Powered By Blogger

Senin, 08 Agustus 2011

SILABUS BERKARAKTER KELAS XII BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL


SILABUS   BERKARAKTER
SEKOLAH                               : SMA NEGERI 1 SURABAYA
KELAS/SEMESTER                 : XII/GANJIL                                                                                                                                                                                     TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
MATA PELAJARAN               : BAHASA dan SASTRA INDONESIA
STANDAR KOMPETENSI      : 1. MENDENGARKAN
                                                       Mendengarkan informasi berbagai laporan yang disampaikan melalui berbagai macam media cetak,elektronik untuk dapat menentukan pokok-pokok berita baik yang
                                                  berupa pendapat atau fakta baik secara lisan maupun tulisan.
ALOKASI WAKTU                  :     2   X 45 MENIT
KOMPETENSI  DASAR
MATERI POKOK /
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
A.Mendengarkan Berita
Mencatat pokok-pokok berita dan memilah hal yang termasuk dalam kelompok fakta serta kelompok yang termasuk pendapat (opini)
* Peserta didik  memahami wacana dlm
   BTS. BI kls. XII hal. 2 dengan judul  Teknologi Telekomunikasi dan Informasi

* Peserta  didik mencatat pokok-pokok isi berita.

* Peserta  didik memilah isi pokok berita yang dibacanya
   sesuai
   dengan jenis informasi yang tergolong fakta, atau
   pendapat (opini )
*
* Peserta  didik memberikan tanggapan
    terhadap isi berita yang dibaca
    secara tertulis.
*
* Peserta  didik dapat mengoreksi tanggapan yang ditulis teman sebangku
   dan melengkapinya.

PENGETAHUAN/KOGNITIF
1. Mencatat pokok-pokok isi berita.
2. Memilah pokok-pokok menjadi
    dua kelompok yang berupa fakta   
    dan yang berupa pendapat / opini.
3.  Mengemukakan tanggapan
     atas isi berita.

PROSES
1.Menyimpulkan teks berita yang dibaca dan menerangkan dasar yang melatarbelakangi pandangan dan pemahaman terhadap fakta-opini yang ditemukan dalam teks  tersebut.
2.Manfaat membaca dengan dapat menemukan pokok-pokok berita yang ditelah dikomentari teman sekelas untuk proses kedepannya.
3. Membandingkan fakta dan opini yang ditemukan dalam teks berita yang dibaca dengan fakta-opini lain yang sejenis.

SIKAP/AFEKTIF
1. Diskusi  dengan teman sekelas/sebangku mengenai pandangan terhadap fakta-opini sebuah berita
2. Mentolelir teman dalam menilai fakta-opini sebuah berita.
3. Bersikap terbuka terhadap teman dalam memberikan kritik/saran tentang penilaian terhadan fakta-opini sebuah berita yang dibacanya.

KETERAMPILAN SOSIAL
1.  Penilaian sikap hubungan tibal  balik peserta didik
a.  Sikap pada saat teman menyampaikan dalam menentukan pandangan pada bahan bacaan yang berupa fakta-opini sebuah berita

b.  Sikap memberikan tanggapan dengan kalimat/bahasa yang digunakan.
c.  Sikap pada saat teman menyampaikan pokok masalah mengenai fakta-opini sebuah berita

4. d.Sikap yang ditunjukkan pada saat mendapat pertanyaan dari guru/teman yang lain tentang pandangan atau penilaian pada fakta-opini sebuah berita



TES



TULIS
1. Tentukan pokok-pokok berita dari teks berita di hal.2 Bse. XII-mu.

2.Tentukan fakta dan pendapat (opini) dari teks
   Berita di hal.2 Bse.
   XII-mu.

3. Tabelisasikan fakta dan opininya

4.Berilah tanggapan dan saran tabelisasi fakta dan opini tulisan teman sebangkumu.


2X45’
BUKU PEGANGAN PESERTA DIDIK KLS.XII,Bse.hal.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar