Powered By Blogger

Sabtu, 09 Oktober 2010

ANALISIS SOAL LATIHAN XII

Pemahaman teks Cerpen
Setelah sampai waktunya diadakan pemeriksaan, ternyata rencanaku mendapat pilihan utama dan mendapat hadiah pertama. Aku ingin melihat namaku tercantum dalam surat kabar-surat kabar sebagai pemenang pertama. Setelah kubaca sebuah surat kabar, akhirnya nama pemenangnya diumumkan, yaitu aku, walau hanya sekelumit saja. Tanpa komentar apa-apa, akhirnya panitia sayembara memutuskan hadiah pertama jatuh kepada (lalu disebut nama pemenang). Tapi untuk menyebut namaku, Samsudin Jaya, salah cetap menjadi Alaudin Basah, padahal keinginan yang paling utama dari seluruh kerja kerasku adalah "Aku ingin terkenal ke seluruh Indonesia". Sayang, aku tidak juga dikenal orang.
1. Sudut pandang (point of view) yang digunakan pengarang adalah...  .
a. orang pertama pelaku utama.
Analisis materi : Dalam memberikan nama tokohnya pengarang dapat menggunakan sudut pandang pelaku (point of view) dengan dua cara, yaitu cara aku ( orang pertama pelaku utama), jika penamaan nama tokoh utama tersebut memakai kata " aku atau saya"  dan  cara dia atau ia ( menggunakan nama orang secara langsung, misal Sitti Nurbaya, Sukartono, Pariyem dll.)
2. Watak tokoh "aku" dalam cerpen di atas digambarkan melalui...   .
d.  sikap atau perilaku
Analisis materi : Penggambaran watak atau karakter tokoh dalam cerpen tersebut diuraikan melalui sikap 
                            bukan karena sebuah perbuatan atau tindakan konkrit.
3. Amanat yang dapat diambil dari isi cerpen tersebut adalah...  .
d. janganlah kita menginginkan sesuatu terlalu berlebihan
Analisis materi : Setelah membaca cerpen tersebut maka simpulan pelajaran yang mengajarkan kepada kita
                            hendaknya kita tidak terlalu memaksakan kehendak dalam mengharap sebuah keberhasilan
4. Konfliks yang dibangun pengarang dalam cerpen tersebut, tergolong konflik...
b. internal konflik
Analisis materi : Permasalahan yang dialami pelaku utama (aku) adalah permasalahan pada diri sendiri,
                            bukan karena antar tokoh utama.

Ada lanjutannya, ya sabar bentar aku tak jalan-jalan!!!!



1 komentar:

  1. Rizki putri s XII IPA 3
    Absen 29

    saya akan menjawab soal no 18
    jawaban d sudut pandang orang pertama pelaku utama
    karena dalam cuplikan cerpen menggunakan kata ganti aku dan mengetahui tentang persoalan yang terjadi
    terima kasih maaf pak kalau jawaban ini masih jauh dari kesempurnaan

    BalasHapus