Sejak ibunya meninggal, ayahnya sering
    berdiam diri, adiknya jarang pulang ke
    rumah.

77.Perhatikan bait puisi berikut ini !

     surabaya, sempatkan bicara lirih
setelah lelah berterik
sia-sia berkipas belati di udara gerah
duka tidak hilang diajak jagong.
  
Baris-baris puisi di atas semuanya mengandung gaya bahasa.

Urutan gaya bahasa berikut yang sesuai dengan urutan baris puisi di atas adalah...  .
a.          metavora – pleonasme – totem proparte – ironi
b.         personifikasi – parabel – asosiasi - tropen
c.          personifikasi – metavora - asosiasi – sinekdot
d.         totem proparte – simile - metavora – pleonasme
e.          asosiasi – tropen – pleonasme – parabel
  
78.    Tidak terlalu mengherankan jika sikap sedikit perempuan matre inilah media barat memunculkan nada minir tentang kawin campur antara perempuan bule dengan wanita-wanita Asia. Sebagai bukti dapat disimak di sejumlah situs yang menampung keluh kesah dan kejengkelan mereka yang pernah menjadi korban kejahilan perempuan-perempuan metre asal Asia ini. Berbagai tips yang disampaikan Erlinawati  bagaimanakah cara mengejar  mas – mas bule ini ? Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Denpasar dan beberapa kota besar yang ditengarai sebagai kota potensial  mendapatkan mas-mas bule.
Partagraf argumentasi di atas penalarannya dapat digolongkan jenis paragraf...  .
a.   analogi           c. sebab-akibat 
b.  generalisasi    d. deduktif    e. Induktif

Bacalah suntingan  artikel  berikut ini !

Sore  yang  begitu  temaram  mendadak  jadi  kelam. Langit yang  putih pelan-pelan menjadi kelabudana akhirnya menghitam di sebagian cakrawala. Sesekali kilat tanpa  guruh  terlihat  di  salah  satu sudut  pandangku. Sosok  lelaki  kecil  duduk  bersimpuh  di  bawah  rimbunnya gerombolan pohon pisang di sudut pekarangan tanpa  pagar. Dagu  yang  tertempel  rapat  ditopang  lulut  kiri  kakinya disertai gerakan tangannya yang tampak jelas melempar apa saja yang dapat dipegangnya ke arah depan. Wajah kesal sangat jelas menyaput wajah polos jiwa anak desa. Entah apa yang dirasa dalam hatinya? Guntur membelah bumi dengan tiba-tiba. Wajah polos tanpa rasa takut mendongak ke atas salah satu sudut bumi ini.Dengan serta-merta tetes-tetes air jatuh dari langit.
Lelaki kecil itu seolah tak acuh dengan semua itu. Kilatan lagi-lagi muncul dari kaki langit. Semakin   sering kilatan itu dan ketika langit tiba-tiba menghitam walaupun waktu masih menunjuk candikala, bunyi petir terdengar keras;
   
”Blar...blar...blar!” petir menyambar tiga kali berturut-turut. Bunyi petir yang ketiga terdengar semakin keras, dan disusul suara pelan dari mulut kecil itu.

Paragraf narasi di atas akan menjadi  jelas maksudnya jika dilengkapi dengan kalimat berikut  ini.

a.Batu ajaib yang membuat lelaki kecil itu
   menjadi tabib.
b.Batu itulah yang akhirnya membuat lelaki
   kecil itu menjadi terkenal.
c.Sengaja seseorang melempar batu ke arah
   kepala lelaki saat petir menyambar.
d. Batu itu banyak memberikan berkah kepada
    warga masyarakat.
e.Sesuatu yang tidak dapat dinalar jika batu
   jatuh bertepatan dengan bunyi petir.

79. Bacalah puisi berikut ini !
                               Biarin
              Kamu bilang hidup ini brengsek,
             Aku bilang biarin,
             Kamu bilang hidup aku gak punya
               kepribadian,
            Aku bilang biarin,
            Kamu bilang hidup aku gak punya
            pengertian,
            Aku bilang biarin,
            Habisnya terus terang aku nggak
           percaya sama kamu.

     (Yudhistira Adi Nungangraha. Sajak
           Sikat Gigi: 1983.3)

    Isi  puisi di atas menyuarakan tentang...   .
a.       ketidakpedulian penulisnya
b.      ketidakpedulian teman bertutur (pembaca)
c.       ketidakpedulian masyarakat
d.      ketidakpastian penyair
e.       ketidakpastian kita
      

      80. Berikut ini yang bukan ciri kritik buku
        sastra adalah...

a.         bertujuan menilai karyanya
b.         penilaian didasarkan pada kriteria tertentu
c.         ide yng dituangkan didukung dengan data
d.         terdapat kesimpulan yang disampaikan
      kritikus
       terhadap karya yang dikritik
e.         engungkapkan kekurangn dan kelebihan   
       karya  yang dikritik 

33 komentar:

  1. Nama: Afrinia Ruth Dhearitza Lambey
    Kelas: XI IPA3 / 02

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  2. Nama: Dian Anggraeni
    Kelas: XI IPS 1/08
    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  3. Nama : Desire Dwi Arifianni
    Kelas : XI IPS 1 / 12

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  4. Nama : Desire Dwi Arifianni
    Kelas : XI IPS 1 / 06

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B
    Maaf pak ,ada kesalahan ini yang betul terima kasih.

    BalasHapus
  5. Nama : Retnp Purwaningtyas
    Kelas : XI IPS 1 / 22

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  6. Nama : Retno purwaningtyas
    Kelas : XI IPS 1 / 22

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  7. Nama : Nur Fadli
    Kelas : XI IPS 1 / 18

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  8. Nama : Qorry Fauziah
    Kelas : XI IPS 1 / 20

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  9. Nama : Anggin Permata
    Kelas : XI IPS 1 / 03

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  10. Nama : Desy Prihastiningsih
    Kelas : XI IPS 1 / 07

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  11. Nama: renny Dwi Indrasari
    Kelas: XI P2/ 27

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  12. Nama : M.ikhtiar zaki a.r
    Kelas: XI IPA 2 / 34

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  13. Nama: adelia anggasta
    Kelas: XI P2/ 02

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  14. Nama: Rizda Fara
    Kelas: XI IPS 1 / 32

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  15. Nama: Andi Fendi
    Kelas: XI IPS 1 / 02

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  16. Nama : Nadia Aristyani
    Kelas/No : XI IPS 1/14

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  17. Nama : Yashir.M.Abror
    Kelas/No : XI IPS 1/27

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  18. Nama : Rety Triana
    Kelas : XI IPS 1 / 23

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  19. Nama : Yessilian Novita Maharani
    Kelas/No : XI IPS 1/28

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  20. NAMA : MUHAMMAD IRSAN AGUSTIAN
    KELAS/NO : XI P2 /22

    PENGAYAAN TES STANDART 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  21. NAMA : M FADLURRAHMAN H
    KELAS/NO : XI P2/21

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  22. Nama : R. Brahma Aditya
    Kelas/No : XI IPS 1/21

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  23. Nama : Triadi Wijaya S.
    Kelas/No : XI IPS 1/24

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  24. Nama : Triadi Wijaya S.
    Kelas/No : XI IPS 1/25

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  25. Nama : Vito Yoga P.
    Kelas/No : XI IPS 1/26

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  26. Nama : Adhitya R.
    Kelas/No : XI IPA 2/04

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  27. Nama : M Ramadhan Setyo.
    Kelas/No : XI IPS 1/13

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  28. Nama : Arnie Miftah.F
    Kelas/No : XI IPS 1/04

    Pengayan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  29. Nama: Vania Emeraldine Aditri
    Kelas: XI IPS 1
    Absen: 31

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  30. Nama: Andani Cipta W.
    Kelas: XI IPS 1
    Absen: 1

    PENGAYAAN TEST STANDART 3

    1.e 2.b 3.a 4.a 5.d 6.a 7.c 8.b 9.c 10.c 11.a 12.c 13.a 14.c 15.e 16.d 17.d 18.c 19.d 20.b 21.a 22.a 23.c 24.e 25.b 25.c 26.c 27.d 28.c 29.c 30.a 31.c 32.d 33.b 34.c 35.c 36.a 37.d 38.a 39.a 40.b

    BalasHapus
  31. Nama : Dio Putra
    Kelas/No : XI IPS 1/10

    Pengayaan Tes Standart 3

    1.E 2.B 3.A 4.A 5.D 6.A 7.C 8.B 9.C 10.C 11.A 12.C 13.A 14.C 15.E 16.D 17.D 18.C 19.D 20.B 21.A 22.A 23.C 24.E 25.B 25.C 26.C 27.D 28.C 29.C 30.A 31.C 32.D 33.B 34.C 35.C 36.A 37.D 38.A 39.A 40.B

    BalasHapus
  32. WAHAI MAHLUK DARI ALAM XI bukan di sini tempat kalian PENGAYAAN, tapi di OLEH-OLEH BUAT MONA.
    DI SINI ALAM MAHLUK KELAS XII YA! PERHATIKAN CARA PENGAYAAN YANG BENAR, KARENA KALIAN BANYAK YANG TIDAK JELAS PETUNJUK YANG BENAR BAGAIMANA CARA PENGAYAAN DI KELAS XI.

    PESAN BUAT MAHLUK ALAM XII, hati-hati makanan itu bukan untuk sajianmu, jika kamu makan semua akan menjadikan RACUN TIKUS Loooooooo!!!!!!!

    BalasHapus
  33. pak makhluk alam XII mau makan makanan yang tidak beracun, carinya dimana pak???

    BalasHapus